Bintang yang Tumbuh Pesat

Pernahkah kamu mengalami pertumbuhan badan yang sangat pesat? Mungkin kamu jadi harus sering ke toko untuk membeli sepatu atau celana karena sepatu lamamu sudah terasa sempit atau celanamu sudah cingkrang?  Pada usia remaja, anak-anak tumbuh pesat hingga setinggi orang dewasa. Rupanya bayi-bayi bintang juga mengalami hal yang sama!

Sebuah bintang muda dan masif telah diamati pada tahun 2008, lalu diamati lagi pada tahun 2015 dan 2016. Dengan membandingkan foto-foto lama dengan yang lebih baru, para astronom mengetahui bahwa bintang itu telah mengalami percepatan pertumbuhan selama beberapa tahun belakangan.

Seperti bintang-bintang belia lainnya, bintang yang satu ini terbungkus dalam selubung gas dan debu sehingga tidak bisa dilihat secara langsung. Namun demikian, para ilmuwan mengamati selubung tersebut dan terkejut saat mengetahui selubung itu telah menjadi lebih terang empat kali lipat. Artinya, bintang di dalamnya pastilah telah menjadi 100 kali lebih terang daripada sebelumnya sampai-sampai selubungnya pun menjadi bertambah terang.

Bagaimana pertumbuhan ekstrem seperti itu bisa terjadi dalam waktu yang singkat?

Foto astronomis yang indah ini memperlihatkan suatu daerah tempat bayi-bayi bintang dibentuk dan bintang-bintang muda panas membara yang terangnya menyebabkan gas-gas di sekelilingnya berpendar merah. Area ini dinamai Nebula Tapak Kucing karena tampak seperti jejak kucing. Kredit: ESO.
Foto astronomis yang indah ini memperlihatkan suatu daerah tempat bayi-bayi bintang dibentuk dan bintang-bintang muda panas membara yang terangnya menyebabkan gas-gas di sekelilingnya berpendar merah. Area ini dinamai Nebula Tapak Kucing karena tampak seperti jejak kucing. Kredit: ESO.

Para ilmuwan menduga segumpal besar awan gas pastilah telah jatuh ke bayi bintang, seperti air yang jatuh ke dalam lubang wastafel. Gas ini membentuk piringan yang mengitari si bintang. Ketika materi yang terkumpul di piringan telah cukup, piringan itu terhempas ke permukaan bintang bagaikan longsor.

Siapa tahu bintang itu akan mengalami lagi percepatan pertumbuhan beberapa tahun yang akan datang. Untunglah bintang tidak perlu mengenakan sepatu atau celana!

Fakta Menarik

Bintang ini merupakan salah satu bintang yang berada di Cat’s Paw Nebula (Nebula Tapak Kucing). Dalam foto-foto astronomis, area pembentukan bintang ini tampak seperti jejak kucing – dan dari situlah nama yang lucu ini berasal.

[divider_line]
Sumber: Artikel ini merupakan publikasi ulang dari Space Scoop Universe Awareness edisi Indonesia. Space Scoop edisi Indonesia diterjemahkan oleh langitselatan.

Ditulis oleh

Ratna Satyaningsih

menyelesaikan pendidikan sarjana dan magister astronomi di Departemen Astronomi Institut Teknologi Bandung. Ia bergabung dengan sub Kelompok Keahlian Tata Surya dan menekuni bidang extrasolar planet khususnya mengenai habitable zone (zona layak-huni). Ia juga menaruh minat pada observasi transiting extrasolar planet.

Tulis komentar dan diskusi...