Infografik: Bumi, Si Titik Biru Pucat

Bumi. Planet yang dijuluki si Titik biru Pucat yang menjadi tempat tinggal kita ini merupakan satu-satunya planet yang diketahui bisa menopang kehidupan.

Bumi yang diartikan sebagai tanah memang merupakan tempat berpijak semua makhluk hidup yang kita kenal. Masih menjadi satu-satunya di alam semesta karena kita belum menemukan yang lain. Bumi juga merupakan salah satu planet di Tata Surya yang bergerak mengelilingi Matahari sambil mengitari porosnya. Keingintahuan manusia telah menghasilkan pengetahuan tentang alam semesta. Akan tetapi, kita pun tetap mempelajari Bumi yang jadi rumah kita ini. Bagaimanapun, Bumi adalah tempat di mana kita mengenal ada kehidupan. Jika kita ingin menemukan kehidupan seperti di bumi, maka kita harus bisa memahami perjalanan evolusi Bumi dan semua yang ada di dalamnya.

Bumi memang tidak bisa kita temukan di langit, karena kita berpijak di pemrukaan planet ini. Tapi, misi luar angkasa yang dikirimkan untuk menjelajahi planet-planet memperlihatkan bahwa Bumi tampak seperti titik biru pucat jika dilihat dati jauh. Setidaknya inilah penampakan Bumi ketika Voyager 1 memotretnya dari jarak 6 miliar km!

Untuk mengenal Bumi lebih dekat bisa simak tulisan Planet Bumi, Si Kelereng Biru Rumah Kita, atau sekilas tentang Bumi dari infografik di laman ini.

 

Unduh: Infografik: Planet Bumi

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.