Meneropong Keagungan Tuhan

Wow.. judulnya agak bombastis yah? Itulah judul atau tema acara yang diberikan pada langitselatan saat mengunjungi SD Islam Terpadu Annimah di area Cibaduyut, Bandung pada tanggal 12 September 2009 lalu. Hari itu adik-adik kelas 5 dan 6 SD IT Annimah sedang melaksanakan camp Ramadhan yang diisi dengan kegiatan keagamaan dan juga kaitannya dengan sains.

Dalam camp tersebut, langitselatan berkesempatan untuk berbagi ilmu lewat presentasi tentang Tata Surya dan alam semesta serta pengamatan langit malam. Sayangnya cuaca yang berawan agak menghalangi kelangsungan acara tersebut. Tapi.. sama sekali tidak mengurangi antusiasme adik-adik yang malam itu sangat bersemangat untuk mencari tau bintangnya. Untuk itu, sambil menantikan sang awan beranjak, diadakanlah sesi layar tancap. Tapi yang ditonton bukan film sembarang film.  Langitselatan menampilkan simulasi peta langit malam itu dari stellarium. Yang pasti adik-adik kita ini jadi bersemangat bertanya mana bintangku mana bintangmu.. eh salah rasi bintang dink. Setelah itu dilanjutkan dengan tayangan menjelajah Tata Surya. Rame deh melihat adik-adik menerka-nerka planet apa yang akan datang menghampiri…

Di sela-sela acara layar tancap ini… awan pun mulai menghilang dan kesempatan untuk melihat Jupiter melalui teleskop pun tiba.. antrian yang sempat bubar kembali terbentuk, dan adik-adik SD IT Annimah pun menikmati Jupiter yang malam itu tampak dengan satelit Galileannya. Jam 11 acara pun dilanjutkan dengan istirahat sambil menantikan saat untuk sahur.

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

10 thoughts on “Meneropong Keagungan Tuhan

  1. Langit Selatan punya jadwal untuk ngadain acara di SMA N 17 Bandung gak?? Jadi pengen juga nih kayak anak SDIT Annimah.hhe

  2. Wah…. mantabh nih acaranya…. LANJUTKAN…
    klo pengen ngadain acara kayak gini ngontaknya ke siapa?

  3. Kalau mau ngadain acara bisa kontak ke ls[at]langitselatan.com aja

    btw.. cahyo.. ngadain kegiatan yuks buat galilean night…. abis lebaran kita mo ngumpul2 anak2 milis astronomi indonesia. tunggu si anton balik .. gimana?

  4. Saya peminat astronomi namun sayang sekali tidak kesampaian kuliah di jurusan astronomi. Tapi sampai saat ini saya terus menikmati artikel2 astronomi baik dalam dan luar negeri, untuk dalam negeri khususnya situs langitselatan benar2 situs keren dan berguna. Apabila saya ingin memperdalam ilmu ini diluar jalur kuliah, bisakah melalui personel2 langit selatan? Adakah anda2 para pengurus mengadakan semacam “kuliah umum” astronomi? Mohon penjelasannya.
    Terimakasih

  5. mbak/mas, saya dari kecil tertarik dengan dunia antariksa, dari kels 1 SMP pengen bangett punya teleskop sendiri….,tapi aku minta uang Ortu kagak diijinin.neh baru proses menabung.skarangpun masih pengen bnget, sampe-sampe di Data komputer saya itu isinya hal” yang berhubungan dengan teleskop dan berbau astronomi semua. maka dari itu , minta cara dan bahan untuk merakit teleskop sendiri yang mampu melihat neptunus atau mungkin sampai nebula.sebelum uangku cukup buat beli teleskop beneran gtu. thanks. kirim di email saya saja, [email protected]

  6. mbak ivie mengelola langitselatan sndirian?
    sy baru kli ini liat seorang wanita yang tertarik dengan sains, terutama bidang astronomi…
    hebat mbak…

Tulis komentar dan diskusi...