Moon Cake Festival

Tanggal 3-4 Oktober 2009, langitselatan berkesempatan untuk ambil bagian dalam acara pengamatan Bulan purnama dalam acara Festival Kue Bulan aka Moon Cake Festival di Cihampelas Walk, Bandung.

Festival Kue Bulan di Ciwalk diadakan dari tanggal 30 September – 4 Oktober 2009 dan puncak acaranya diisi dengan berbagai penampilan mulai dari wushu, balet, barongsai, musik dan lagu-lagu. Selain itu para pengunjung diberi kesempatan untuk melihat Bulan Purnama dari dekat dengan meggunakan teleskop.  Sayangnya cuaca di akhir pekan di awal bulan Oktober ini tidak terlalu bersahabat. Hujan dan awan tebal menutupi penampakan objek-objek langit yang seharusnya tampak malam itu.

Meskipun cuaca tidak bersahabat, adik-adik dan orang tua yang data serta muda mudi yang sedang menghabiskan malam minggu tampak  tidak kehilangan keingintahuannya akan teleskop dan fungsinya. Berbagai pertanyaan dilontarkan, dan rasa penasaran diouaskan dengan mencoba sendiri teleskop yang ada dan diarahkan ke benda-benda jauh.

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Tulis komentar dan diskusi...