Sekali Lagi, Mars Tak Akan Tampak Sebesar Bulan!

Sepertinya, isu yang satu ini masih saja populer.  Tadinya saya pikir isu yang usianya 13 tahun ini tidak akan muncul lagi. Tapi rupanya saya salah. Hari ini, langitselatan menerima pertanyaan seputar isu jadul yang terus disebar ini dan tampaknya kata kunci pencarian terbanyak juga dari isu ini. Dan kami putuskan menulis lagi tentang ini dengan harapan, para pembaca bisa menelaah dahulu isu yang diterima sebelum disebar.

Mars. Pertunjukan utama di bulan Mei 2016.
Mars. Pertunjukan utama di bulan Mei 2016. Kredit: Star Walk

Judulnya: Fenomena Bulan Kembar 29 Agustus 2016

Isi sebaran yang berhasil kami peroleh adalah sbb:

29 Agustus 2016 (nanti malam) akan ada dua rembulan. Seluruh dunia sedang menunggu kejadian ini. Pada malam itu, Planet MARS akan sangat cerah seperti rembulan dan semua orang bisa melihatnya dengan mata telanjang.

Mars akan berjarak 34,65 M Mil jauhnya dari bumi. Untuk itu jangan lupa melihat fenomena alam ini pada 28/8-2016 (senin) jam 24.30 malam atau jam 00:30. (Nanti malam) Karena Anda akan melihat dua bulan di langit.

Peristiwa ini hanya akan terjadi lagi pada tahun 2287.

Silahkan berbagi pesan ini. Karena orang2 yang hidup sekarang tidak akan pernah mempunyai kesempatan lagi utk melihat kejadian ini..

Ada yang masih ingat pesan ini? Yup! Ini pesan yang sama yang beredar sejak tahun 2003. Redaksi kalimat sedikit diubah, disesuaikan dengan tahun peredaran. Idenya sama dari tahun ke tahun. Mars akan tampak sebesar Bulan Purnama, dan kita di Bumi akan melihat Bulan kembar aka dua buah Bulan di langit malam.

Jelas sekali kalau berita ini hanya isu belaka alias HOAX!

Sampai kapanpun Mars tidak akan tampak sebesar Bulan di langit malam.

Saat Bulan dan Mars berada berdekatan di langit, kita hanya akan melihat Mars seperti titik merah terang di langit. Bandingkan dengan Bulan Purnama. Penampakan Mars di langit hanya 1/140 diameter Bulan. Jadi kalau mau Mars sebesar Bulan, harus ada setidaknya 140 Mars yang membentuk satu obyek.

Nah, isu tahunan Mars akan sebesar Bumi ini dimulai tahun 2003, tepatnya tanggal 27 Agustus 2003, 13 Tahun yang lalu!

Kala itu, Mars berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi yakni 55.758.006 km, dan oposisi terjadi tgl 28 Agustus. Saat itu Mars memang berada pada posisi terdekatnya dengan Bumi dan diameter sudut Mars saat itu hanya 25 detik busur. Bandingkan dengan Bulan yang diameter sudutnya 31 menit busur ( 1 menit busur = 60 detik busur). Jarak Bumi – Bulan 384 403 km. Pada kondisi jarak terdekatnya saja, Mars berada 144 kali lebih jauh dari Bulan dan tidak akan pernah terlihat sebesar Bulan, apalagi jika ia makin menjauh dari Bumi.

Mars yang diameternya 6,779 km atau dua kali diameter Bulan (3,475 km) hanya bisa tampak sebesar Bulan dari Bumi dengan mata tanpa alat jika planet merah ini hijrah jadi tetangga Bumi dengan jarak sekitar dua kali jarak Bumi – Bulan.

Saya sih tidak ingin melihat Mars sebesar Bulan. Kalau Mars sampai sebesar Bulan, maka kita di Bumi perlu khawatir. Hal ini dikarenakan, obyek yang cukup besar itu tentunya mengalami gangguan sehingga bergerak mendekati Bumi dan berpapasan sangat dekat dengan Bumi. Akibat dari papasan dekat itu tentu ada efek gangguan yang bisa mengganggu kedua planet.

Pada kenyataannya, cerita Mars hijrah itu cuma mimpi dan angan-angan para pencari sensasi. Jarak minimum Mars dengan Bumi yang bisa dicapai Mars adalah 54,6 juta km. Bahkan di tahun 2003 pun jarak terdekatnya hanya 55,7 juta km masih lebih jauh dari jarak minimum. Dan pada saat berada di jarak terdekatnya Mars hanya tampak seperti titik merah di langit malam. Jauh lebih kecil dari Bulan.

Mars di Tahun 2016

Mars di tahun 2016. Kredit: Mikhail Chubarets dari Ukraina
Mars di tahun 2016. Kredit: Mikhail Chubarets dari Ukraina

Di tahun 2016, Mars beroposisi atau berada bersebrangan dengan Matahari pada tanggal 22 Mei. Saat oposisi, Mars akan terbit bersama dengan terbenamnya Matahari, dan terbenam saat Matahari terbit. Orbit Mars yang elips membuat jarak saat terjadi oposisi bukan merupakan jarak terdekat Mars dari Bumi. Mars akan berpapasan dekat dengan Bumi pada jarak 75.3 juta km pada tanggal 30 Mei 2016 saat Mars sedang menuju perihelion sedangkan Bumi menuju aphelion.

Jadi, kesempatan Mars berdekatan dengan Bumi di bulan Agustus 2016 cuma bayang-bayang semu.

Pada tanggal 29 Agustus 2016, Mars terbit pukul 11:47 WIB dan terbenam tengah malam pukul 00:12 WIB. Sedangkan Bulan, sedang berada pada fase perbani akhir atau fase sabit menuju fase Bulan baru yang akan terjadi pada tanggal 1 September 2016. Bulan baru terbit pukul 03:10 WIB dan terbenam pukul 15:10 WIB.

Jadi, untuk rekan-rekan yang mengharapkan Mars tampak sebesar Bulan pada tanggal 29 Agustus 2016 pukul 00.30… mungkin lebih baik teruskan tidur dan mimpinya. Karena pada waktu tersebut, tidak ada Mars ataupun Bulan di langit malam!  Mars sudah terbenam, dan Bulan belum terbit.  Jadi apa yang mau dilihat.

Mars sudah terbenam ketika Bulan terbit. Dan Bulan tak pernah ada di langit sampai Mars terbenam. Keduanya tak pernah bertemu sepanjang malam.

Setelah membaca ini, tahun depan, tahun depannya lagi, dan seterusnya jangan sebar isu bulan kembar lagi ya?  Karena hal itu tidak mungkin, dan kalau kamu masih terima isu yang sama, kalian tau kan kenapa itu tidak benar.

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Tulis komentar dan diskusi...