Beranda Ā» Gliese 832 c, Planet Venus Super di Tepi Dalam Zona Laik Huni

Gliese 832 c, Planet Venus Super di Tepi Dalam Zona Laik Huni

Seandainya ada sistem keplanetan di bintang lain, tentunya ia akan tampak seperti Tata Surya. Setidaknya itulah asumsi awal astronom ketika akan melakukan pencarian dunia lain.

Ilustrasi planet Gliese 832 c. Kredit:  EfraĆ­n Morales Rivera, Astronomical Society of the Caribbean, PHL @ UPR Arecibo
Ilustrasi planet Gliese 832 c. Kredit: EfraĆ­n Morales Rivera, Astronomical Society of the Caribbean, PHL @ UPR Arecibo

Kala itu hanya Tata Surya yang kita kenal memiliki planet. Tak pelak, para astronom akan berpikir bahwa inilah model ideal dari sebuah sistem keplanetan. Jadi jika ada yang lain maka tentu akan seperti Tata Surya susunannya. Ada planet batuan sebagai planet dalam dan planet gas raksasa sebagai planet terluar yang bergerak mengitari Matahari dalam orbit yang hampir lingkaran.

Sayangnya, penemuan ratusan exoplanet tidak sesuai dengan pemodelan ideal Tata Surya tersebut.Ā  Pengamatan selama hampir 20 tahun mengungkap sistem keplanetan yang bervariasi dan sangat berbeda dari dugaan para astronom. Ada planet Jupiter panas di dekat bintang induk maupun Bumi Super yang ternyata umum ditemukan di sistem keplanetan. Setidaknya, kehadiran Wahana Kepler merevolusi pemahaman tentang extrasolar planet. Sebagai tambahan, penemuan planet kecil yang berada dekat bintang juga lebih umum ditemukan dibanding planet gas raksasa dengan periode panjang.

Pada awalnya, pencarian exoplanet hanya dilakukan di bintang-bintang serupa Matahari. Dan bintang yang lebih masif dari Matahari diabaikan oleh deteksi kecepatan radial karena tingkat kesulitan untuk menentukan kecepatan radial yang presisi. Tapi saat ini, pencarian planet di bintang-bintang bermassa lebih besar juga dilakukan. Seperti apa dan bagaimana planet bisa tetap bertahan pada bintang yang sudah memasuki tahap evolusi lanjut sudah dapat diketahui lewat pengamatan. Tak hanya bintang bermassa besar, bintang massa kecil seperti bintang katai merah juga ternyata menjadi rumah bagi planet-planet batuan yang memiliki potensi planet laik huni. Artinya kehidupan bisa tumbuh pada bintang yang berbeda dari Matahari.

Salah satu bintang katai merah yang diketahui memiliki planet gas raksasa dengan periode panjang adalah Gliese 832. Planet Gliese 832 b ditemukan pada tahun 2009 lewat Anglo-Australian Planet Search (AAPS). Planet dengan massa 0,64 massa Jupiter tersebut diketahui memiliki orbit hampir lingkaran dan waktu yang ia perlukan untuk mengelilingi bintang induknya adalah 9,4 tahun. Planet pertama yang ditemukan di sistem Gliese 832 tersebut berada 3,4 au dari bintang induknya.

Ternyata planet Gliese 832 b memang bukan satu-satunya plant di sistem tersebut. Planet kedua berhasil ditemukan pada bintang yang jaraknya hanya 16 tahun cahaya dari Bumi tersebut. Planet kedua yang disebut Gliese 832 c tersebut diketahui berada pada jarak 0,16 au dari bintang induknya. Dari lokasi kedua planet di Gliese 832, para astronom menempatkan sistem ini sebagai miniatur Tata Surya, dimana planet batuan berada di area dalam dan planet gas di area luar sistem.

Perbandingan Gliese 832 c dan Bumi. kredit: PHL @ UPR Arecibo

Planet Gliese 832 c yang ditemukan oleh tim astronom pimpinan Robert Wittenmyer dari University of New South Wales, merupakan planet Bumi Super aka planet batuan yang ukurannya lebih besar dari Bumi dan diduga merupakan salah satu kandidat planet laik huni.