Beranda » Ancaman Asteroid Yang Tersembunyi dalam Cahaya Matahari

Ancaman Asteroid Yang Tersembunyi dalam Cahaya Matahari

Observasi Twilight menemukan tiga asteroid dekat Bumi yang tersembunyi di balik cahaya Matahari. Satu di antaranya berpotensi mengancam Bumi!

Ilustrasi asteroid dekat Bumi yang tersembunyi dalam cahaya Matahari. Kredit: DOE/FNAL/DECam/CTIO/NOIRLab/NSF/AURA/J. da Silva/Spaceengine

Tiga asteroid ditemukan berada di dalam orbit Bumi dan Venus. Asteroid-asteroid di area ini  termasuk sulit diamati karena berada di area dalam di Tata Surya. Area dalam di sini mengacu pada area di antara Matahari dan Bumi.

Pada area ini, ada populasi asteroid yang tidak tampak karena berada dalam tersembunyi di balik cahaya Matahari. Populasi objek dekat Bumi pada area dalam Tata Surya ini juga sangat penting untuk diamati dan dilacak orbitnya, karena bisa saja ada yang berpotensi mengancam Bumi.

Sulit diamati tapi bukan berarti tidak mungkin untuk diamati.

Karena itu, para astronom yang dipimpin oleh Scott S. Sheppard dari Earth and Planets Laboratory of the Carnegie Institution for Science melakukan Observasi Twilight mencari waktu yang tepat untuk bisa mengamati populasi asteroid tersebut.

Waktu yang tepat adalah kala fajar dan senja. Lebih tepat lagi, pengamatan dilakukan 10 menit sebelum Matahari terbit dan 10 menit sesudah Matahari terbenam!

Jendela waktu pengamatan yang pendek itulah yang dimanfaatkan untuk berburu populasi asteroid di area dalam Tata Surya. Sampai saat ini setidaknya  sudah 25 objek dekat Bumi yang tersembunyi dalam cahaya Matahari di antara orbit Bumi dan Venus yang sudah ditemukan.

Tiga Asteroid Dekat Bumi

Hasil pengamatan terbaru Observasi Twilight berhasil menemukan tiga asteroid dekat Bumi yang berada di dalam orbit Bumi dan Venus. Pengamatan dilakukan dengan Kamera Energi Gelap (DECam) yang dipasang di teleskop 4 meter Victor M. Blanco di Cerro Tololo Inter-American Observatory di Chile.

Dari tiga asteroid dekat Bumi yang ditemukan, salah satunya cukup besar dan berpotensi mengancam Bumi. Asteroid tersebut adalah 2022 AP 7 yang berukuran 1,5 km uang diperkirakan suatu hari kelak orbitnya akan berada dalam jalur orbit Bumi. Ini adalah asteroid terbesar yang berpotensi mengancam Bumi yang ditemukan dalam delapan tahun terakhir. Dari hasil pengamatan program Observasi Twilight, Scott Sheppard dan tim sudah berhasil menemukan dua asteroid dekat Bumi berukuran sekitar 1 km. Asteroid ukuran ini juga dijuluki pembunuh planet karena bisa menjadi ancaman serius jika bertabrakan dengan Bumi.

Dua asteroid lainnya adalah 2021 LJ4 dan 2021 PH27 yang orbitnya cukup aman di dalam orbit Bumi. Tapi, meskipun aman, tidak berarti kedua asteroid ini tidak perlu dipantau. Asteroid 2021 PH27 merupakan asteroid terdekat dengan Matahari. Asteroid yang demikian kecil pada jarak yang sangat dekat dengan Matahari yang massanya luar biasa besar. Akibatnya, asteroid 2021 PH27 akan mengalami efek relativitas umum paling besar. Selain itu, karena perihelionnya sangat dekat dengan Matahari, permukaan 2021 PH27 bisa mencapai suhu yang cukup tinggi untuk melelehkan timah!