Membuat Penampang Filter Matahari Teleskop Reviewed by Momizat on . Pembuatan penampang filter matahari yang akan dijelaskan pada artikel ini adalah penampang filter pada teleskop Meade ETX 80. Bagian utama penampang menggunakan Pembuatan penampang filter matahari yang akan dijelaskan pada artikel ini adalah penampang filter pada teleskop Meade ETX 80. Bagian utama penampang menggunakan Rating:

Membuat Penampang Filter Matahari Teleskop



Pembuatan penampang filter matahari yang akan dijelaskan pada artikel ini adalah penampang filter pada teleskop Meade ETX 80. Bagian utama penampang menggunakan dop PVC.

Untuk teleskop jenis lain, pembuatan penampang dapat dilakukan dengan cara yang sama dengan ukuran diameter penampang dop yang disesuaikan dengan ukuran diameter ujung tabung teleskop. Cara menggunakannya cukup dipasang pada bagian ujung tabung teleskop. Unsur keamanan menjadi prioritas sehingga tidak disarankan menggunakan filter matahari dengan bahan terbuat dari piringan bagian dalam disket (floppy disk). Filter yang kami gunakan adalah filter matahari dengan ND 5.

Bahan-bahan pembuat penampang filter:

  • Dop PVC ukuran 4”
  • Karton coklat
  • Lembaran Filter Matahari
  • Lem fox
  • Pilox Silver Metalik

lembaran filter matahari yang masih terbungkus plastik. Lembaran filter ini hanya meloloskan 0.001% cahaya matahari. Kredit : ivie

catatan : Filter matahari yang digunakan untuk teleskop haruslah berupa lembaran filter matahari yang memiliki neutral density / ND (kerapatan netral) 5. Untuk filter yang kami gunakan, ia hanya meloloskan 0,001% sinar Matahari.

Alat-alat yang digunakan:

  • Jangka
  • Alat tulis
  • Gergaji kecil
  • Solder atau bor
  • Kikir
  • Gunting
  • Cutter

Pembuatan

  1. Siapkan dop PVC ukuran 4”. Buat lingkaran bagian atas dop PVC dengan menggunakan jangka.

    Dop PVC 4" sebagai penampang filter Matahari. kredit : dino

  2. Lubangi dop PVC sampai pada batas luar lingkaran yang dibuat dengan jangka tadi. Untuk melubanginya dapat menggunakan bor. Jika tidak ada, proses melubangi dapat dilakukan dengan menggunakan kombinasi antara solder, gergaji kecil, dan kikir. Bagian yang disolder bukan tepat di bagian batas luar lingkaran tetapi agak masuk beberapa millimeter dari batas luar lingkaran ke arah pusat lingkaran. Solder bersifat panas sehingga lubang yang dihasilkan menjadi kurang rapi. Untuk merapikan lubang tepian lubang digunakan kombinasi antara gergaji kecil dan kikir berbentuk setengah lingkaran.

    Doc PVC setelah dilubangi dan siap untuk dipasang filter Matahari. kredit : dino

  3. Potong filter matahari berbentuk lingkaran dengan diameter lingkaran lebih besar dari diameter lubang pada dop PVC. Jika membuat filter berbentuk lingkaran jangan gunakan jangka karena dapat melubangi filter yang akan memberi akibat fatal pada saat pengamatan.
  4. Potong karton coklat berbentuk cincin dengan diameter terluar lebih besar dari lubang pada dop PVC.
  5. Penampang filter dan cincin karton kemudian di cat meggunakan pilox warna perak metalik. Setelah dicat, tunggu sampai cat kering sebelum melanjutkan pada tahap pemasangan filter.

    Penampang yang sudah dicat metalik, filter dan cincin. kredit : ivie

  6. Beri lem pada filter matahari di bagian tepinya. Rekatkan pada dop PVC di bagian belakangnya. Setelah itu, Cincin karton coklat diberi lem kemudian ditempelkan pada bagian dop PVC menutupi tepian luar filter matahari. Cincin karton ini berfungsi untuk menahan agar filter tertempel dengan kuat.
  7. Penampang filter matahari ini ketika dipasang pada tabung teleskop masih agak longgar. Untuk membuatnya terpasang dengan cukup kuat, tempelkan sedikit karton berbentuk persegi panjang pada bagian dinding dop PVC bagian dalam. Penempelan dilakukan pada dua tempat yang saling tegak lurus di sisi dalam dop PVC. Jarak antar karton penahan penampang filter ini sekitar 180º(saling tegak lurus).

    Filter yang sudh dipasang pada penampang. Pada pinggirannya dieri karton segi empat kecil untuk memadatkan penampang sehingga pas pada saat dipasang di teleskop. Kredit : ivie

    Filter Matahari dan penampang filter buatan sendiri. kredit : ivie

    Filter Matahari yang dipasang di teleskop. Kredit : ivie

Profil Penulis

alumnus astronomi ITB yang saat ini berprofesi sebagai pendidik di Sekolah Alam Bandung dan penulis di langitselatan.

Tulisan di LS : 18

Tulis komentar dan diskusi...


13 Komentar di artikel ini

  • iqbal malik

    Wah…inspiratif sekali mbak ivi…jaya terus LS :)

    Reply
  • Gandari

    filter matahari nya beli dimana ya ? biasanya dijual di toko apa ?

    Reply
  • Ctrl_Alt_Del

    beli dmn filternya? brp an ?

    .

    Reply
  • hammam

    klo bikin teleskopnya gimana? hheheee

    Reply
    • dino

      Pertanyaan bagus =P, sementara ini kami belum bisa membuat motor teleskopnya. Tapi untuk teleskop refraktor sederhana yang menggunakan dua lensa cembung, insya Allah bisa…hehehe

      Reply
  • ika

    mas Dino, kalau mau membuat teleskop bisa minta panduannya ndak?lagi mau buat teleskop tapi butuh arahan gitu.nuwun mas

    Reply
  • dino

    Kalau artikel berjudul “Mari Membuat Teleskop Sederhana” yang ditulis oleh Saudara Iqbal apakah tidak cukup membantu? DI Artikel itu dibahas mengenai pembuatan teleskop. Vivi juga pernah membuat teleskop dengan menggunakan tabung kertas dan diterbitkan dalam suplemen pada majalah angkasa.

    Reply
  • haikal

    mantep nih…carinya dmn filternya mbak hehehe….dsni jarang…dgr2 pke kaca filem mobil bs ya….

    Reply
  • panseagal

    smua jenis teleskop bs dipasang filter ini gan??? aman gitu??

    Reply
    • dino

      Semua jenis teleskop bisa tetapi harus dibuat penampangnya sendiri. Artinya beda diameter beda penampang untuk memasang filter mataharinya. Dop PVC juga bisa diganti jika ukurannnya tidak sesuai dengan diameter teleskop (diameternya terlalu besar atau kecil). Saat di Ambon, teleskop yang langitselatan dapatkan (hibah) dari Jepang belum memiliki filter.Alhasil kami membuatnya di Ambon dengan tidak menggunakan dop karena tidak ada ukuran dop yang sesuai. Kami menggunakan karton tebal sebagai pengganti dop. Tentang keamanan, sejauh ini aman.Yang terpenting saat dipasang, penampang yang telah ditempeli filter menempel erat di tabung teleskop (tapi memudahkan juga buat dilepasnya). Teleskop portable yang di Bosscha juga ada yang menggunakan model karton sebagai filternya. Desain dan pembuatannya dilakukan rekan saya, Denny Mandey. Model buatan Denny ini lebih dulu dibuat dari model langitselatan. Selamat mencoba

      Reply
    • ivie

      iyah. ini aman karena memang filter nd 5 yang dibuat untuk digunakan juga di teleskop

      Reply

Log in | disclaimer | kontak kami | tanya LS © 2007 - langitselatan. All rights reserved

Scroll to top