LS Trivia: Seri Infografik Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018

Simak cerita singkat tentang Bulan Mini Merah Gelap yang merupakan gerhana bulan total paling lama abad ini dalam seri infografik Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018 yang terjadi ketika Bulan sedang berada pada titik terjauh dari Bumi dan Mars sedang oposisi. 

Fenomena ini kita sebut Bulan Mini Merah Bata karena saat puncak gerhana bulan total, Bulan akan tampak kemerahan tapi lebih gelap dan ukuran piringannya juga 14% lebih kecil jika dibandingkan dengan Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018. Fenomena menarik lainnya yang bisa diamati adalah Oposisi Mars. Pasangan Bulan Purnama dan Mars sudah bisa diamati sejak Matahari terbenam sampai keesokan hari saat fajar. Mulai tengah malam, pengamat bisa menyaksikan Gerhana Bulan Total terlama abad 21 dan duo merah Bulan dan Mars saat puncak gerhana. Jika beruntung, pengamat juga bisa menyaksikan seliweran hujan meteor Aquarid dan hujan meteor Capricornid.

Infografik Gerhana Bulan Total

Infografik Bulan Mini Merah Gelap

Infografik Pengamatan Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018

Infografik Musim gerhana

Infografik Skala Danjon

UPDATE:

Jadwal pengamatan pada infografik 3 ada kesalahan. Sudah diperbaiki: GBT berakhir 04:13 WIB dan GBP berakhir 06:28 WIB

[divider_line]

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Tulis komentar dan diskusi...