fbpx
langitselatan
Beranda » Gerhana Bulan Total di Penghujung 2010

Gerhana Bulan Total di Penghujung 2010

Di penghujung tahun 2010, sebelum kita mengakhiri tahun ini ada satu lagi fenomena astronomi yang dapat dinikmati.  Fenomena langit tersebut adalah Gerhana Bulan Total yang akan terjadi pada tanggal 21 Desember 2010, beberapa jam sebelum Winter Solstice (23.38 UT atau 22 Desember 06.38)  saat  Matahari mencapai deklinasi paling selatan.

Gerhana Bulan Total di bulan Desember 2010 ini akan tampak bagi para pengamat di Amerika Utara. Gerhana ini terjadi saat Bulan berada pada titik turun di timur Taurus, 4 hari sebelum Bulan berada pada titik terdekat dari Bumi.

Tahapan Gerhana Bulan Total 21 Desember 2010. Kredit : NASA


Gerhana Bulan Seri Saros 125

Gerhana Bulan Total 21 Desember 2010 merupakan bagian dari keluarga gerhana dengan siklus Saros 125, yang memiliki 72 seri gerhana yakni 17 gerhana  penumbral, 13 gerhana  sebagian, 26 gerhana total, 9 gerhana sebagian dan 7 gerhana penumbral. Dan gerhana berikutnya yang berasal dari siklus Saros yang sama akan terjadi 18 tahun 11 hari 8 jam lagi.

Maknanya adalah, kedua gerhana yang terpisah selama 1 periode saros (18 tahun 11 hari 8 jam) akan memiliki geometri gerhana yang sama. Atau dengan gerhana bulan seri saros 125 berikutnya yang akan terjadi 18 tahun lagi akan terjadi saat Bulan berada pada jarak yang hampir sama dari Bumi pada waktu yang sama di tahun saat terjadi gerhana seri saros sebelumnya.

Satu seri Saros memiliki 70 atau lebih gerhana Bulan dan akan berlangsung selama 12-15 abad. Gerhana Bulan dalam seri Saros 125 semuanya terjadi saat Bulan berada pada titik turun dan bergerak ke arah utara dalam setiap Gerhana.

Seri 125 ini dimulai dengan Gerhana Bulan Penumbral 17 Juli 1163 dan baru akan berakhir pada tanggal 9 September 2443 dengan Gerhana Penumbral. Durasi total seri Saros 125 ini berlangsung selama 1280.14 tahun.

Tahapan Gerhana Bulan Total
Gerhana Bulan Total 2010 secara keseluruhan, akan berlangsung selama 72 menit dimulai saat Bulan memasuki bayangan Bumi.

Gerhana Penumbral dimulai:   12:29:17 wib
Gerhana Sebagian dimulai:       13:32:37 wib
Gerhana Total dimulai:              14:40:47 wib
Puncak Gerhana:                         15:16:57 wib
Gerhana Total Berakhir:            15:53:08 wib
Gerhana Sebagian Berakhir:     17:01:20 wib
Gerhana Penumbral Berakhir:  18:04:31 wib

Secara keseluruhan, gerhana ini akan tampak dari Amerika Utara dan Amerika Selatan. Pengamat di sepanjang pantai timur Amerika Selatan tidak akan dapat menikmati tahap akhir gerhana, karena Bulan sudah terbenam.

Jalur yang dilalui Gerhana Bulan Total 21 Desember 2010. Kredit : NASA

Bagi pengamat di Eropa dan Afrika, Bulan akan terbenam saat gerhana masih berlangsung. Hanya masyarakat Skandinavia Utara di Eropa yang bisa menikmati seluruh tahapan gerhana bulan tersebut.

Di Asia bagian timur, Bulan terbit dalam kondisi sedang mengalami Gerhana sedagkan bagi masyarakat di Afrika Timur, Afrika Selatan, Timur Tengah dan Asia Selatan, Gerhana tidak akan tampak.

Baca juga:  Menelusuri Jejak Asal-Usul Sinar Kosmis

Bagaimana dengan Indonesia ?

Bagi pengamat di Indonesia, Bulan terbit saat sedang berada pada tahap akhir Gerhana Bulan. Untuk Indonesia bagian barat, Bulan terbit tepat setelah Gerhana Penumbral berakhir. Sedangkan untuk pengamat di Indonesia bagian tengah, Bulan terbit saat Gerhana Sebagian Berakhir. Dan bagi pengamat di Indonesia bagian timur, Bulan terbit setelah Gerhana Total berakhir sehingga masih dapat menikmati tahap akhir Gerhana Bulan.

Clear Sky!

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

3 komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini

  • Terimakasih segala info yg telah saya dapatkan dari langitselatan, semoga sukses

  • yach,,, q telat buka langit selatannya,,,
    pa lgi marend blitar endung tebel. . .
    hiks.. hiks,,..
    eh, nanya..
    cara para astronom memfoto galaksi bimasakti gimana sih??