Membuat Penampang Filter Matahari Teleskop

Pembuatan penampang filter matahari yang akan dijelaskan pada artikel ini adalah penampang filter pada teleskop Meade ETX 80. Bagian utama penampang menggunakan dop PVC.

Untuk teleskop jenis lain, pembuatan penampang dapat dilakukan dengan cara yang sama dengan ukuran diameter penampang dop yang disesuaikan dengan ukuran diameter ujung tabung teleskop. Cara menggunakannya cukup dipasang pada bagian ujung tabung teleskop. Unsur keamanan menjadi prioritas sehingga tidak disarankan menggunakan filter matahari dengan bahan terbuat dari piringan bagian dalam disket (floppy disk). Filter yang kami gunakan adalah filter matahari dengan ND 5.

Bahan-bahan pembuat penampang filter:

  • Dop PVC ukuran 4”
  • Karton coklat
  • Lembaran Filter Matahari
  • Lem fox
  • Pilox Silver Metalik
lembaran filter matahari yang masih terbungkus plastik. Lembaran filter ini hanya meloloskan 0.001% cahaya matahari. Kredit : ivie

catatan : Filter matahari yang digunakan untuk teleskop haruslah berupa lembaran filter matahari yang memiliki neutral density / ND (kerapatan netral) 5. Untuk filter yang kami gunakan, ia hanya meloloskan 0,001% sinar Matahari.

Alat-alat yang digunakan:

  • Jangka
  • Alat tulis
  • Gergaji kecil
  • Solder atau bor
  • Kikir
  • Gunting
  • Cutter

Pembuatan

  1. Siapkan dop PVC ukuran 4”. Buat lingkaran bagian atas dop PVC dengan menggunakan jangka.

    Dop PVC 4" sebagai penampang filter Matahari. kredit : dino
  2. Lubangi dop PVC sampai pada batas luar lingkaran yang dibuat dengan jangka tadi. Untuk melubanginya dapat menggunakan bor. Jika tidak ada, proses melubangi dapat dilakukan dengan menggunakan kombinasi antara solder, gergaji kecil, dan kikir. Bagian yang disolder bukan tepat di bagian batas luar lingkaran tetapi agak masuk beberapa millimeter dari batas luar lingkaran ke arah pusat lingkaran. Solder bersifat panas sehingga lubang yang dihasilkan menjadi kurang rapi. Untuk merapikan lubang tepian lubang digunakan kombinasi antara gergaji kecil dan kikir berbentuk setengah lingkaran.

    Doc PVC setelah dilubangi dan siap untuk dipasang filter Matahari. kredit : dino
  3. Potong filter matahari berbentuk lingkaran dengan diameter lingkaran lebih besar dari diameter lubang pada dop PVC. Jika membuat filter berbentuk lingkaran jangan gunakan jangka karena dapat melubangi filter yang akan memberi akibat fatal pada saat pengamatan.
  4. Potong karton coklat berbentuk cincin dengan diameter terluar lebih besar dari lubang pada dop PVC.
  5. Penampang filter dan cincin karton kemudian di cat meggunakan pilox warna perak metalik. Setelah dicat, tunggu sampai cat kering sebelum melanjutkan pada tahap pemasangan filter.

    Penampang yang sudah dicat metalik, filter dan cincin. kredit : ivie
  6. Beri lem pada filter matahari di bagian tepinya. Rekatkan pada dop PVC di bagian belakangnya. Setelah itu, Cincin karton coklat diberi lem kemudian ditempelkan pada bagian dop PVC menutupi tepian luar filter matahari. Cincin karton ini berfungsi untuk menahan agar filter tertempel dengan kuat.
  7. Penampang filter matahari ini ketika dipasang pada tabung teleskop masih agak longgar. Untuk membuatnya terpasang dengan cukup kuat, tempelkan sedikit karton berbentuk persegi panjang pada bagian dinding dop PVC bagian dalam. Penempelan dilakukan pada dua tempat yang saling tegak lurus di sisi dalam dop PVC. Jarak antar karton penahan penampang filter ini sekitar 180º(saling tegak lurus).
    Filter yang sudh dipasang pada penampang. Pada pinggirannya dieri karton segi empat kecil untuk memadatkan penampang sehingga pas pada saat dipasang di teleskop. Kredit : ivie
    Filter Matahari dan penampang filter buatan sendiri. kredit : ivie

    Filter Matahari yang dipasang di teleskop. Kredit : ivie

Ditulis oleh

Aldino Adry Baskoro

Aldino Adry Baskoro

alumnus astronomi ITB yang saat ini berprofesi sebagai pendidik di sekolahalam Minangkabau dan penulis di langitselatan.