Global Astronomy Month 2011

April 2011 kembali menjadi ajang internasional bagi masyarakat pecinta astronomi karena di bulan April tersebut dilaksanakan acara Global Astronomy Month (GAM) yang didedikasikan untuk memperkenalkan astronomi pada masyarakat secara luas. Berbagai kegiatan pun dilakukan untuk mengajak masyarakat mengenal astronomi.

GAM 2011 merupakan bulan astronomi kedua sejak dicanangkan oleh Astronomers Without Border (AWB) di tahun 2010. Akan tetapi acara ini sebenarnya dimulai dari ide untuk meneruskan warisan Tahun Astronomi Internasional 2009. Di tahun 2009, sebagai bagian dari IYA2009 atau Tahun Astronomi Internasional, diadakan pengamatan global yang saat itu dikenal sebagai Global Star Party sebagai bagian dari rangkaian acara 100 Jam Astronomi. Saat itu, AWB dipercaya sebagai salah satu koordinator pelaksana Global Star Party untuk 100 Jam Astronomi. Hasilnya, lebih dari 100 negara berpartisipasi dan jutaan masyarakat Bumi menikmati langit malam dalam acara tersebut. Kesuksesan 100 Jam Astronomi kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan Galilean Night untuk mengamati satelit Galilean di Jupiter di tahun 2009 dan berhasil mengajak jutaan masyarakat dunia untuk menikmati Jupiter.

Setelah Tahun Astronomi 2009  berakhir pertanyaan yang muncul adalah, akankah gempita pengenalan astronomi juga ikut berakhir? Secara umum tidak ada satupun kegiatan di IYA2009 berakhir saat lonceng pergantian tahun berdentang, karena setiap kegiatan kemudian berlanjut untuk memberi pengenalan dan edukasi astronomi pada masyarakat. Salah satunya adalah 100 Jam Astronomi.

AWB yang dulunya menjadi salah satu koordinator Global Star Party dalam rangkaian 100 Jam AStronomi yang mengajak masyarakat seluruh dunia melakukan pengamatan langit malam selama 24 jam dari berbagai lokasi kemudian mencanangkan Global Astronomy Month pada bulan April 2010. GAM 2010 meraih kesuksesan dan kemudian dilanjutkan di tahun 2011 untuk memperkenalkan astronomi secara intens kepada masyarakat.

Kegiatannya? Ada Global Star Party, Pengamatan Saturnus, Lunar Week, 30 Night of StarPeace, SUNdays (pengamatan Matahari) dan masih banyak lagi. Selain itu, sepanjang Global Astronomy Month 2011  para astronom juga diajak untuk menjadi blogger yang akan mengisi GAMblog dan diperbaharui secara berkala untuk bercerita tentang astronomi, edukasi dan populerisasi astronomi.

Global Star Party dalam GAM 2011 aka berlangsung tanggal 9 April 2011 secara serentak di seluruh dunia. Untuk itu, langitselatan juga turut mengambil bagian untuk ikut serta dalam acara tersebut dengan mengadakan temu komunitas untuk berdiskusi dan melakukan pengamatan di tanggal 9 April 2011. Untuk rekan-rekan di Bandung yang tertarik untuk bergabung, silahkan melakukan konfirmasi melalui : Form Global Star Party yang sudah disediakan.

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.