Infografik: Oposisi Mars 27 Juli 2018

Simak Infografik Oposisi Mars yang akan terjadi 27 Juli 2018. Tidak ada yang namanya Bulan kembar di langit. Tapi, pada tanggal 28 Juli 2018 dini hari, pengamat bisa menyaksikan duo objek merah di langit malam. Yang satu adalah Bulan dan lainnya adalah Mars yang tampak seperti titik merah terang. 

Duo objek merah itu baru terlihat saat Bulan mencapai puncak gerhana. Sebelum itu, pasangan Bulan dan Mars yang sedang oposisi sudah bisa diamati sejak Matahari terbenam. Bulan Purnama sudah terbit terlebih dahulu pada pukul 17:32 WIB dan disusul Mars 20 menit kemudian. Bulan dan Mars bisa ditemukan pada rasi Capricornus dan keduanya baru terbenam saat fajar.

Infografik Oposisi Mars

Unduh:  Oposisi Mars

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Tulis komentar dan diskusi...