Untuk Jadi Astronom, Harus Kuliah di Mana?

Kak, saya mau tanya nih. Misalnya saya ingin menjadi astronom profesional, ketika kuliah saya harus mengambil fakultas/jurusan apa? Dan universitas apa yang bagus untuk astronominya? Terima kasih. ( Nameless – Tangerang)

Pada umumnya jalur pendidikan menuju astronomi profesional tidak hanya terpaku pada pendidikan tinggi astronomi, walaupun hal ini dapat membantu.

Untuk menjadi astronom profesional seseorang dapat berasal dari empat jalur pendidikan berikut ini:

1. Astronomi
  2. Fisika
  3. Matematika
  4. Teknik penerbangan antariksa (aerospace engineering)
ilustrasi tentang belajar astronomi. Sumber: Top Universities

Bukan tidak mungkin seseorang dengan latar belakang geologi, meteorologi, dan ilmu-ilmu kebumian lainnya juga bisa menjadi astronom profesional.

Hal ini dikarenakan pendidikan strata satu (S1) pada prinsipnya hanya bertujuan untuk memberikan dasar-dasar pola pikir analitik saja, dengan sedikit muatan spesialisasi. Jalur menuju astronomi profesional baru dipertajam ketika seseorang mengambil S2 dan S3. Kedekatan tema penelitian yang diambil seseorang dengan astronomilah yang menentukan.

Jadi, jurusan apa yang dapat diambil pada saat kuliah S1? Tentu saja Program Studi Astronomi yang di Indonesia hanya  saat ini diselenggarakan oleh Institut Teknologi Bandung,  Pilihan lainnya adalah Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan yang diselenggarakan di Institut Teknologi Sumatera. Meskipun demikian, ini bukanlah satu-satunya alternatif. Seseorang dari Jurusan Matematika atau Fisika masih bisa menjadi astronom profesional asalkan mampu menunjukkan kemampuan berpikir analitik dan memiliki pengetahuan dasar astronomi. Untuk yang berasal dari jurusan-jurusan non-Astronomi, dapat mulai mempelajari beberapa tema astronomi di bawah ini:

1. Struktur dan evolusi bintang.
  2. Kosmologi dan relativitas umum.
  3. Astrofisika energi tinggi
  4. Teori orbit dan dinamika N-benda

Bacaan yang dapat membantu seseorang mempelajari dasar-dasar astronomi antara lain Frank L. Shu, The Physical Universe, dan Carroll & Ostlie, Introduction to Modern Astrophysics.

Perjalanan menuju astronomi profesional tidak berakhir ketika seseorang menamatkan S1.

Punya pertanyaan tentang astronomi? Silahkan Tanya LS !

Ditulis oleh

Pengembara Angkasa

Pengelana yang telah banyak menjelajahi angkasa raya dan ingin membagi kisahnya dengan banyak orang. Senang pula mengamen, nebeng kapal orang, dan menumpang tidur di rumah singgah antar bintang.