Belajar dari Bintang: Daur Ulang Kosmik

Ketika kamu membuang botol plastik ke tempat sampah hari ini, maka botol itu akan berakhir di tempat pembuangan akhir, atau mengambang di lautan, selama ratusan tahun. Tak ada yang tahu seperti apakah Bumi kita ini beberapa ratus tahun lagi. Tapi satu hal yang pasti, botol plastik itu tidak akan berubah! Ia tetap sebuah botol plastik!
Jadi apa yang harus kita lakukan untuk menghentikan semua ini? Solusinya, kita bisa mencontoh dari alam semesta, dan daur ulang! Pada mulanya, sebelum Matahari, Bumi dan seluruh Tata Surya ada, bintang-bintang pertama mulai melakukan pembakaran hidrogen dan menghasilkan helium. Setelah itu, mereka membakar helium untuk membuat karbon dan oksigen serta senyawa kimia lainnya.

Sama seperti manusia, bintang dilahirkan, hidup dan akhirnya mati. Apakah mereka mati dalam ledakan dasyat supernova atau karena kehilangan lapisan terluarnya, satu hal pasti, komponen kimia yang baru terbentuk di dalam rahim bintang akhirnya dilontarkan ke angkasa.

Nebula Udang, Kredit: ESO
Nebula Udang, Kredit: ESO

Foto angkasa di laman ini memperlihatkan daerah di angkasa yang sangat besar yang kita sebut nebula. Selama jutaan tahun bintang – bintang baru lahir dari gas di dalam nebula tersebut. Dan selama jutaan tahun pula bintang-bintang ini kemudian mati dan mengembalikan gas yang pernah membentuk mereka ke nebula untuk kemudian membentuk bintang baru lagi.

Tanpa daur ulang kosmik, Matahari dan planet-planet di Tata Surya tidak akan pernah ada. Daur ulang memainkan perang yang sangat penting untuk membantu tumbuhnya kehidupan di Bumi.  Jadi jika kita ingin kehidupan teruse berkembang di planet Bumi, maka kita harus menjadikan proses daur ulang untuk memegang peran penting dalam kehidupan manusia setiap harinya.

Fakta menarik:  Daur ulang bukanlah sebuah kerja keras. Bahkan pada kenyataannya bisa sangat menyenangkan! Tak percaya? Bagaimana kalau kita membuat  wadah perhiasan, pot bunga kucing nan lucu atau sebuah roket – dan semua dibuat dari botol plastik yang didaur ulang! Kunjungi http://www.boredpanda.com/plastic-bottle-recycling-ideas/

[divider_line]

Sumber: Dipublikasi kembali dari Space Scoop Universe Awareness edisi Indonesia

 

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.