Beranda » Komet McNaught Tampak di Langit Malam

Komet McNaught Tampak di Langit Malam

Komet, bintang berekor yang satu ini jelas membawa ketertarikan tersendiri bagi pengamat langit. Kali ini, komet baru yang ditemukan tahun lalu tersebut akan tampak di langit malam dan terlihat bahkan oleh mata bugil? Menarik? Jelas!

C/2009 R1 aka McNaught sudah mulai menampakkan wajahnya dan menunjukkan keindahan ekornya bagi para pengamat langit yang menggunakan binokuler. Khusus bagi mereka yang ada di belahan langit utara, komet ini akan terlihat di kisaran akhir bulan Juni sebelum Matahari terbit dan di awal Juli setelah Matahari terbenam. Komet McNaught akan memiliki kecerlangan lebih dari 10 magnitudo antara pertengahan bulan Mei sampai dengan pertengahan Agustus. Sayangnya komet ini akan sangat sulit untuk diamati dari area langit selatan, namun bisa ditemukan saat fajar atau menjelang matahari terbit di dekat Rasi Perseus.

Komet McNaught yang melintas. Kredit : APOD / Jose Francisco Hernandez (Altamira Observartory)

Pada kondisi puncaknya di pertengahan bulan Juli, komet McNaught akan memiliki kecerlangan 4,5 magnitud untuk diamati di langit utara. komet McNaught ditemukan pada tanggal 10 September 2009 oleh Robert McNaught. Komet ini akan mencapai perihelion atau jarak terdekat ke Matahari pada tanggal 2 Juli pada jarak 0,40 SA atau sedikit lebih dekat ke Matahari dibanding Merkurius (0.38 SA). Eksentrisitas orbit komet ini juga lebih dari 1 atau bisa dikatakan orbitnya memiliki bentuk hiperbola. Artinya, ini adalah kunjungan pertama McNaught ke Matahari dan setelah ini ia tak akan kembali.

Orbit komet McNaught yang berbentuk hiperbola. Kredit : NASA