Beranda » Penemuan Keren dari Program Sains Warga

Penemuan Keren dari Program Sains Warga

Seorang ilmuwan warga, menemukan 34 sistem bintang katai ganda ultra dingin dari telaah data katalog NOIRLab lewat program sains warga.

Ke-34 sistem bintang katai ganda ini berada di lingkungan Matahari. Itu artinya, kita jadi tahu kalau sistem seperti ini ternyata dua kali lebih banyak dari sebelumnya!

Ilustrasi bintang ganda dengan anggota bintang katai coklat dan katai putih. Kredit: NOIRLab/NSF/AURA/M. Garlick

Berlokasi di Amerika Serikat, NOIRLab (National Optical-Infrared Astronomy Research Laboratory) memiliki katalog empat miliar objek di Alam Semesta. Kumpulan data ini diberi nama Katalog Sumber DR2 dan digunakan dalam program sains warga “Dunia Pekarangan: Planet 9”. Yang dicari adalah bintang katai coklat berpasangan.

Program “Dunia Pekarangan: Planet 9” melibatkan 100.000 ilmuwan warga yang melakukan investigasi data Katalog Sumber DR2. Para ilmuwan warga ini terdiri dari astronom amatir dan penyuka astronomi. Yang mereka lakukan adalah mempelajari foto yang sudah dipotret oleh teleskop untuk mencari pergerakan bintang katai coklat terhadap bintang latar belakang. Meskipun sudah ada superkomputer yang canggih, namun tetap belum bisa mengalahkan awasnya mata manusia saat mencari objek yang bergerak.

Yang dicari adalah bintang katai coklat yang berpasangan. Bintang katai coklat biasanya dijuluki bintang gagal karena objek ini gagal memicu pembakaran hidrogen di pusat. Akibatnya bintang ini jadi lebih dingin dari bintang pada umumnya. Dari karakteristik dalam hal ini massa dan ukuran, bintang katai coklat berada di perbatasan antara planet raksasa dan bintang yang paling kecil.

Salah satu ilmuwan warga yang terlibat dalam program ini adalah astronom amatir Frank Kiwy yang mencari katai coklat yang berpasangan. Hasil investigasi data DR2 yang ia lakukan menghasilkan penemuan 2.500 kandidat bintang katai ganda ultra dingin. Untuk memastikan, tentu dilakukan pengamatan lanjut. Hasilnya, ditemukan 34 sistem bintang katai ganda ultra dingin. Di antaranya ada katai coklat ultra dingin yang berpasangan dengan bintang katai putih.

Penemuan ini tak pelak merupakan kesuksesan besar untuk program sains warga. Tak cuma itu. Program bisa membantu astronom untuk memahami bintang katai coklat. Apakah katai coklat ini lebih dekat ke planet raksasa atau bintang yang sangat kecil. Selain itu juga para astronom bisa memahami evolusi sistem bintang dari waktu ke waktu.

Fakta Keren:

Apakah kamu tertarik untuk terlibat dengan sains warga? Portal Zooniverse memiliki banyak proyek menarik untuk dikerjakan, dan kamu berkesempatan untuk menemukan sesuatu di sana. Kunjungi: https://www.zooniverse.org/

Sumber: Artikel ini merupakan publikasi ulang yang dikembangkan dari Space Scoop Universe Awareness edisi Indonesia. Space Scoop edisi Indonesia diterjemahkan oleh langitselatan.