Apa itu Objek Transien?

Saya sering dengar tentang objek transien. Saya mau nanya, apa itu objek transien? Apa pentingnya mengamati atau mempelajari objek transien?

(Anonim)

Ilustrasi semburan sinar gamma. Kredit: ESO/L. Calçada
Ilustrasi semburan sinar gamma. Kredit: ESO/L. Calçada

Objek-objek transien adalah benda langit yang tidak tetap cahayanya, muncul dengan tiba-tiba dan berangsur-angsur menghilang kembali. Definisi ini mencakup objek-objek seperti nova, supernova, semburan sinar gamma (GRB), dan suar AGN atau suar yang dilepaskan oleh inti galaksi aktif.

Terkadang objek-objek transien ini dikelompokkan bersama dengan objek-objek variabel, seperti bintang variabel. Objek transien dan variabel adalah fokus utama astronomi ranah waktu. Kebanyakan dari objek transien ini masih belum dimengerti dengan baik, dan dengan bantuan survei medan luas telah ditemukan berbagai macam jenis transien baru yang sebelumnya tidak pernah diamati.

Nova dan supernova sudah dikenal kurang lebih sejak seabad yang lalu, namun hanya dalam beberapa tahun terakhir ini ditemukan objek-objek seperti misalnya supernova mahaterang, peristiwa cabikan gaya pasang-surut (tidal disruption event/TDE), semburan radio cepat (fast radio burst/FRB), dan kilonova.

Kebanyakan dari objek-objek ini menampakkan pola serupa, yakni semburan radiasi secara tiba-tiba yang kemudian berangsur-angsur padam, namun terjadi pada beragam jangka waktu, kecerlangan, dan ranah radiasi elektromagnetik.

Berbagai kategori objek transien. Kredit: A. Rau, S.R. Kulkarni, N.M. Law, J.S. Bloom, D. Ciardi, G.S. Djorgovski, et al., 2009, Exploring the optical transient sky with the Palomar Transient Factory, Publikasi Astronomical Society of the Pacific 121:1334.
Berbagai kategori objek transien. Kredit: A. Rau, S.R. Kulkarni, N.M. Law, J.S. Bloom, D. Ciardi, G.S. Djorgovski, et al., 2009, Exploring the optical transient sky with the Palomar Transient Factory, Publikasi Astronomical Society of the Pacific 121:1334.

Sebuah contoh, GRB di masa perang dingin pada awalnya terdeteksi oleh satelit militer AS untuk menangkap radiasi sinar gamma, yang diduga bersumber dari percobaan nuklir Uni Soviet. Selang beberapa tahun kemudian, mulai disadari bahwa radiasi tersebut berasal bukan dari Bumi, melainkan langit. Dengan demikian GRB adalah semburan yang berasal dari sebuah objek astrofisika. Sekarang setelah banyak diteliti, tampaknya GRB berasal dari ledakan bintang masif. Terkadang, GRB juga tampak didampingi oleh cahaya supernova setelah radiasi sinar gammanya meredup.

Objek-objek transien dan variabel umumnya diamati secara tidak sengaja, karena tidak diketahui kapan dan di mana mereka akan muncul. Dewasa ini astronom menggunakan kamera-kamera medan luas untuk melakukan survei seluruh bagian langit. Survei – survei seperti ini telah menggenjot laju penemuan objek transien baru, yang telah melewati angka beberapa buah objek per malam. Di antaranya adalah survei yang sedang dilakukan oleh Zwicky Transient Facility (ZTF) atau survei yang akan dimulai oleh Large Synoptic Survey Telscope (LSST). Dengan makin banyaknya objek yang ditemukan dan dipelajari, astronomi ranah waktu memberikan tantangan baru kepada astronom, baik dalam pengamatan maupun pengembangan model teoretik.

[divider_line]

Punya pertanyaan tentang astronomi? Silahkan Tanya LS!

Ditulis oleh

Hanindyo Kuncarayakti

Hanindyo Kuncarayakti

Astronom nomaden yang hidup berpindah-pindah dari Indonesia ke Jepang, Chile, dan sekarang Finlandia. Pekerjaan sehari-harinya melakukan studi forensik tentang peristiwa meninggalnya bintang, dan memelihara kebun jamur.