Beranda » Bulan Yang Kering Di Balik Permukaan

Bulan Yang Kering Di Balik Permukaan

Air di bulan, sebuah pencarian yang tak pernah berhenti. Keingintahuan manusia mengenai kemungkinan keberadaan air yang merupakan komponen penting bagi makhluk hidup tak pernah berhenti di lekang waktu. Berbagai penelitian dilakukan dan tahun lalu ditemukan ada molekul air di area kutub Bulan.

Wajah sendu bulan – Foto oleh nggieng

Kondisi Bulan pada umumnya jauh lebih kering dari gurun manapun di Bumi, namun penelitian yang dilakukan menemukan keberadaan air di Bulan dalam jumlah yang sangat kecil. Satu ton lapisan teratas permukaan Bulan hanya bisa menahan/memiliki air 32 ons. Sangat sedikit. Tapi itu di permukaan. Bagaimana dengan bagian dalam Bulan, yang berada jauh di bawah permukaan. Adakah air di sana?

Mencari Air di Kedalaman
Untuk mendapatkan informasi keberadaan air, para peneliti mempelajari contoh dari Bulan yang dibawa misi Apollo. Para peneliti menggunakan isotop klorin untuk melakukan pengukuran. Dan hasilnya, tidak ada air yang terkandung di sana. Hasil ini memang memperkuat penelitian di era 1970-an namun jelas menjadi kontradiksi dengan hasil pengamatan dan penelitian masa kini yang menyebutkan ada molekul air di Bulan.

Penelitian pada batuan yang dibawa oleh misi Apollo menunjukkan kalau batu tersebut tidak mengandung hidrogen, dengan demikian tidak ada air. Yang menarik, hasil penemuan misi – misi Bulan yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir justru menemukan atom hidrogen dalam contoh kaca vulkanik Bulan. Hal ini menunjukkan kalau ada satu masa ketika Bulan memiliki kandungan air yang terkubur jauh di dalam.

Seandainya ada air di Bulan, tentu akan ada implikasi lainnya dan inilah yang memicu keingintahuan yang lebih jauh lagi. Bagaimana elemen yang ada di Bulan bisa membentuk air dan berada di kedalaman yang demikian jauh pada Bulan yang baru terbentuk. Dan dari manakah asal air tersebut.

Menurut teori, Bulan lahir dari reruntuhan magma setelah obyek sebesar Mars menabrak Bumi. Nah, dengan memahami kimiawi batuan Bulan, diharapkan manusia bisa mendapatkan informasi dan pemahaman apakah Bulan terbentuk dari materi di Bumi atau dari materi si penabrak yang menabrak Bumi tersebut.

Untuk itu, Zachary Sharp dan rekan-rekannya dari University of New Mexico, Albuquerque melakukan penelitian terhadap batuan Bulan dengan mencari elemen lain yakni klorin (Cl), yang diyakini bisa mengungkap kandungan hidrogen di Bulan saat ia masih berupa magma.

Tanda Isotop
Klorin (Cl) memiliki 2 isotop utama yakni : klorin-35 dan yang lebih berat lagi klorin-37, yang mengandung 2 neutron tambahan. Pada batuan di seluruh Bumi, isotop yang lebih ringan tersebut memiliki kelimpahan 3 kali lebih banyak dari isotop yang lebih berat.
Akan tetapi, pada batuan Bulan, perbandingan 3:1 ini tidak ditemukan. Yang terjadi mereka justru menemukan berbagai variasi perbandingan isotop klorin dari contoh yang satu ke contoh yang lain. Dengan demikian Sharp meyakini kalau ini merupakan bukti bahwa tidak ada hidrogen ketika Bulan yang masih berupa magma mengalami pendinginan dan pemadatan.