fbpx
langitselatan
Beranda ยป LS Trivia: Cara Aman Mengamati Matahari

LS Trivia: Cara Aman Mengamati Matahari

Saat Gerhana Matahari Cincin 2019, Matahari tidak akan menghilang total dari pandangan pengamat di Bumi. Karena itu, selama gerhana berlangsung, pengamat harus selalu menggunakan alat yang dilengkapi dengan filter Matahari untuk mengamati Sang Surya.

Filter Matahari adalah lembaran film pekat (ND5) yang dapat menyaring cahaya Matahari sehingga cahaya yang sampai ke mata tidak lagi membahayakan. Pengamatan Matahari tanpa filter juga bisa dilakukan, tapi tidak dengan menatap Matahari secara langsung. Yang harus dilakukan adalah pengamatan tidak langsung lewat proyeksi bayangan Matahari pada medium seperti kertas ataupun karton.

Untuk mengetahui cara aman untuk mengamati matahari, sila kunjungi laman kriya astro berikut:

  1. Membuat Kacamata Matahari
  2. Membuat Filter dari negatif film untuk kacamata Matahari
  3. Proyeksi Matahari
  4. Membuat Filter untuk Teleskop
  5. Cara aman mengamati Matahari
  6. Pinhole
  7. Kekeran Matahari ala LS
  8. Venuskoker

Sekilas tentang pengamatan Matahari bisa disimak di infografik berikut:

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Tulis Komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini