fbpx
langitselatan
Beranda ยป Ledakan Kehidupan Setelah Hujan Meteor

Ledakan Kehidupan Setelah Hujan Meteor

Bagaimana kehidupan di Bumi terbentuk?

Masa akhir Ordovician

Kalau sebelumnya sempat dibahas benih kehidupan di Bumi yakni asam amino, dibawa oleh meteorit CR Chondrites dari luar angkasa. Ternyata, ada berita baru yang menyatakan kalau ledakan kehidupan di Bumi terjadi setelah hujan meteor lebih dari 400 juta tahun lalu. Pada saat itu, meskipun Bumi diserang lebih dari 100 meteorit berukuran 1 km dalam waktu yang sangat singkat, ternyata kehidupan tidak hanya bisa diselamatkan tapi justru terus berkembang.

Rangkaian tabrakan meteorit tersebut terjadi sepanjang periode Ordovician, antara 490 – 440 juta tahun lalu. Memang kehidupan yang ada belum seperti kehidupan yang kita kenal sekarang, namun saat itu sudah ada makhluk hidup di darat dan organisme juga sudah mulai berevolusi untuk bisa hidup dalam ceruk di lautan. Tampaknya, ketidakteraturan pada sabuk asteroid 470 juta tahun lalulah yang mengirimkan ratusan batuan angkasa keluar dari orbit normalnya menuju Bumi.

Pemusnahan besar-besaran oleh meteorit

Setelah beberapa juta tahun, lebih dari 100 meteorit besar yang telah terpisah-pisah kemudian menyerang Bumi, dan membalut Matahari dalam debu. Tumbuhan yang lapar akan Matahari akahirnya mati dan rantai kehidupan yang bergantung pada tumbuhan pun putus. Tapi secara mengejutkan, kehidupan justru berkembang pesat setelah periode tersebut. Tumbuh dan berevolusi kedalam bentuk yang baru dan lebih menarik.

Para peneliti dari Universitas Copenhagen dan Universitas Lund, bersama-sama mengumpulkan contoh kimia dari meteorit, fosil dan juga mempelajari beberapa kawah di Swedia. Kawah Lockne adalah salah satu kawah yang juga diteliti, terletak di utara Swedia dengan diameter 75 km. Penelitian yang dilakukan menunjukan adanya bukti kehidupan yang berkembang pada lapisan lebih baru dibanding lapisan yang mengandung sisa serangan meteorit.

Masa setelah pemusnahan besar-besaran.

Dengan adanya ledakan kehidupan tersebut, bisa dikatakan evolusi biologis mendapat bantuan besar dalam waktu relatif singkat. Contoh kasus, letusan gunung berapi atau kebakaran hutan yang besar, pada awalnya akan membawa pengaruh kerusakan yang sangat besar pada kehidupan. Namun dari abunya muncul fauna yang lebih kaya dari yang ada sebelumnya.

Awal tahun ini, paleontologis menyatakan kalau kehidupan bisa kembali muncul dengan cepat setelah kejadian pemusnahan besar-besaran, namun dibutuhkan waktu yang panjang untuk bisa mengembalikan keanekaragaman kehidupan. Karena itu, setelah sebagian besar kehidupan tersapu oleh asteroid, kecoa, lipas maupun hewan berkerat seperti tikus yang mengambil alih. Tapi butuh beberapa tahun sebelum kekayaan ekosistem bisa kembali dengan kupu-kupu, jerapah atau yang lainnya.

Sumber : Universe Today, Nature Geoscience

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

20 komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini

  • saya mau naya..sebenarnya meteir yang jatuh ke bumi saat itu seberapa besar sh???
    sampai kehidupan yang ada di bumi itu musnah???
    dan kepastian jatuh nya dilokasi mana y???
    mohon jawabannya..
    trims

    • diperkirakan meteor yang jatuh ke bumi mencapai 2 Km kawahnya. kemungkinan apa yang terjadi pada dinosaurus berjuta-juta tahun yang lalu akan terjadi lagi pada kehidupan manusia modern.

  • bagaimana jika terjadi hal seperti itu lagi di masa depan?
    jika Ya, apakah setelah manusia musnah, kehidupan baru pun akan dimulai?
    seperti halnya manusia, setelah hewan-hewan raksasa seperti Dinosaurus punah, manusia muncul?

  • knpa metor tuh hruz jatuh y?????
    klo meteor itu g jatu pzti masih ada dinosauruz….
    soalna q pgn bgt liat yg namana dino kya ap ya????

  • Lho… jadi kayak denger cerita fiski… mana seh yg bener
    gak ngejangkau neh
    tapi bisa jadi klue menarik
    thx atas infonya

  • Apakah benar ada nya evolusi pada kehidupan di masa lampau karna ada nya meteor yang jatuh ke bumi atau karna tekanan suhu yang disebabkan ole meteor tersebut. Memang nya ada hubungan nya….

    Tolong di jawab ya….

  • Sudah jelas teori evolusi telah terpatahkan, masih dimunculkan terus. Coba lihat uraian tentang fosil, sejak jutaan tahun yll kalajengking tetap kalajengking spt yg skrg, kecoa masih sama strukturnya hingga kini.
    Coba difikir, bagaimana mungkin ikan yg hidup di air lalu berevolusi naik kedaratan dlm wkt jutaan thn? Bgmn proses sistem pernafasan insang berubah menjadi paru2 ? Apakah ikan tdk mati ketika sistem pernafasannya berada pd posisi antara insang dan paru2 ? Bernafas di air tdk bisa, didarat jg tdk bisa. Atau sebaliknya, dr paru2 ke insang?
    Bila benar teori evolusi itu nyata, pernahkah ditemukan fosil mahluk ‘antara’? Misalnya, antara ikan dan kadal, dinosaurus tertentu dan burung. Dari dulu burung ya tetap burung dgn struktur tubuh yg sama sampai skrg, monyet tetap monyet. Kalau memang monyet berevolusi, pasti dijaman skrg akan kita temui manusia setengah monyet. Adakah?
    Bila penasaran, silakan search di google situsnya Harun Yahya dr turki (translated bhs ind.) yg mematahkan semua teori evolusi, darwinis dan penganut mazhab materislime.

  • Mas, mas, asal tau aja evolusi belom dan tidak terpatahkan. Yg bilang evolusi terpatahkan itu cuman gosip semata kok yg disebarkan orang2 yg lebih suka kalau semua mahkluk di bumi diciptakan dalam waktu seminggu.

    Harun Yahya tidak punya latar belakang science dan semua buku2 yg ditulis Harun Yahya tidak pernah mendapat dukungan dari kalangan ilmuwan.

    Saya sarankan, kalo mau belajar science, baca buku2 science, bukan buku yg diterbitkan kalangan agama (bukannya anti agama, tapi belajar science dari agama banyak biasnya).

  • Sebagian dari kita mungkin menubrukan teori evolusi (Proses panjang berjenjang) dengan teori agama (kun fayakun / jadilah maka terjadilah), padahal bila dikaji lebih arif, keduanya tidak berbenturan tapi saling terkait, kita bisa memilah dulu wacana akidah, dan wacana ilmiah.
    tidak sulit menarik benang merah keduanya.
    Ketika TUHAN berfirman Kun-Fayakun, ini
    menunjukan bahwa sebenarnya TUHAN bisa saja membuat segalanya dalam sekejap, walau dimensi waktu sekejap-pun bisa memiliki variabel berbeda.
    tetapi dalam penerapanya TUHAN samasekali tidak menciptakan ALAM SEMESTA beserta SEMUA ISINYA ini dalam sekejap, tetapi berproses, dikitab suci SAMAWI ( TAURAT, INJIL dan AL-QUR’AN ) TUHAN menciptakan Alam semesta ini dalam 6 Masa/hari/Priode/tahap.

    Mengenai bagaimana Proses awal dan akhir penciptaan Alam semesta beserta segenap isinya ini,inilah tugas manusia untuk mencari dan meneliti ( seperti mencari jalan pulang ).Dalam pencarian inilah beragam teori boleh muncul, termasuk teori Evolusi.

    Saya sempat mengambil kesimpulan bila dalam tradisi Agama SAMAWI Adam dan Hawa adalah KAKEK NENEK kita semua, lalu bagaimana dengan Fosil yang mirip tengkorak manusia ( Primata )yang telah banyak ditemukan? siapa mereka, yang jelas kita semua yakin deskirpsi Adam tidak seperti Fosil-fosil tersebut.
    Hypotesaku, Sebelum Adam turun ke BUMI, Mahluk serupa manusia telah tumbuh berkembang secara terbatas di segenap belahan BUMI, ini adalah makhluk yang tumbuh berkembang secara Evolutif.
    Mahluk PRIMATA yang masih sangat lambat dengan OTAK yang kecil dan daya Pikir yang sangat terbatas.
    Sementara dalam Islam pun disebutkan sebelum dihuni Manusia BUMI ini telah lebih dulu dihuni (dipimpin) oleh BANGSA JIN, hanya saja bangsa JIN di pindahkan ke DIMENSI lain karena Banyak berbuat kerusakan di MUKA BUMI, yang kemudian BUMI diamanatkan ke pada ADAM kakek Bangsa MANUSIA. Bisa jadi ALLAH segaja menciptakan ADAM serupa dengan Fosil Primata,mahluk yang mungkin sebelumnya dianggap hina oleh bangsa JIN.
    Sebab ketika ALLAH telah menciptakan ADAM dan menyuruh Para MALAIKAT dan JIN, berlutut, Bangsa JIN justru menolak dan
    bekata “UNTUK APA SAYA BERLUTUT DIDEPAN
    MAKHLUK YANG HINA DAN BODOH TERSEBUT.
    komentar ingkar bangsa JIN tersebut jelas
    mengisyaratkan kalau telah ada mahluk serupa MANUSIA di MUKA BUMI ini sebelumnya… Waullahu,alam.

    terima kasih.

  • Ibaratnya, orang yg percaya Tuhan menciptakan semua mahluk hidup langsung jadi, Tuhan adalah pematung.

    Buat yg melihat bahwa evolusi merupakan mekanisme yg lebih logis, Tuhan merupakan programmer, yg menciptakan program yg bisa jalan sendiri.

    Tuhan yg mana yg menurut kalian lebih pinter? ๐Ÿ™‚

  • Teori evolusi memang sdh terpatahkan mas..dan Harun Yahya mematahkannya dr segi science, dgn dalil science, bkn dr agama..( Wah..berarti si mas nggak nyimak neh..! Cuma berdasarkan rasa under estimate atau nama Harun Yahya berbau agama tertentu kale..)
    Si mas ini bisanya cuma menolak pendapat org lain tanpa bisa menjawab pertanyaan dan pernyataan saya. Jadi pernyataan si mas tdk bernilai science sama sekali.
    Si mas bilang alam semesta diciptakan dlm seminggu.? Aahh..si mas bikin ‘gosip’ nih..mosok cuma seminggu kelar..aya2 wae.. Kalo dlm agama sy disebut 6 MASA, bkn 6 HARI.

    Bnyk kalangan menyimpulkan agama adalah dogma. Tetapi keyakinan yg membabi buta thd suatu teori science tanpa melihat hal lainnya, apakah bkn disebut sbg Dogma juga? Itu namanya men-tuhankan science.

    Teori evolusi yg digagas Mr. Darwin terjadi sktr 150 thn yll disaat peralatan msh sangat primitif dibanding skrg. Maka Mr. Darwin bnyk mengandalkan pengamatan secara fisik saja, kemudian berkhayal dan mencetuskan teori evolusi..dan di-amini oleh org2 masa itu ( anehnya jg oleh org2 masa kini ).

    Yg terakhir, Tuhan itu Maha Sempurna. Dia bkn pematung atau programer yg hrs menunggu ‘ciptaannya’ lambat laun menjadi sempurna. Bagi-Nya menciptakan sesuatu itu pekerjaan ‘seujung kuku’ kalo mau diibaratkan. Menunggu..?? Cape deehh..

    Jadi tolong si mas pakai dalil science kalo mau mendebat pendapat org lain.

  • to Cheerie

    Pernah nontoh Film The MATRIX Trilogi. yang di perani oleh Keanu Reves.

    Bagiku itu adalah Film RELIGI.
    Amati jalur ceritanya, Pahami Entitasnya,
    dan Tarik Kesimpulanya.

    Trims