fbpx
langitselatan
Beranda » Pemetaan Materi Gelap & Pembentukan Gugus Galaksi

Pemetaan Materi Gelap & Pembentukan Gugus Galaksi

Dengan menggunakan Teleskop Hubble, para astronom mengambil keuntungan dari kaca pembesar kosmik untuk membuat peta detil dari materi gelap di alam semesta.

Materi Gelap vs Energi Gelap
Dark matter atau materi gelap merupakan materi yang tidak terlihat yang mengisi sebagian besar massa alam semesta. Pengamatan materi gelap yang dilakukan ini diharapkan dapat membawa perspektif baru mengenai peran energi gelap dalam tahun-tahun awal pembentukan alam semesta.

Hasil yang didapat menunjukkan kalau gugus galaksi bisa jadi terbentuk lebih awal dari yang diperkirakan, sebelum dorongan energi gelap menghambat pertumbuhan mereka. Sebuah peristiwa yang misterius di ruang angkasa, ketika energi gelap melawan gaya tarik gravitasi dari materi gelap. Energi gelap mendorong galaksi hingga terpisah satu sama lainnya dengan meregangkan ruang di antara mereka sehingga menekan pembentukan struktur raksasa yang dikenal sebagai gugus galaksi.

Abell 1689 yang dilihat Hubble. Kredit : NASA, ESA, and D. Coe (NASA JPL/Caltech and STScI)

Salah satu cara yang digunakan astronom untuk menelusuri perang gaya tarik purba ini adalah melalui pemetaan distribusi materi gelap di dalam gugus.

Untuk itu tim peneliti yang dipimpin oleh Dan Coe dari NASA JPL melakukan pengamatan dengan menggunakan Advanced Camera for Surveys pada Hubble untuk melakukan pemetaan materi tak terlihat dalam gugus galaksi masif Abell 1689, yang berada pada jarak 2,2 milyar tahun cahaya.

Gravitasi gugus tersebut sebagian besar berasal dari materi gelap yang bertindak sebagai kaca pembesar kosmik, lentur dan melakukan penguatan cahaya dari galaksi jauh yang ada di belakangnya. Efek yang dikenal dengan nama lensa gravitasi ini menghasilkan beberapa citra melengkung yang diperbesar dari galaksi-galaksi tersebut layaknya tampilan cermin funhouse.

Dengan mempelajari citra yang terdistorsi, astronom bisa menghitung jumlah materi gelap yang ada di dalam gugus. Jika gravitasi gugus hanya berasal dari galaksi tampak, distorsi yang terjadi pada lensa akan jauh lebih emah.

Berdasarkan peta massa resolusi tinggi inlah, Coe dan rekan-rekannya bisa melakukan konfirmasi atas hasil yang sudah ada sebelumnya dan menunjukkan kalau inti Abell 1689 memiliki kerapatan lebih tinggi dalam hal materi gelap untuk gugus seukuran dirinya, berdasarkan simulasi komputasi pertumbuhan struktur.  Penemuan ini cukup mengejutkan karena dorongan energi gelap di awal sejarah pembentukan alam semesta seharusnya menghambat pertumbuhan gugus galaksi.

Karena itulah, gugus galaksi harus sudah mulai terbentuk milyaran tahun lebih awal agar dapat  mencapai jumlah yang kita ketahui saat ini. Di masa awal, alam semesta jauh lebih kecil dan lebih padat dengan materi gelap. Abell 1689 tampaknya telah cukup terisi saat lahir dengan materi berkerapatan tinggi yang ada disekelilingnya pada masa alam semesta dini. Gugus ini tetap membawa materi-materi itu sampai pada kehidupan dewasanya yang diamati saat ini.

Memetakan Yang Tak Mungkin

Abell 1689 merupakan gugus lensa gravitasi paling kuat yang pernah diamati. Observasi yang dilakukan Coe yang kemudian digabungkan dengan penelitian sebelumnya menghasilkan 135 citra yang berbeda dari 42 galaksi latar belakang,

Baca juga:  Galaksi Gelap dari Alam Semesta Dini

Hasilnya? Lensa citra yang penuh teka teki. dari sinilah para peneliti kemudian mulai mengatur massa Abell 1689 dengan lensa galaksi latar belakang pada posisi yang diamati seperti menyusun sebuah puzzle. Dari sinilah Coe mendapatkan informasi untuk menghasilkan peta resolusi tinggi dari distribusi materi gelap dalam gugus.

Di masa depan, astronom merencanakan untuk memperlajari lebih banyak gugus galaksi untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam akan pengaruh energi gelap. Salah satu program yang akan dilakukan Hubble adalah untuk menganalisa materi gelap pada gugus galaksi raksasa dalam project Cluster Lensing and Supernova survey with Hubble (CLASH).

Survei ini akan dilakukan pada 25 gugus selama 1 bulan sepanjang 3 tahun ke depan. Gugus CLASH dipiliha karena mereka memancarkan sinar-X yang kuat sehingga bisa mengindikasikan keberadaan gas panas dalam jumlah besar di dalam gugus. Kelimpahan gas panas menunjukkan juga kalau gugus tersebut sangat masif.

Dengan melakukan pengamatan pada gugus galaksi, para astronom akan dapat memetakan distribusi materi gelap dan mendapatkan bukti dari pembentukan gugus galaksi awal disertai informasi dari energi gelap di masa awal pembentukan gugus tersebut.\

Sumber : NASA

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

8 komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini

  • buaannyaaaaakkk yaaa galaksi di alam kita.
    oh iya mbak materi gelap itu apaan sih???kedengerannya serem

    • Materi gelap adalah materi yang tidak bercahaya dan tidak bisa dideteksi namun bisa dirasakan efek gravitasinya. Hingga jelas ada tiga teori mengenai apa sebenernya materi gelap ini.

      • b’arti materi gelap itu sejenis black hole? tidak terlihat tp memiliki gravitasi yg besar? atau materi gelap adalah partikel sub atomik dari dunia kuantum? Mungkinkah nanti jika ditemukan materi gelap bisa dibuatkan tabel periodik unsur2nya? siapa tahu ada makhluk yg terbuat dari materi gelap…. heheheeee…. imajinasi liar…!!

        • Bukan, materi gelap berbeda dengan lubang hitam. Lubang hitam adalah materi normal yang terkonsentrasi sangat tinggi sehingga kerapatannya (jumlah materi per satuan volume) sangat tinggi. Akibatnya dia menghasilkan medan gravitasi yang sangat kuat sehingga cahaya yang melewatinya tidak bisa lolos.

          Materi gelap hingga sekarang belum dipastikan hakikatnya.

        • Salah satu kandidat Materi Gelap adalah Supersimetri (SUSY), yang menduga adanya “partikel bayangan” untuk setiap partikel yang kita ketahui sekarang ini. Bila nanti terbukti benar bahwa Materi Gelap adalah SUSY, ya nanti kita memang akan punya tabel unsur-unsur SUSY.

  • Sangat susah untuk mengetahui bahwa di Gugus Galaksi Abell ada Materi Gelap, di Bumi pun susah dibuktikan bagaimana wujud materi gelap, apalagi tekhnologi mikroskop elektron semakin canggih, tidak bisa mendeteksi secuil pun materi gelap, bisa jadi yang dilihat Astronom itu di gugus galaksi Abell bukan lah materi gelap, itu kemungkinan adalah Gas dan Debu Kosmik yang terkena pantulan cahaya lalu terpendar sehingga dilihat seakan akan materi gelap, adapun gambar materi gelap digugus galaksi Abell yang saling mengikat bagaikan jembatan gas dan debu itu adalah pengaruh gaya Gravitasi masing-masing Galaksi di gugus tersebut.

  • Yang membuat Galaksi Galaksi saling mengikat satu sama lain bukanlah Materi Gelap tetapi Energi Gaya Gravitasi yang luar biasa sangat besar dan kuat sehingga kumpulan Galaksi Galaksi tidak tercerai-berai,,!