Kami dari langitselatan, mengucapkan Selamat Idul Fitri 1435 H. Minal 'Aidin wal-Faizin.
Tahun Cahaya: Satuan Waktu atau Jarak? Reviewed by Momizat on . Yang saya mau bertanya adalah ? " 1 juta tahun cahaya itu sama dengan berapa tahun ?" Filno Hau - Ambon Tahun cahaya, kalau ditilik dari terminologinya memang s Yang saya mau bertanya adalah ? " 1 juta tahun cahaya itu sama dengan berapa tahun ?" Filno Hau - Ambon Tahun cahaya, kalau ditilik dari terminologinya memang s Rating: 0

Tahun Cahaya: Satuan Waktu atau Jarak?

Yang saya mau bertanya adalah ? ” 1 juta tahun cahaya itu sama dengan berapa tahun ?”

Filno Hau – Ambon

Tahun cahaya, kalau ditilik dari terminologinya memang seakan-akan mengarah pada satuan waktu. Pada kenyataannya, tahun cahaya bukanlah satuan waktu melainkan satuan jarak yang digunakan untuk mengukur jarak benda-benda langit yang jauh.

Bagi kita di Bumi, penanda jarak yang umum dikenal adalah meter, kilometer, mil, inci atau centimeter.  Akan tetapi, ketika kita melihat ke langit dan mulai mengukur jarak benda-benda langit, maka kita akan menemukan kalau benda-benda langit itu berada pada jarak yang superrrrrr jauh dari Bumi.  Dan jika jarak itu diukur dengan penanda jarak yang dikenal seperti misalnya kilometer maka manusia pasti kebingungan bagaimana menyebutkannya saking banyaknya angka nol.

Contoh, jarak Matahari dengan bintang terdekatnya 40.000.000.000.000 km atau 40 trilyun kilometer. Sementara masih banyak sekali bintang-bintang yang letaknya lebih jauh dari itu. Dan jarak ke galaksi Andromeda adalah 21.000.000.000.000.000.000 km atau 2,1 x 19 km. Bagaimana menyebutnya?

Untuk mempermudah para astronom mengukur jarak, maka para astronom menggunakan satuan lain yang mempermudah kita untuk mengingatnya. Penggunaan satuan kilometer, meter, mil  menjadi tidak praktis untuk tetap digunakan sebagai penanda jarak. Pastinya kita akan pusing untuk mengingat 20 digit angka atau menulis angka-angka tersebut.

Maka untuk mengukur jarak yang sangat besar, digunakan satuan tahun cahaya. Cahaya bergerak 299.792.458 meter per detik atau aproksimasinya 300.000 km per detik maka 1 detik cahaya (light second) setara dengan jarak 300.000 km. Bagaimana kalau setahun?

300.000 km/detik x 60 detik/menit x 60 menit/jam x 24 jam/hari x 365,25 hari/tahun = 9.467.280.000.000 km = (9,46 x 1012) km

Maka tahun cahaya didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya dalam waktu satu tahun ketika melewati ruang hampa udara atau setara dengan 9.467.280.000.000 km = (9,46 x 1012 ) km.

Jarak yang sangat jauh tapi lebih mudah untuk diingat. Kita lihat contohnya di bawah ini. Lebih mudah diingat bukan jika menggunakan tahun cahaya?

Bulan = 1,3 detik cahaya
Matahari= 8,3 menit cahaya
Mars = 3.1 menit cahaya
Jupiter = 33 menit cahaya
Pluto = 5,3 jam cahaya
Proxima Cetauri= 4.3 tahun cahaya
Sirius = 8,58 tahun cahaya
Galaksi Andromeda = 2.300.000 tahun cahaya atau 2,3 juta tahun cahaya

Perbandingan jarak benda-benda langit dalam satuan kecepatan cahaya. Kredit: regentsearth.com

Dari definisi tahun cahaya tersebut, ketika seorang pengamat di Bumi melihat sebuah bintang yang jaraknya 10 tahun cahaya maka artinya cahaya yang diterima pengamat saat ini merupakan cahaya yang baru tiba setelah melakukan perjalanan dari bintang dengan jarak tempuh 10 tahun. Atau sederhananya si pengamat di Bumi sedang melihat bintang pada keadaannya 10 tahun yang lalu.

Bintang-bintang dekat. Kredit : WIki

Meskipun di artikel ini ada jarak benda-benda di Tata Surya menggunakan tahun cahaya, pada kenyataannya para astronom ketika mengukur jarak benda-benda di sebuah sistem keplanetan atau jarak benda-benda yang mengitari sebuah bintang mereka mnggunakan satuan astronomi. Hmm apa lagi itu? Singkatnya 1 satuan astronomi didefinisikan dari jarak Bumi – Matahari. Untuk penjelasan satuan jarak yang digunakan dalam astronomi seperti Satuan Astronomi, Tahun Cahaya maupun Parsec bisa dibaca di artikel Mengenal Satuan-Satuan Jarak dalam Astronomi.
____

Punya pertanyaan tentang astronomi? Silahkan Tanya LS!

Pengelana yang telah banyak menjelajahi angkasa raya dan ingin membagi kisahnya dengan banyak orang. Senang pula mengamen dan nebeng kapal orang.

• Fathurrohman

Mungkinkah kita bisa mencapai kecepatan cahaya? Jikalau mungkin, saya rasa masih sulit menjelajahi galaksi kita saja sekalipun. Apakah postulat einstein mengenai kecepatan tertinggi di alam semesta telah terbukti salah??

• yan yan

Mungkin saja!kalau dilakukan diluar angkasa yang tanpa gravitasi….karena gaya gravitasilah yang mempengaruhi gaya….CMIIW

• Jonhar SR

saya jadi teringat judul lagu Scorpion : Ten Light Years Away,.

• Mastur Fatullah

Didunia ini tidak ada yang mustahil, jika manusia terus berusaha untuk membuat benda yang bisa melaju secepat kecepatan cahaya saya yakin pasti tuhan (Allah) pasti membantu kita.

• Fildzah Nadhilah

mungkin ga sih kita mencapai planet yang jaraknya 1000 tahun cahaya???

• ivie

mencapai dalam hal menemukan atau mendatangi? kalau menemukan atau mengamati masih mungkin dengan berbagai teknik. tapi untuk mendatangi planet tersebut butuh teknologi yang jauh lebih baik dari saat ini.

• Kevin Adrian

Kak, saya boleh tanya? Saya sedikit bingung… Jika kecepatan cahaya 300.000 Km/s dan jarak matahari 8 menit menuju bumi… Lalu mengapa cahaya matahari tidak terlambat 8 menit untuk terbit dan menerangi bumi?

Oh gitu yah kak… Info artikelnya membantu :D