Beranda » Perjalanan Panjang nan Sepi Komet Antarbintang Borisov

Perjalanan Panjang nan Sepi Komet Antarbintang Borisov

Komet 2I/Borisov yang mengunjungi Tata Surya tahun 2019 tampaknya merupakan relik asli dan belum terkontaminasi apapun.

Ilustrasi permukaan komet 2I/Borisov. Kredit: ESO/M. Kormesser

Komet 2I/Borisov. Inilah tamu antarbintang yang mengunjungi Tata Surya pada bulan Agustus 2019. Sesuai namanya, komet ini pertama kali ditemukan oleh astronom amatir asal Ukraina, Gennady Borisov dengan teleskop 65 cm buatan sendiri.

Komet si Bola Es dari jauh

Komet termasuk objek yang mudah dikenali karena objek ini memiliki ekor yang kadang cukup panjang. Nah, komet sebenarnya merupakan bola es, debu dan gas beku. Bola es ini sebenarnya tidak memiliki ekor. Justru ketika sedang membeku, ukurannya cukup besar bisa seukuran kota kecil.

Tapi, komet ini tidak diam. Ia bergerak. Di tata Surya, komet biasanya berada jauh di area luar atau tepi Tata Surya. Ketika komet mendekati Matahari, maka bola beku ini mengalami pemanasan sehingga gas yang tadinya beku pun menyublim dan terbentuklah ekor yang panjang. Ekor komet ini bisa merentang sampai jutaan kilometer.

Hal yang sama terjadi dengan komet 2I/Borisov. Pendatang dari ruang antarbintang ini juga merupakan bola beku kecil berukuran 0,98 km. Tapi, ekor yang terbentuk sangat panjang yakni 160.000 km!

Komet juga terbentuk dari materi pada piringan gas dan debu yang mengelilingi bintang muda. Tapi, komet ini juga berada pada area yang sangat jauh dari Matahari dan masih sama seperti saat terbentuk. Itu artinya, komet masih membawa materi kuno yang membentuk planet termasuk jejak pembentukan air. Tentu saja ini menjadi catatan sejarah untuk menelusuri masa lalu sistem Tata Surya, ataupun sistem di mana komet itu terbentuk.

Ketika komet yang mendekati Matahari berasal dari ruang antarbintang, maka bisa dibilang kalau komet tersebut merupakan duta besar dari sistem bintang yang berbeda. Komet tersebut membawa harta karun materi pembentuknya dari sistem berbeda. Dan para astronom jadi punya kesempatan untuk mempelajarinya.

Dari pengamatan, Borisov memiliki konsentrasi karbon monoksida yang tinggi dengan lapisan terluar yang tebal untuk mengisolasi gas beku seperti hidrogen sianida dan air. Diduga, komet antarbintang Borisov berasal dari sistem dengan bintang katai merah sebagai bintang induk.

Tapi, ada yang menarik.

Analisis data pengamatan teleskop radio ALMA (Atacama Large Millimeter/submillimeter Array) dan VLT (Very Large Telescope) yang dilakukan Bin Yang dari ESO, memperlihatkan bahwa koma atau selubung debu pada inti 2I/Borisov disusun oleh butiran kerikil padat berukuran satu milimeter. Selain itu, ditemukan juga perubahan drastis jumlah karbon monoksida dan air saat komet mendekati Matahari.

Perubahan tersebut mengindikasikan 2I/Borisov disusun oleh berbagai materi yang terbentuk di lokasi berbeda-beda di dalam sistem bintang dimana komet ini terbentuk.  Selain itu, sistem bintang tersebut diduga memiliki materi yang bercampur mulai dari area dekat bintang sampai ke area terjauh. Diduga, gravitasi planet-planet raksasa di sistem itulah yang mengaduk materi di dalam sistem.