Beranda » Elemen Berat di Atmosfer Exoplanet

Elemen Berat di Atmosfer Exoplanet

Para astronom menemukan elemen berat di atmosfer exoplanet. Barium. Inilah elemen terberat yang pernah ditemukan di exoplanet

Ilustrasi exoplanet Jupiter ultrapanas. Kredit: ESO/M. Kornmesser

Dalam astronomi, unsur berat itu unsur yang lebih berat dari hidrogen dan helium. Barium (Ba) yang adalah logam alkali tanah dengan nomor atom 56, jelas merupakan unsur berat. Menariknya, barium ternyata berhasil ditemukan di planet yang mengitari bintang lain.

Tak hanya satu planet, para astronom menemukan barium pada lapisan atas atmosfer dua exoplanet Jupiter ultrapanas! Tak cuma itu, kedua planet ini mengitari dua bintang berbeda. Exoplanet WASP-76 b dan WASP-121 b.

Unsur berat: Barium

Barium (Ba) merupakan logam alkali tanah yang lunak dan keperakan dengan nomor atom 56. Di Bumi, barium tidak ditemukan sebagai unsur bebas karena sangat reaktif. Karena itu, barium hanya bisa ditemukan ketika sudah bergabung dengan unsur lain.

Kita bisa menemukan barium di atmosfer dari hasil emisi industri saat penambangan, pemurnian, pembakaran fosil sebagai bahan bakar, dan naiknya tanah dan debu ke udara. Selain itu, abu batubara juga mengandung barium dengan jumlah yang beragam. Sebagian besar barium yang dilepaskan ke alam berasal dari industri dan tidak mudah tersebar luas. Sementara itu, di atmosfer, barium bisa ditemukan dalam bentuk partikulat atau partikel berukuran lebih kecil dari 2.5 mikron.

Dua Exoplanet Jupiter Ultrapanas

Exoplanet WASP-76 b dan WASP-121 b merupakan dua planet Jupiter ultrapanas yang mengitari bintang dari jarak yang sangat dekat.

WASP-76 b mengitari bintang WASP-76 di rasi Pisces. Massanya 0,92 massa Jupiter atau hampir setara Jupiter dan berukuran 1,83 kali ukuran Jupiter.  Sedangkan WASP-121 b merupakan planet yang mengorbit bintang WASP-121 di rasi Puppis yang jaraknya 850 tahun cahaya dari Bumi. Planet ini lebih masif 1,18 kali dari Jupiter dengan ukuran hampir dua kali Jupiter.

Planet WASP-76 b mengitari bintang induknya dari jarak 0,03 AU atau 4,9 juta km! Sementara itu, planet WASP-121 b mengorbit dari jarak 0,0254 atau 3,8 juta km. Lebih dekat lagi dibanding WASP-76 b. Implikasinya, berada pada jarak yang sangat dekat, kedua planet hanya butuh waktu 1-2 hari untuk mengelilingi bintang induk mereka.

WASP-76 b mengelilingi bintang dalam 1,8 hari sedang WASP-121 b hanya butuh 1,27 hari untuk menyelesaikan orbitnya. Bayangkan jika setahun hanya kurang dari dua hari.

Berada dekat bintang, kedua planet tidak hanya cepat menyelesaikan putaran orbitnya. Keduanya juga luar biasa panas. Suhu di planet WASP-76b berkisar 2400 ºC. Di planet ini besi netral bisa menguap dan uap besi itu bisa mengembun sampai 1400 ºC dan menghasilkan hujan besi. Planet WASp-121 b sedikit lebih panas dibanding WASP-76 b. Suhunya mencapai 2500 ºC dan besi netral ternyata ada di planet ini.