Beranda » Hygiea, Planet Katai Terkecil di Tata Surya

Hygiea, Planet Katai Terkecil di Tata Surya

Pengamatan terbaru dengan Very Large Telescope (VLT) memperlihatkan kalau asteroid Hygiea bentuknya bulat, dan merupakan kandidat katai planet terkecil menggantikan Ceres.

Sabuk Asteroid. Area yang dipenuhi puing-puing batuan dan es yang gagal menjadi planet berada di antara Mars dan Jupiter. Ada ratusan ribu asteroid yang membentuk Sabuk Utama Asteroid. Asteroid terbesar di Sabuk ini adalah Ceres yang berukuran 950 km. Jika dibandingkan dengan Bulan, asteroid Ceres ini hanya setengah ukuran Bulan.

Asteroid kedua dan ketiga yang terbesar adalah Vesta dan Pallas yang ukurannya ~525 dan 510 km. Tapi, sampai saat ini hanya Ceres yang dikategorikan sebagai planet katai karena bentuknya yang bulat. Vesta dan Pallas memiliki bentuk yang tidak bulat sehingga tidak bisa dikategorikan sebagai planet katai menurut definisi planet yang ditetapkan IAU. Akan tetapi, mahkota planet katai terkecil yang disandang Ceres sepertinya akan diambil oleh asteroid lain di Sabuk Utama Asteroid.

Ukuran dan Bentuk Hygiea

Hygiea yang dipotret dengan SPHERE yang dipasang di VLT milik ESO. Kredit: ESO

10 Hygiea. Asteroid inilah yang akan menjadi kandidat planet katai terkecil di Tata Surya. Hygiea merupakan asteroid terbesar ke-4 dengan ukuran 434 km dengan massa 2,9% massa seluruh asteroid di Sabuk Utama.

Asteroid yang satu ini sulit diamati karena ukurannya yang kecil dan sangat redup karena permukaannya yang gelap. Tapi, upaya untuk memelajari Hygiea terus dilakukan. Salah satunya adalah pengamatan yang dilakukan oleh kamera ZIMPOL, bagian dari kamera SPHERE yang dipasang di Very Large Telescope (VLT) milik ESO di Chili.Kamera SPHERE ini memiliki resolusi yang sangat tinggi yakni 29 miliardetikbusur! Jauh lebih tajam dibanding kamera yang kita miliki. Ketajaman inilah yang membuat para astronom punya kesempatan untuk melihat Hygiea yang jarak terdekatnya dengan Bumi pun 350 juta km.

Hasil pengamatan dengan SPHERE memperlihatkan kalau Hygiea memiliki bentuk hampir bulat, dengan ukuran 450 x 430 x 424 km. Bentuk yang hampir bulat ini memperlihatkan kalau Hygiea memiliki gravitasi yang cukup untuk menghasilkan bentuknya yang bulat. Tapi untuk menjadi bulat sempurna tentu juga bergantung pada komposisi pembentuknya. Jika komposisinya adalah es, maka Hygiea akan dengan mudah mengalami perubahan bentuk dibanding batuan, yang tentu saja akan lebih mudah berubah bentuk dibanding besi.

ESO/P. Vernazza et al., L. Jorda et al./MISTRAL algorithm (ONERA/CNRS)

Dari bentuknya, jika dibandingkan dengan Vesta dan Pallas, asteroid Hygiea memang memiliki bentuk yang lebih bulat. Karena itu, Hygiea menjadi kandidat yang cukup kuat untuk menggantikan Ceres sebagai planet katai terkecil. Untuk itu, Hygiea sudah memenuhi syarat. Objek ini mengitari Matahari, bukan satelit, dan berbeda dari planet, Hygiea masih belum mampu membersihkan area di sekitar orbitnya. Dan tentunya, Hygiea memenuhi kriteria memiliki massa yang cukup agar gravitasinya membentuk objek ini menjadi bulat.