fbpx
langitselatan
Beranda » Mengapa Rotasi Venus & Uranus Berbeda?

Mengapa Rotasi Venus & Uranus Berbeda?

Mengapa venus dan uranus berotasi berlawanan arah? terima kasih sekian.(Ade Keren – Sidoarjo)

Perbandingan sumbu rotasi bumi, Venus dan Uranus

Kedua planet yang ditanyakan ini merupakan misteri di Tata Surya kita. Ini membuka kesempatan yang luas bagi teoretikus untuk bermain dengan simulasi menggunakan komputer.

Venus, berbeda dengan planet-planet lainnya, bergerak berlawanan arah (retrogade). Jika dilihat dari kutub utara, Bumi bergerak dari barat ke timur. Sebaliknya, Venus bergerak dari timur ke barat dan sekali berotasi memerlukan waktu 243 hari bumi. Seandainya kita tinggal di sana, kita akan melihat Matahari terbit dari barat dan tenggelam di timur.

Kenapa ini bisa terjadi? Menurut simulasi yang dikemukakan oleh Alex Alemi dan David Stevenson, kita perlu melihat saat Tata Surya masih muda. Masih banyak bongkahan-bongkahan besar sisa pembentukan planet. Planet-planet masih mengalami tumbukan dengan bongkahan-bongkahan ini. Misalnya saja Bumi-muda kita ini bertumbukan dengan bongkahan seukuran Mars yang sekarang; pecahan-pecahan tumbukan ini terlontar ke angkasa dan menyatu menjadi Bulan.Venus pun bertumbukan dengan bongkahan-bongkahan ini. Setidaknya Venus mengalami dua kali tumbukan besar. Yang pertama seperti yang terjadi pada Bumi sebagaimana dijelaskan di atas. Venus pernah punya satelit. Namun, setelah kira-kira 10 juta tahun kemudian Venus mengalami tumbukan dahsyat di sisi yang berseberangan dari tumbukan pertama. Tumbukan kedua ini mengakibatkan perubahan arah rotasi Venus. Perubahan ini terjadi karena si planet menyerap energi orbital bulan melalui gerak pasang surut. Akibatnya, bulan tadi bergerak spiral menuju si planet hingga akhirnya keduanya bertabrakan.

Kita tinggalkan Venus dan menuju Uranus, yang tidak kalah unik dari Venus. Umumnya planet mengelilingi Matahari dengan sumbu rotasi yang hampir tegak lurus terhadap bidang orbit. Tetapi, sumbu Uranus miring 97 derajat dari sumbu tegak. Ya, Uranus bergerak menggelinding ketika mengitari Matahari. Bagaimana ini bisa terjadi pada planet yang massanya sekitar 15 kali massa Bumi?

Perlu suatu peristiwa yang mahadahsyat untuk mengubahnya menjadi sebagaimana keadaannya sekarang. Tidaklah mungkin planet itu sejak terbentuknya sudah demikian. Sebagian teori menyatakan bahwa saat pembentukan Tata Surya, cikal bakal planet sebesar Bumi bertumbukan dengan Uranus dan menyebabkan sumbu rotasinya berubah.

Ada juga teori yang tidak melibatkan tumbukan. Simulasi yang dilakukan Boue dan Laskar dari Observatorium Paris menunjukkan bahwa Uranus dahulu sekali punya bulan yang sangat besar. Massa bulan ini, meskipun hanya 0.1 % massa Uranus, mampu menarik sumbu rotasi Uranus dalam waktu jutaan tahun. Lalu, kemana bulan ini pergi? Kemungkinan besar bulan ini tertendang oleh gravitasi ketika planet masif lainnya lewat.


Punya pertanyaan tentang astronomi? Silahkan Tanya LS !

Pengembara Angkasa

Pengelana yang telah banyak menjelajahi angkasa raya dan ingin membagi kisahnya dengan banyak orang. Senang pula mengamen, nebeng kapal orang, dan menumpang tidur di rumah singgah antar bintang.

9 komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini

  • Apakah rotasi2 td mengakibatkan keseimbangan sistem gerak tata surya kita atau pun planet yg bersangkutan…? Atau ada gangguan kecil…? Mohn pnjlsn or tulisan artikel ttg kmn n dmn kira2 benda/planet yg menumbuk td dan planet masif yg lwt sehingga bulan uranus menghilang pergi…?

    • benda yang menumbuk planet uranus itu terlontar keluar dari sistem setelah tumbukan. sedangkan kemungkinan planet masif lainnya yang lewat kemungkinan planet Saturnus atau Neptunus yang memberi pengaruh gravitasi dan menarik bulan uranus itu keluar dari sistem. perlu diingat semua itu terjadi di masa awla pembentukan ketika tumbukan2 masih sering terjadi dan planet dalam pembentukan.

  • betul tapi kenapa saturnus atau neptunus tidak menarik satelit uranus (titania) :3

  • Kak, kalau rotasi uranus gerakannya menggelinding dan salah satu kutubnya menghadap ke matahari, berarti kutub yg lain tidak pernah menghadap ke matahari dan tidak teramati dr teleskop di bumi? Di uranus tidak mengenal istilah siang-malam? Dan itensitas sinar matahari ada di Kutub yg menghadap matahari itu? makasih