Beranda » Upgrade Kemampuan Teleskop: Pemasangan Filter Matahari

Upgrade Kemampuan Teleskop: Pemasangan Filter Matahari

Matahari adalah bintang yang paling dekat dengan Bumi. Posisi ini menyebabkan pengamatan matahari dengan menggunakan teleskop harus dilengkapi dengan filter matahari.

Pengamatan Matahari dari Mall Gandaria City menggunakan Travel Scope 70. kredit : langitselatan

Filter matahari berguna untuk melemahkan cahaya matahari sehingga aman untuk dilihat mata melalui eyepiece. Bayangkan saat Anda membakar kertas dengan menggunakan sinar matahari yang difokuskan melalui kaca pembesar! Hal yang sama akan terjadi pada mata Anda jika Anda mengamati matahari langsung melalui eyepiece teleskop yang tanpa dilengkapi filter matahari. Tentunya hal ini tidak kita inginkan.

langitselatan memiliki beberapa teleskop dengan beberapa tipe, baik yang didapatkan dengan membeli maupun pemberian dari dalam dan luar negeri. Beberapa pihak menilai langitselatan turut berkontribusi dalam melakukan edukasi terhadap masyarakat Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya. Hal ini menjadi salah satu faktor mengapa teleskop-teleskop ini diberikan pada langitselatan. Tak jarang beberapa rekan dari luar negeri mengunduh informasi edukasi yang diberikan langitselatan untuk coba diterapkan di negaranya. Kendala bahasa tidak menjadi masalah. Beberapa artikel yang dilengkapi dengan gambar yang disusun secara sistematis menjadi solusinya. Tak lupa  google translate digunakan oleh rekan dari luar negeri ini. Walaupun secara tata bahasa mungkin agak kurang baik, minimal pesan utama dari informasi yang ingin disampaikan dapat dipahami.

Teleskop- teleskop yang dimiliki langiselatan ini antara lain teleskop You Are Galileo dari Jepang yang merupakan reka ulang teleskop Galileo, teleskop jenis pemantul (reflektor), dan jenis refraktor yang menggunakan lensa. Teleskop-teleskop ini awalnya belum dilengkapi dengan filter matahari. Teleskop-teleskop buatan pabrik menjual aksesoris filter matahari yang dilengkapi dengan alat untuk memasangnya di teleskop. Kami tidak memilih untuk membeli aksesoris tersebut. Selain aksesoris filter matahari tersebut harganya relatif mahal, alat tersebut pun hanya bisa digunakan untuk satu jenis teleskop saja. Hal ini karena ukuran alat disesuaikan dengan ukuran diameter tabung teleskopnya. Kami lalu memutuskan untuk memesan filter matahari ND5 buatan Solar Seymour. Bentuknya berupa lembaran-lembaran seperti plastik mika berwarna hitam pekat. Unsur keamanan menjadi prioritas utama sehingga langitselatan tidak menyarankan membuat filter matahari dengan menggunakan bagian dalam disket. Filter ND5 inilah yang juga digunakan untuk membuat kacamata matahari.

Teleskop pertama yang mendapat “kehormatan” untuk dipasang filter matahari adalah teleskop Celestron Power Seeker 127. Pemasangan filter pada teleskop ini relatif mudah karena teleskop telah dilengkapi penutup lensa tabung tambahan yang memiliki lubang di bagian tengahnya. Lubang ini kemudian ditutup dengan filter matahari. Ujicoba penggunaan filter ini di Bandung menghasilkan citra matahari yang memuaskan saat dilihat melalui eyepiece. Teleskop Celestron ini rencananya akan digunakan saat Pengamatan Gerhana Matahari Cincin yang terjadi pada tanggal 26 Januari 2009 yang lalu. Kami mengajak rekan-rekan media cetak dan elektronik baik lokal, nasional, dan internasional melakukan pengamatan di Universitas Lampung (Unila) bekerjasama dengan mahasiswa-mahasiswa jurusan Fisika di universitas tersebut. Dari hasil pengamatan di Unila, foto-foto momen puncak gerhana matahari cincin yang berhasil diabadikan para wartawan foto dan menjadi headline berita foto yang terpampang di halaman pertama media cetak lokal maupun nasional.