Catatan Workshop Menulis Bersama langitselatan

Workshop Menulis Esai Sains bersama langitselatan akhirnya terselenggara pada tanggal 25 November 2017 di Hotel Kytos, Bandung.

Dalam Workshop Menulis Esai Sains, perserta bersama-sama belajar menulis sains dalam bahasa yang bisa dipahami masyarakat. Bagaimana membahasakan sains yang teknis dan rumit dalam bahasa sehari-hari. Kelas Workshop kali ini seharusnya diikuti oleh 8 peserta, namun 3 diantaranya berhalangan hadir. Meskipun demikian, workshop tetap dilaksanakan. Dan kali ini dari 5 peserta yang hadir, kami kedatangan dua peserta yang berprofesi sebagai guru, satu ahli mikrobiologi, seorang astronom yang sekarang berprofesi sebagai penerjemah dan penyusnting, serta seorang orang mahasiswa astronomi yang mewakili HIMASTRON.

Workshop dimulai agak terlambat karena tiga peserta yang datang dari Bogor dan Jakarta mengalami kendala di perjalanan. Sesi pertama diisi oleh Avivah Yamani dari langitselatan yang menceritakan pentingnya komunikasi sains bagi publik serta media yang bisa digunakan. Dalam sesi ini peserta juga ikut mencari tahu apa yang jadi kendala dalam melakukan komunikasi sains. Sesi berikutnya diisi oleh M. Zaid Wahyudi dari Kompas yang mengajarkan teknik menulis esai sains dalam bahasa yang populer untuk bisa dipahami masyarakat.  Kalau pada workshop pertama kebutuhannya adalah menulis sains untuk publik, maka kali ini ada sedikit tambahan karena para guru juga ingin mengetahui bagaimana menulis sains yang populer untuk siswa. 

Sesi terakhir diisi dengan latihan menulis yang dilakukan oleh para peserta dan kemudian dipresentasikan di depan seluruh peserta lainnya. Akhirnya, seluruh rangkaian Workshop Menulis Sains Populer bersama langitselatan berakhir pada pukul 18:30 WIB.

Sampai bertemu di Workshop selanjutnya…

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.