Mengumpulkan Petunjuk Kejahatan Kosmis

Bayangkan adegan ini: Suatu hari, kamu sedang berada di pedesaan yang jauh dari desa terdekat di malam musim panas yang hangat. Angin yang tenang dalam keheningan malam kecuali suara lembut binatang-binatang malam. Di padang rumput hijau nan panjang, kamu berbaring beralaskan selimut, menatap langit malam yang cerah. Bulan pun tersenyum padamu dan bintang-bintang berkelap kelip dengan gembira. Bisakah kamu bayangkan kapan terakhir kali kamu rileks seperti itu?

ESO 137-001 galaksi spiral yang menempuh perjalanan melintasi jantung gugus galaksi Abel 3627. Kredit: NASA, ESA, CXC
ESO 137-001 galaksi spiral yang menempuh perjalanan melintasi jantung gugus galaksi Abel 3627. Kredit: NASA, ESA, CXC

Sayangnya, semua tak seperti yang terlihat. Jauh di kedalaman angkasa, ada galaksi spiral yang dicabik – cabik oleh tetangga-tetangganya.

Galaksi ini disebut ESO 137-001 dan pada kenyataannya galaksi ini tersembunyi dibalik kabut tebal debu angkasa. Ia hanya bisa dilihat dalam foto yang direkam oleh kehebatan Teleskop Hubble.

ESO 137-001 menempuh perjalanan di angkasa melintasi jantung gugus galaksi yang dikenal dengan nama Abel 3627. Saat ia bergerak, gaya tarik dari galaksi-galaksi di sekelilingnya mencabik-cabik ESO 137-001. Garis biru terang yang sedang dicabik itu meninggalkan jejak berupa petunjuk kejahatan kosmik yang sedang dialaminya. Hasil pemeriksaan lebih dekat menunjukkan, area garis biru terang tersebut merupakan area bintang-bintang muda yang terang dan panas.

ESO 137-001 merupakan bagian dari gugus Norma, gugus galaksi di dekat pusat Sang Penarik Hebat. Meskipun para astronom belum mengetahui apa itu si Penarik Hebat, tapi ia layak menyandang nama tersebut! Area tersebut sangat masif dan diliputi gaya gravitasi yang sangat hebat, yang menarik seluruh gugus galaksi menuju obyek tersebut! Bahkan Bima Sakti pun ditarik secara perlahan menuju lokasi misterius di angkasa itu!

Fakta menarik: Sifat Sang Penarik Hebat masih belum diketahui. Akan tetapi diduga Sang Penarik Hebat  merupakan gugus galaksi raksasa dengan massa satu juta milyar kali massa Matahari.

Sumber: Space Scoop Universe Awareness

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.