Cerita dari Workshop Menulis Populer Bersama langitselatan

Workshop Menulis Sains Populer bersama langitselatan akhirnya terselenggara pada tanggal 8 April 2017 di Hotel Kytos, Bandung.

Dalam Workshop Menulis Sains Populer, perserta bersama-sama belajar menulis sains dalam bahasa yang bisa dipahami masyarakat. Bagaimana membahasakan sains yang teknis dan rumit dalam bahasa sehari-hari. Kelas Workshop Menulis Sains Populer ini diikuti oleh 11 peserta dari tingkat pendidikan dan profesi yang berbeda-beda. Para peserta Workshop terdiri dari siswi SMP Mutiara Bunda yang menyukai mikrobiologi, mahasiswa Matematika ITB dari anakbertanya.com, mahasiswa astronomi dari HIMASTRON ITB, mahasiswa pascasarjana Astronomi ITB, Peneliti Atmosfer dari LAPAN, dan Peneliti Anggrek dari LIPI.

Workshop dimulai pukul 09:15 WIB, agak terlambat dari yang dijadwalkan. Sesi pertama diisi oleh Avivah Yamani dari langitselatan yang menceritakan pentingnya komunikasi sains bagi publik. Sesi berikutnya diisi oleh M. Zaid Wahyudi dari Kompas yang mengajarkan teknik menulis berita dan artikel sains dalam bahasa yang populer untuk bisa dipahami masyarakat.

Sesi terakhir diisi dengan latihan menulis yang dilakukan oleh para peserta dan kemudian dipresentasikan di depan seluruh peserta lainnya. Akhirnya, seluruh rangkaian Workshop Menulis Sains Populer bersama langitselatan berakhir pada pukul 17:45 WIB.

Sampai bertemu di Workshop selanjutnya…

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.