Runtuhnya Lapisan Es Antartika

Es di Antartika hilang dengan cepat. Apakah berita ini akan mengejutkan Anda? Ataukah mungkin berita ini hanya sekadar berita yang tidak akan menggugah Anda?

Foto keruntuhan es di Lapisan es Wilkins, Antartika yang diambil Envisat. Kredit gambar : ESA

Foto-foto yang diambil Envisat’s Advanced Synthetic Aperture Radar (ASAR) menunjukan es yang menghilang di Lapisan Es Wilkins. Kehilangan tersebut berlangsung sangat cepat dalam periode 26 Februari 2008 – 7 Maret 2008. Pada tanggal 28 dan 29 Februari, area seluas 400 km persegi terpecah menjadi gunung es besar dan kecil hanya dalam waktu 24 jam. Terpecahnya es di area tersebut diawali dengan terbentuknya retakan yang pernah dilihat ASAR Envisat dan pemotretan yang dilakukan ALOS PALSAR milik Jepang sejak Juli 2007.

Akibat dari keruntuhan yang terjadi baru-baru ini, lapisan yang tersisa ( sekitar 14.500 km persegi) saat ini hanya disokong oleh bidang es sebesar 6 km. Bidang es tersebut juga sudah retak dan sepanjang terjadinya patahan tangga 28-29 Februari lalu, retakan tersebut justru tersambung dengan retakan yang sudah ada di bidang es tersebut.

Lapisan es Wilkins merupakan merupakan lapisan luas berbentuk es yang mengambang di selatan Amerika Selatan, di Semenanjung Antartika. Karena lapisan es tersebut memang sudah mengambang, kejadian terpecahnya es menjadi pecahan-pecahan kecil memang tidak akan membuat air laut naik. Tapi, bagaimanapun, lapisan es di Semenanjung Antartika ini akan menjadi potongan-potongan kecil akibat naiknya temperatur permukaan air dan lautan yang semakin panas. Akibatnya, lapisan es ini memang akan menjadi indikator yang memperlihatkan perubahan iklim yang sedang dan terus terjadi.

Foto yang disertai catatan dari area yang mengalami keruntuhan. Kredit Gambar : ESA

Selama ribuan tahun, salju yang terakumulasi dan mengalami pemadatan di daerah dataran tinggi pusat telah membentuk rantai es raksasa. Rantai es tersebut bergerak dalam pengaruh gravitasi menuju garis pantai. Di sepanjang pantai, es akan mengapung secara bertahap di laut, membentuk balok es masif yang kemudian dikenal sebagai lapisan es (lapisan yang berbentuk seperti papan). Tapi, seiring semakin tingginya temperatur, beberapa lapisan es tersebut jadi pecah dan terpisah-pisah.

Sejak diluncurkan, Envisat telah merekam juga perpecahan lapisan es Larsen-B di Antartika pada 18 Maret 2002. Padahal, Larsen-B sebenarnya telah diperkirakan berada dalam kondisi yang stabil semenjak 12 ribu tahun lalu. ASAR ini memiliki kemampuan untuk memproduksi foto-foto kualitas tinggi dari gunung es dan lapisan es, serta mampu untuk membedakan tipe dari berbagai jenis es. Dengan demikian, ASAR akan mampu melihat menembus awan dan kegelapan lokal, kondisi yang sering dialami oleh area kutub.

Sumber : ESA

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

10 thoughts on “Runtuhnya Lapisan Es Antartika

  1. Wah bumi bakal tenggelam ya?
    tapi denger2 nih nggak tenggelam, tapi ait laut bakal naik drastis…
    Gedung wtc aja sampe terendem…
    ada ratusan juta pengungsi…
    wah gimana ya…
    Gak ada pilihan lain selain have a green life!!!!

  2. waduphhhh….

    ba+aya niehhh..
    bumi kepengen tenggelam…
    ma..pa..om…tante..bibi…oma…opa…eyang..buyut..
    siapin roket kita bakal terban keluar angkasa!!
    buat ngapai??tanya mama and regunya
    ya..buat ngelindungin diri lah ma!!
    terserah deh kita mau nyasar kejupiter kek,mars kek,saturnus kek,atau planet lain yang penting kita bisa idup disana..hehe..

    kepengen nyasar ato nyobain kelempar ke planet lain hub ajah080989999..hehee
    itu nanti bakal nyasar keplanet bernama telkom hehe..

  3. wadaawwww agi nyari tugasss remote sensing!!pusyinngg!!
    topik ne masuk ga ya???
    heeeeeuuu

    everibody!!help me .. =]
    BUZZZ

  4. sebelum tenggelam bumi akan meledak! sejak tahun 2007 ilmuan telah menemukan gelembung2 gas metan di hampir seluruh antartika. gelebung gas metan tersebut keluar akibat dari mencairnya es. karna sebelumnya gas metan tersebut terperangkap dikerak bumi yang diselimuti es. kini es telah mencair, dan jumlah gas metan yang terlepas ke atmosfir bumi sungguh sangat menghawatirkan. bahkan para imuwan berpendapat bahwa sumbangan rusaknya ojon dari karbondioksida industri dan emisi gas buang kendaraan sangat kecil sekali. dibadingan dengan gas metan yang terlepas di antartika dan sekitarnya.jika bumi memanas 1 – 2 drajat saja BUUUUM! bumi akan meledak!! bola api besar akan berputar putar diatas angkasa bumi! dan itu pernah terjadi. beberapa ilmuwanberpendapat itu merupakan siklus. baca deh di http://www.pemanasanglobal.net di tajuk saving teh world.. okeh

Tulis komentar dan diskusi...