Infografik: Venus Si Bintang Kejora

Planet Venus, si Bintang Kejora, atau bintang timur merupakan planet kedua dari Matahari, setelah planet Merkurius. Venus juga merupakan planet terpanas di Tata Surya. Jangan berharap bisa bertahan di planet ini.

Venus, dinamai dari nama dewi cinta bangsa Romawi, merupakan planet yang arah rotasinya terbalik dari arah rotasi planet lainnya. Tak cuma itu, satu tahun di Venus lebih cepat dari satu hari di Venus. Kalau kita di Bumi kuatir suatu hari nanti efek rumah kaca yang terjadi semakin parah, maka contoh terbaik adalah Venus. Di sini, efek rumah kaca berkelanjutan terjadi karena atmosfer didominasi oleh karbon dioksida. Akibatnya, panas yang seharusnya diradiasikan kembali justru terperangkap di atmosfer dan memanaskan permukaan planet.

Untuk mengenal Venus lebih dekat bisa simak tulisan Planet Venus: Dewi Cinta Nan Panas di Tata Surya, atau sekilas tentang Venus dari infografik di laman ini.

Unduh: Infografik: Planet Venus

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.