Beranda » Apa yang Bisa Dilakukan Untuk Menekuni Hobi Astronomi?

Apa yang Bisa Dilakukan Untuk Menekuni Hobi Astronomi?

Min, mau tanya nih. Saya tuh termasuk orang yang suka sama astronomi. Tapi yaa sekedar suka ajah, jadinya masuknya hobi gitu. Nah hal apa ajah sih yang bisa kita lakuin yang berhubungan dengan astronomi sebagai hobi? (Fathur – Tangerang)

Kegiatan star party

Astronomi ini ilmu yang unik. Astronomi merupakan ilmu yang juga bisa dilakukan oleh seseorang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan astronomi. Ilmu yang satu ini bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai hobi.

Nah di dalam astronomi ada 2 sebutan yakni astronom profesional yang memang bekerja di bidang astronomi dan astronom amatir yakni orang-orang yang melakukan kegiatan astronomi karena memang hobi dan sehari-harinya justru bekerja di luar bidang astronomi.

Lantas apa saja yang bisa dilakukan terkait hobi yang satu ini?

Membaca literatur tentang astronomi dan mempelajari benda-benda langit. Tidak perlu sekolah di astronomi kok. Ada banyak materi astronomi yang bisa dipelajari di buku, majalah astronomi ataupun di web seperti di web langitselatan ini. Katanya, kalau tak kenal maka tak sayang. Jadi untuk mengenal… marilah membaca kisah alam semesta.

Mengunjungi Planetarium atau Observatorium terdekat untuk mengenal astronomi sekaligus ikut mengamati langit malam.

Cari tempat gelap.. dan pandanglah langit malam. Kegiatan yang satu ini bisa dilakukan sendiri di rumah atau bersama teman-teman. Tapi supaya kegiatan menikmati indahnya taburan bintang jadi menarik. Kamu bisa belajar mengenali obyek langit yang sedang kamu lihat malam itu. Panduannya bisa menggunakan peta bintang aka planisphere yang bisa diunduh di sini. Atau bisa juga menggunakan piranti lunak seperti Stellarium di komputer. Atau… kalau kamu pengguna smartphone bisa menggunakan aplikasi peta langit yang ada. Berbekal peta langit itu, kamu bisa belajar mengenali rasi bintang, bintang-bintang terang, maupun planet.

Selain itu kalau ada kejadian langit seperti hujan meteor, kamu juga bisa menikmatinya bersama teman. Dan semua bisa dilakukan hanya dengan mata tanpa alat plus siapkan kopi, kueh dan cemilan untuk menemanimu.

Gunakan Binokuler dan Teleskop untuk mengamati obyek langit dari balik teropong. Ini bisa kamu lakukan kalau kamu memang sudah memiliki teleskop atau memutuskan untuk membeli binokuler ataupun teleskop.

Bergabung dengan Klub Astronomi. Selain berkegiatan sendiri, kamu juga bisa bergabung dengan sesama pecinta astronomi di kotamu. Temukan klub atau komunitas astronomi di kotamu dan bergabunglah bersama mereka. Biasanya klub astronomi ini memiliki kegiatan pengamatan ataupun pengenalan astronomi secara rutin dimana kamu bisa berdiskusi dan berbagi pengalaman serta belajar bersama.

Bergabunglah dengan Star Party atau kegiatan publik untuk melakukan pengamatan yang diadakan di daerah sekitarmu. Di acara Star Party kamu bisa berkenalan dengan sesama pecinta astronomi dan berlajar tentang obyek langit maupun belajar memotret obyek langit. Star Party merupakan acara pertemuan para pecinta astronomi untuk melakukan pengamatan langit malam.