Beranda » Kala Galaksi Centaurus A Berpose!

Kala Galaksi Centaurus A Berpose!

Berada pada jarak lebih dari 12 juta tahun cahaya, Centaurus A atau Cen A adalah salah satu galaksi terdekat dari Bumi.

Galaksi Centaurus A yang jaraknya lebih dari 12 juta tahun cahaya. Sumber foto: CTIO/NOIRLab/DOE/NSF/AURA. Acknowledgments: PI: M. Soraisam (University of Illinois at Urbana-Champaign/NSF's NOIRLab). Proses citra: T.A. Rector (University of Alaska Anchorage/NSF’s NOIRLab), M. Zamani (NSF’s NOIRLab) & D. de Martin (NSF’s NOIRLab)
Galaksi Centaurus A yang jaraknya lebih dari 12 juta tahun cahaya. Sumber foto: CTIO/NOIRLab/DOE/NSF/AURA. Acknowledgments: PI: M. Soraisam (University of Illinois at Urbana-Champaign/NSF’s NOIRLab). Proses citra: T.A. Rector (University of Alaska Anchorage/NSF’s NOIRLab), M. Zamani (NSF’s NOIRLab) & D. de Martin (NSF’s NOIRLab)

Dari namanya, bisa kita ketahui kalau galaksi Centaurus A berada di arah rasi Centaurus. Salah satu rasi bintang yang khas di langit belahan selatan. Galaksi yang ditemukan pada tahun 1862 berukuran sangat besar yakni 48.500 tahun cahaya.

Tak hanya itu. Cen A merupakan galaksi kelima paling terang di langit sehingga bisa diamati dengan binokular dan teleskop. Karena itu, Cen A sering menjadi target pengamatan sekaligus objek untuk dipelajari di langit belahan selatan.

Kali ini, para astronom yang melakukan pengamatan dengan Kamera Energi Gelap pada teleskop Victor M. Blanco di Chili memotret galaksi tetangga kita itu. Dari foto itu, kita bisa menyaksikan indahnya bintang-bintang yang berkilau dan sulur gelap yang menyembunyikan pusat galaksi nan terang.

Debu di Cen A berasal dari tabrakan galaksi di masa lalu antara galaksi elips dan galaksi spiral. Jangan bayangkan tabrakan galaksi ini menyebabkan semua isi galaksi berhamburan. Yang terjadi, galaksi spiral yang lebih kecil bergabung dengan galaksi elips.

Tapi, Centaurus A bukan sekedar gas dan debu. Galaksi ini merupakan palung kelahiran bintang. Kita bisa melihat awan hidrogen merah yang terang dan bintang biru redup pada ujung jalur berdebu Centaurus A.

Kamera Energi Gelap 570 megapiksel tak pelak merupakan salah satu kamera terbaik di dunia. Atau sekitar 50 kali lebih bagus dibandingkan rerata kamera telepon selular!

Foto yang kita lihat pada lama ini merupakan potong 10 megapiksel dari keseluruhan foto.

Luar biasa kan?

Fakta keren:

Selain dari warna indah dan debu di sekelilingnya, di pusat Centaurus A berdiam lubang hitam supermasif yang massanya 55 juta massa Matahari.

Monster raksasa di pusat Cen A ini masih aktif menyemburkan materi dengan kecepatan sangat tinggi dan sangat terang.

Sumber: Artikel ini merupakan publikasi ulang yang dikembangkan dari Space Scoop Universe Awareness edisi Indonesia. Space Scoop edisi Indonesia diterjemahkan oleh langitselatan.