Beranda » Dua Planet Bumi Super di Bintang Katai Merah

Dua Planet Bumi Super di Bintang Katai Merah

Para astronom menemukan dua planet Bumi super beriklim sedang dan salah satu exoplanetnya berada di zona laik huni!

Ilustrasi planet yang mengitari bintang katai merah. Kredit: ESO/M. Kornmesser/N. Risinger

Kedua planet Bumi super ini ditemukan mengitari sebuah bintang yang masih bisa dikategorikan berada di lingkungan Matahari. Jarak bintang ini hanya 106 tahun cahaya!

Bintang LP 890-9. Bintang ini merupakan salah satu bintang yang diamati Willem Luyten dengan teleskop Palomar. Karena itu, nama bintang tersebut menggunakan inisial LP dari Luyten/Palomar. Bintang LP 890-9 merupakan bintang katai merah yang lebih kecil dan lebih dingin dari Matahari. Massanya hanya 10% massa Matahari dan ukurannya hanya 15% ukuran Matahari. Temperaturnya juga dingin hanya 2853 K, dan tentu saja cahaya yang dipancarkan juga jauh lebih redup dari Matahari.

Akibatnya…… bintang ini tidak mudah untuk diamati meski jaraknya cukup dekat.

Bintang LP 890-9 punya nama lain. TOI-4306 atau juga SPECULOOS-2. Nama pertama diperoleh karena LP 890-9 merupakan objek yang menjadi target pengamatan TESS atau Transiting Exoplanet Survey Satellite. Ini adalah teleskop antariksa yang secara khusus bertugas untuk melakukan pencarian planet-planet pada bintang lain dengan metode transit. Jadi yang dicari adalah peristiwa peredupan sesaat cahaya bintang secara berkala ketika ada objek lain yang melintas di depannya.

Planet di Bintang LP 890-9

Pada bulan Juli 2021, survei langit yang dilakukan TESS menangkap terjadinya transit berkala setiap 2,73 tahun pada bintang LP 890-9. Ada kandidat planet yang mengitari bintang LP 890-9. Butuh konfirmasi lewat pengamatan metode transit dengan teleskop berbeda atau justru pengamatan dengan metode lain. Tujuannya tentu saja untuk memastikan kalau peredupan cahaya bintang itu memang dari planet. ini karena peredupan berkala juga bisa terjadi pada pasangan bintang ganda gerhana.

Untuk mengonfirmasi kandidat planet yang diamati TESS, para astronom dalam program TESS Follow-up Observing Program (TFOP) melakukan pengamatan pada kandidat planet TOI-4306.01. Pengamatan lanjut ini dilakukan oleh beberapa tim dari berbagai negara. Pengamatan dari Jepang dilakukan dengan kamera MuSCAT3 yang dipasang pada Teleskop Faulkes Utara 2 meter di Observatorium Las Cumbres, Maui, dan dengan Instrumen Doppler Inframerah (IRD) yang dipasang pada Teleskop Subaru, Hawaii.  Selain itu, ada tim lain yang juga melakukan pengamatan lanjutan dengan teleskop SPECULOOS (Search for habitable Planets EClipsing ULtra-cOOl Stars) di Observatorium Paranal, Chile.

Hasilnya, tim astronom ini berhasil mengonfirmasi karakteristik peredupan tersebut memang berasal dari planet yang mengitari bintang LP 890-9. Exoplanet LP 890-9b.

Dari pengamatan SPECULOOS, ukuran planet LP 890-9b bisa diketahui. Rupanya, planet ini hanya sedikit lebih besar dari Bumi yakni 1,32 kali ukuran Bumi. Dari ukuran bisa kita ketahui kalau planet ini termasuk kategori Bumi-super dan terindikasi planet batuan. LP 890-9b ini mengitari bintang induknya setiap 2,73 hari… itu artinya satu tahun di sini hanya kurang dari 3 hari di Bumi. Implikasi lainnya, planet LP 890-9b berada sangat dekat dari bintang dengan jarak kurang dari 3 juta km!