Infografik: Bintang Bernama Matahari

Tahukah kamu kalau bintang terdekat dari Bumi adalah Matahari? Bintang yang satu ini senantiasa memberikan cahayanya untuk Bumi. Yuk kita sekilas berkenalan dengan Matahari. 

Unduh:  Infografik: Matahari

Fakta keren:

Matahari adalah pusat Tata Surya dan sleuruh planet bergerak menglilinginya. Akan tetapi, yang sesungguhnya terjadi, Matahari bukan benar-benar merupakan pusat Tata Surya. Matahari mendominasi 99,8% massa Tata Surya. Karena itu, titik barisemter atau titik kesetimbangan dari Matahari dan sleuruh planet memang berada di dalam Matahari. Jadi, Matahari dan seluruh planet bergerak mengelilingi titik tersebut. Selain itu, Matahari disusun oleh gas. Akibatnya, ketika Matahari berotasi, kecepatan rtasi di area kutub dan ekuator juga berbeda.

 

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Tulis komentar dan diskusi...