Benarkah Ada Meteorit Jatuh di Bali ?

Pagi ini masyarakat di area persawahan desa Sukawati, Gianyar, Bali dikejutkan dengan keberadaan kubangan sebesar 1 meter dengan kedalaman 30 cm. Diperkirakan ada sebuah benda yang jatuh dari langit dan menghantam daerah persawahan tersebut sehingga menimbulkan kubangan sedalam 30 cm.

Ilustrasi tabrakan meteor
Dari pengakuan warga, tampaknya mereka melihat ada cahaya yang turun dari langit pada tanggal 1 januari, namun tidak mereka hiraukan. Selain itu masih menurut warga, terdengar ada ledakan dini hari tadi dan menduga ledakan tersebut sebagi pemicu terbentuknya kubangan. Ledakan tersebut juga awalnya dianggap sebagai ledakan petasan. Namun pagi ini diperkirakan benda tersebut adalah sebuah objek langit yang jatuh ke Bumi dan dikenal sebagai meteorit.

batuan yang ditemukan di Bali. kredit gambar : SCTV
Dari hasil olah TKP kepolisian setempat, ditemukan 3 buah batuan kecil dengan tekstur mirip batu apung di dalam kubangan tersebut. Apakah batuan ini benar meteorit? Tentu saja penelitian lanjutanlah yang akan membuktikannya. Saat ini batu-batu tersebut dibawa ke ahli geologi untuk diteliti. Kalau benar itu sebuah meteor, tentu akan menarik untuk mempelajari kandungan batuan tersebut. Dari kubangan atau kawah yang terbentuk memang terlihat merupakan akibat dari hantaman meteorit yang sampai ke Bumi.

Bagi kalangan astronom, meteor adalah hal biasa yang terlihat di langit malam. Kadang objek tersebut masuk dalam atmosfer Bumi dan lolos sampai di permukaan Bumi. Jatuhnya meteorit tersebut memang sering menimbulkan ledakan. Tak heran karena objek meteorit tersebut bergerak dengan kecepatan tinggi dan kemudian menumbuk permukaan Bumi. Batu meteorit yang ditemukan tak lama setelah jatuh digolongkan dalam kategori finds.

Ditulis oleh

Avatar

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

7 thoughts on “Benarkah Ada Meteorit Jatuh di Bali ?

  1. Tentang batu meteorite yang baru jatuh umumnya masih menyimpan panas sampai beberapa jam atau beberapa hari, apakah ada info tentang temperatur batu meteorite di Bali?

  2. info tentang batuan kami belum mendapatkannya Pak. Sepertinya masih ada dalam penelitian pihak Geologi. yang sudah ada baru kepastian kalau batu tersebut bukanlah sampah antariksa.

  3. saya dengar2 kubangan yang dihasilkan menyerupai bentuk segi empat. bukankah jika suatu benda jatuh dengan kecepatan tinggi ke bumi pasti akan membentuk kubangan yang membentuk lingkaran…..
    apa mungkin kubangan sebesar -+ 1 meter dan kedalamannya -+ 30cm di sebabkan oleh batu yang kecilnya kira-kira hanya sebesar kuku orang dewasa, sangat tidak masuk akal, meskipun dengan kecepatan yang luar biasa.justru semakin cepat benda itu jatuh tentu akan menimbulkan kubangan yang radius perbandingannya -+10x dari benda tersebut. itu pun kubangannya membentuk lingkaran….

    hee3…. saya sendiri sih belum lihat foto kubangannya, baru denger2 aja, oya ada yang punya foto nya gak,share disini dong. yang diatas cuma menampilkan foto batunya doang….
    Thank`s

  4. kubangan berbentuk segi empat bisa jadi merupakan akibat dari pengikisan hmm apa yah istilahnya.. dan bukan berasal dari hasil tumbukan.

    mengenai batu sebesar itu dan menghasilkan kawah sebesar 1 meter dan kedalaman 30 cm itu masih dalam hitungan wajar kok. mungkin dewa lebih bisa menjelaskan. seingat saya dia sepat menghitung dari besar kawah .. berapa besar batuan yg menghantamnya dan memang benar hasilnya tidak jauh berbeda dari fakta penemuan.

  5. hi great day sir,
    anyway mau tanya sy mendengar bahwa thn 2012/13 akan ada serangan batu meteor? dan di prediksikan di manakah lokasi jatuhnya tersebut?super thanks for the greatest assistance,cheers, n have a super day!
    warmth regards,
    surya

  6. hah?! thn 2012/13 akan ada serangan batu meteor?! mungkin saja hanya hujan meteor…… kan tanggal 16-26 april ada hujan meteor lyrid…!

Tulis komentar dan diskusi...