Panduan Membuat Peluncur Roket Air Tipe Marsiano

Saat penulis berusaha menyelesaikan buku elektronik (e-book) kedua ini, di belahan bumi yang lain telah terjadi perang yang tidak seimbang di mana Libya, sebuah negara di Afrika yang kaya minyak, dikeroyok oleh negara-negara superpower yang tergabung dalam NATO (North Atlantic Treaty Organization) dengan dalih penegakan demokrasi dan melindungi rakyat sipil.

Peluncuran roket air. kredit : langitselatan

Banyak pengamat mengatakan bahwa inti utama dari penyerangan-penyerangan tidak seimbang ini adalah perebutan sumber energi yaitu minyak bumi. Ditambah lagi dengan tragedi Jepang dengan meledaknya reaktor Nuklir pasca Tsunami membuat negara-negara di dunia  berpikir ulang tentang pemanfaatan nuklir sebagai sumber energi pengganti sumber energi fosil. Minyak bumi sebagai cadangan energi suatu negara menjadi semakin penting karena masih merupakan sumber utama energi dunia. Terlepas dari benar-salah atau kepentingan minyak negara-negara besar, satu hal yang menjadi catatan penting untuk mempertahankan kedaulatan suatu negara adalah dengan penguasaan teknologi angkasa. Roket-roket yang membawa hulu ledak dengan radius kehancuran yang besar menjadi senjata menakutkan. Roket-roket ini ditembakkan dari jarak jauh sehingga tidak bisa dibalas oleh pihak yang diserang. Bagaimana dengan teknologi angkasa Indonesia?

Tidak dapat dipungkiri teknologi angkasa kita belumlah sehebat negara-negara besar tadi. Mayoritas teknologi angkasa kita merupakan hasil membeli dari produk-produk luar negeri. Berkaca dari sejarah ditinjau dari teknologi peroketan, Indonesia pernah menjadi salah satu negara yang diperhitungkan dunia ketika di era Presiden Soekarno berhasil meluncurkan roket Kartika. Walaupun kita menyadari kondisi Indonesia saat ini belumlah menjadi tempat yang subur bagi berkembangnya ilmu pengetahuan, bagi orang yang optimis dan berpikir ke depan, kondisi Indonesia saat ini bukanlah sesuatu yang abadi. Kita dapat mengubahnya dimulai dari sesuatu yang dekat dan terjangkau dalam kekuasaan kita. Bagi para pendidik baik guru, orangtua, maupun dosen, sitmulasi-simulasi keberilmiahan dan kerja keras para penemu dunia dapat dilakukan dengan cara mengenalkan peserta didik pada berbagai kegiatan eksperimen. Roket air merupakan salah satunya. Respon yang penulis dapat setelah buku elektornik Panduan Lengkap Membuat Roket Air Peluncur Versi Dual K (Klep-Kopler) di-online-kan di langitselatan.com menjadi dorongan bagi penulis untuk selalu melakukan eksperimen-eksperimen dan penyempurnaan sehingga didapat hasil yang optimal.

Buku panduan roket air II. kredit : ivie

Di buku kedua ini, penulis “mengabadikan” nama seorang sahabat yang turut andil dalam pemasyarakatan dunia roket air di Indonesia khususnya di daerah Jakarta dan sekitarnya. Sejarah penamaan Peluncur Roket Air Tipe Marsiano, penulis ulas secara lengkap pada Bab 1. Penjelasan mengenai peralatan, pembuatan peluncur, pembuatan roket air, pembuatan noozle, modifikasi roket air, review tiga generasi peluncur, maupun peluncuran, penulis jelaskan dalam Bab 2 sampai Bab 8.

Pada salah satu topik di Bab peluncuran, penulis jelaskan secara singkat sebuah kompetisi olimpiade nasional dan internasional bagi pelajar yang lebih membumi dan sesuai dengan tingkat usia peserta didik. Olimpiade ini tidak dikhususkan bagi anak-anak “kasta” kepintaran tertentu saja tetapi lebih didasarkan pada keberminatan pada dunia keantariksaan, persahabatan, dan pertukaran budaya antar negara. Permasalahan ketiadaan peluncur roket, penulis jawab dengan dibuatnya buku ini sehingga dapat dibaca, dibuat, dan digunakan alat peluncurnya sebagai sarana latihan.  Jenis olimpiade ini juga tidak mengharuskan anak mengikuti “bimbel-bimbel” olimpiade karena para pendidik di sekolah dapat berperan sebagai fasilitator bagi pelajar yang tertarik.

Sama seperti buku sebelumnya, buku kedua ini dapat diunduh secara gratis. Penulis tidak menampik dalam pembuatan roket ini, materi dan finansial tentu saja diperlukan. Beberapa kali penulis mendapatkan tawaran membuat peluncur roket mulai dari generasi pertama yang penulis buat sampai yang generasi ketiga ini. Mungkin ada yang beranggapan apa yang penulis lakukan malah membuka salah satu “dapur” sendiri karena membagikan cara pembuatan peluncur secara detail kepada pembaca. Bukankah dengan mengiklankan saja tentang penjualan roket air di web dapat meraup keuntungan yang lumayan? Tidak, ilmu ini harus disebarkan! Menurut keyakinan penulis, rejeki ada di tangan Tuhan. Semakin kita banyak berbagi, semakin banyak pula hasil yang didapat. Tentu saja penulis tidak menolak jika ada di antara pembaca yang ingin membantu dalam mendonasikan dananya dengan membeli peluncur roket yang penulis buat untuk pengembangan roket air  khususnya dengan peralatan dan bahan-bahan yang ada di Indonesia. Karena itu, penulis memberikan beberapa pilihan kepada pembaca untuk membantu pengembangan roket air ini. Buku elektronik yang merupakan sumber digital dapat diunduh secara bebas melalui situs langitselatan.com.

Selain itu, langitselatan juga akan membuat Buku Panduan Membuat Roket Air tipe Marsiano versi cetak yang akan dicetak jika pembaca berniat membeli buku ini untuk versi cetaknya. Melalui langitselatan juga, kami menjual peluncur roket air untuk ditawarkan kepada pembaca yang berminat. Pilihan ini kami berikan karena respon dari beberapa email yang masuk ke penulis bahwa mereka kesulitan mencari bahan-bahan pembuat roket. Peluncur tipe Marsiano adalah peluncur yang menurut penulis sudah paling optimal karena telah memberikan solusi dari masalah-masalah sebelumnya. Adapun pengembangan selanjutnya yang akan penulis lakukan adalah penelitian dan pengembangan pada badan roket yaitu pembuatan roket dua tingkat, roket ber-booster, maupun roket berparasut. Tentunya tetap berkomitmen pada bahan-bahan dan peralatan yang tersedia di Indonesia.

Terima kasih penulis ucapkan kepada pembaca  yang telah mengunduh dan membaca buku ini. Penulis menunggu respon para pembaca dengan mengirimkan surat elektronik (email) secara pribadi ataupun melalui admin langitselatan. Akhir pengantar penulis sampaikan selamat membaca dan mencoba.

Salam roket air Indonesia.

_______________
Unduh Buku Panduan Membuat Peluncur Roket Air Tipe Marsiano

Download “Panduan Roket Air 2.0” Panduan-Marsiano-Launcher.pdf – Downloaded 30239 times – 2 MB

Ditulis oleh

Aldino Adry Baskoro

Aldino Adry Baskoro

alumnus astronomi ITB yang saat ini berprofesi sebagai pendidik di sekolahalam Minangkabau dan penulis di langitselatan.

23 thoughts on “Panduan Membuat Peluncur Roket Air Tipe Marsiano

  1. Terima kasih Mbak Vivi dan Mas Aldino yg telah meneruskan dan mengembangkan Roket Air selama ini. Saya (selaku murid dari Beliau Alm. Tersia Marsiano) sangat berterima kasih sekali telah dibuatkan buku panduan untuk membuat Roket Air sederhana ini. Semoga dapat bermanfaat bagi generasi selanjutnya… 🙂

  2. Tidak ada kata lain selain Alhamdulillah. Penamaan ini spontan saya berikan setelah mendengar kabar Vivi dan Ronny tentang Ian. Tentunya dengan menghubungi mbak Ati (istri Ian) dulu untuk meminta ijin menggunakan nama Ian. Salam hangat buat kawan-kawan di HAAJ Ron… Silakan disebarkan buku manual ini sebagai perpanjangan “tangan” dari Tersia Marsiano yang akrab kita sapa sebagai Ian…

  3. istimewa! 🙂 sangat bagus ….kalo bisa diterbitkan ke khalayak…krn sangat membantu…

    dan penulisnya juga bisa terbantu secara finansial 🙂 . .

    1. Terima kasih. Ilmu diharapkan tersebar dulu.Kalau membaca lengkap bukunya pasti bisa menangkap cita-cita besar yang ada di dalamnya…Jadi, dukungan bisa dari berbagai macam cara…cetak ok juga. salam

  4. pak terima kasih atas ebook tentang cara membuat roket air
    ilmu bapak sangat bermanfaat bagi kami disini dlam memperoleh kemudahan pembelajaran fisika
    semoga ilmu ini juga bisa bermanfaat bgi yang lainnya jga pak.amin
    terima kasih pak dino atas kesediaan waktunya dan jga langitselatan.com 🙂

    1. Sama-sama Zidni. Terima kasih sudah mencoba membuatnya di Banyuwangi….Semoga bisa dikembangkan lagi disana. Salam buat para pendidik di sana ya…

    1. Kalau boleh tau lokasi di daerah mana? di dalam buku sudah di jelaskan bahwa alat2 tersebut bisa didapatkan di toko bangunan atau di toserba.Cari di bagian alat2 perkebunan atau taman. DI toko tertentu ada di bagian pipa, alat alat pertukangan (khususnya di toserba).

  5. Alhamdulillah , louncher roket air selesai saya buat,membuatnya jika alat dan bahan tersedia tidak serumit yang saya bayangkan. untuk roket air kami buat bersama anak-anak SDIT Cahaya Insani Temanggung .kemarin tanggal 19 Februari 2012 kita peragakan saat ada lomba di SMPN 1 Temanggung, ternyata diliput dan masuk koran Suara Merdeka dengan foto yang besar. terimakasih Pak dino. salam pendidikan dari Temanggung

    1. Sip pak, salam juga dari Bandung. Foto kegiatan di SD IT Cahaya Insani sudah kami terima dan terekam dengan jelas senyuman anak-anak di sana..Belajar dengan menyenangkan menjadi pengalaman yang tak terlupakan…Alhamdulilah juga terpublikasikan di koran Suara Merdeka. Terima kasih sudah mencoba membuat Marsiano Launcher di Temanggung…

    1. Pemasangan pressure gauge (PG) berada di atas tosen klep (di antara tosen klep dan kepala peluncur). Pemasangan PG di tempat tsb karena untuk mengukur tekanan yang berada di badan roket air yang berupa botol. Jika pemasangan PG berada di bawah tosen klep, maka tekanan yang diukur adalah bukan tekanan roket air tetapi tekanan di antara tosen klep dan bunglon-dop. Tekanan ini sama dengan tekanan yang tertera di PG pompa (jika pompa yang digunakan memiliki pengukur tekanan). Dari hasil percobaan yang saya lakukan perbedaan tekanan antara tekanan di bawah tosen klep dengan tekanan di atas tosen klep tidak terlalu besar (cuman saya lupa mencatat berapa besarnya).

  6. mas aya mau tanya kira2 berapa harga hose quick qonnector dan quick tap adaptor ? mohon di balas.

  7. boleh tau ga dimana yang jual Hose Quick Connector dan Quick Tap Connector-nya?
    soalnya di ciledug(tangerang) cukup sulit nyarinya

Tulis komentar dan diskusi...