Wajah Gerhana Matahari dari Berbagai Kota di Indonesia

Seperti kita ketahui bersama, tanggal 9 Maret 2016, wilayah Indonesia akan sangat beruntung krena akan dilewati oleh lintasan Gerhana Matahari Total. Dari seluruh wilayah Indonesia, ada 12 Propinsi yang cukup beruntung karena akan berada dalam jalur Totalitas GMT2016.

Peta lintasan GMT 2016 di Indonesia. kredit: langitselatan

Ke-12 propinsi yang dilintasi jalur totalitas seperti pada peta  adalah:

  1. Sumatera Barat
  2. Bengkulu
  3. Jambi
  4. Sumatera Selatan
  5. Bangka Belitung
  6. Kalimantan Barat
  7. Kalimantan Tengah
  8. Kalimantan Selatan
  9. Kalimantan Timur
  10. Sulawesi Barat
  11. Sulawesi Tengah
  12. Maluku Utara

Meskipun tidak seluruh Indonesia berada dalam jalur totalitas gerhana, seluruh Indonesia akan dapat menikmati Gerhana Matahari. Wilayah yang tidak dilintasi jalur totalitas Gerhana Matahari akan dapat menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian.

Untuk bisa mengetahui waktu Gerhana di berbagai kota, silahkan lihat dan arahkan kursor ke lokasi tempat tinggal anda. Waktu Gerhana akan ditampilkan dari saat Bulan memasuki piringan Matahari sampai Bulan meninggalkan piringan Matahari.

Dan untuk mengetahui seperti apa penampakan Matahari di berbagai kota di Indonesia saat Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 berlangsung nanti, kami lampirkan hasil simulasi dari berbagai kota besar di seluruh Indonesia.

Pulau Sumatera

Jawa

Kalimantan

Bali & Nusa Tenggara

Sulawesi

Maluku & Papua

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Tulis komentar dan diskusi...