Workshop Astronomi dalam Science Fair Darul Hikam 2010

Tanggal 18 Desember 2010, Sekolah Darul Hikam mengadakan sains fair untuk siswa SD, SMP dan juga SMA. Berbagai acara dilangsungkan termasuk perlombaan kreativitas dalam penerapan sains yang diikuti oleh para siswa.

Selain berbagai lomba dan juga workshop dari berbagai mata pelajaran SMP Darul Hikam juga mengundang langitselatan untuk mengisi workshop astronomi bagi para siswa. Workshop yang dimulai dengan pengamatan Matahari ini menarik perhatian para siswa yang ingin tahu seperti apa wajah Matahari jika dilihat dari balik teleskop. Tak hanya siswa, para guru dan bahkan satpam pun tertarik untuk mengetahui rupa sang Surya.

Setelah melihat wajah sang Surya, para siswa juga diperkenalkan dengan Matahari dari dekat dalam workshop di kelas dan dilanjutkan dengan workshop pembuatan peta bintang sederhana yang bisa digunakan sebagai panduan untuk mengamati langit malam. Dan pada akhirnya para siswa tak hanya membuat peta bintang namun diajak mengenalĀ  pergerakan benda-benda di langit lewat perangkat lunak stellarium.

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Tulis komentar dan diskusi...