Galilean Nights, Merasakan Menjadi Galileo

Rasakan pengalaman Galileo saat mengarahkan teleskopnya ke langit!. Itulah yang menjadi tag-line dari Malam Galilean yang dimulai tanggal 22 – 24 Oktober 2009.

galilean_nightsKegiatan Malam Galilean atau Galilean Nights ini dilaksanakan serentak di seluruh dunia dengan lebih dari 1000 kegiatan, yang akan memperkenal astronomi dan membawa masyarakat merasakan pengalaman sesaat menjadi Galileo.  Dan cuaca juga bukan penghalang karena setiap kegiatan sudah menyiapkan rencana tambahan jika cuaca tidak memungkinkan.

Galilean Night dibuat untuk mengikuti kesuksesan 100 jam Astronomi yang berhasil mengajak jutaan masyarakat dunia untuk menikmati astronomi dari dekat. Untuk Galilean Nights, masyarakat akan diajak untuk mengamati Jupiter dan ke-4 satelit Galilean, yang ditemukan Galileo sekaligus mengajak masyarakat untuk menikmati apa yang dahulu dilakukan Galileo saat pertama kali mengarahkan teleskopnya ke langit. Satu aktivitas yang mengubah pemikiran dunia dan menjadi titik tolak astronomi modern.

Di Indonesia, Galilean Night juga akan diadakan oleh komunitas-komunitas, salah satunya langitselatan yang akan mengadakan pengamatan bersama Forum Pembina Astronomi pada tanggal 24 Oktober 2009.

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Tulis komentar dan diskusi...