Mengangkasa Di LKIG Dengan Roket Air

Tanggal 2-5 Oktober 2011, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI menyelenggarakan final Lomba Kreativitas Ilmiah Guru (LKIG) Ke-19.

Acara yang diadakan di Kantor Pusat LIPI, tersebut diikuti oleh para guru dari berbagai tingkatan penidikan mulai dari pendidikan dasar, menengah pertama dan menengah atas. Lomba kreativitas yang diadakan untuk guru sekolah dasar terbuka untuk sleuruh mata pelajaran dengan sang guru memilih satu bidang. Sedangkan untuk guru SMP dan SMA, yang dilombakan meliputi Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan(IPSK) dan Bidang Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Teknologi (MIPATEK).

LKIG yang diadakan oleh LIPI tersebut bertujuan untuk memberikan inspirasi sekaligus meningkatkan daya kreativitas guru dalam upaya pengembangan proses pembelajaran guna mempermudah pemahaman ilmu pengetahuan bagi para peserta didik. Dan dari seluruh karya peserta yang masuk, dipilihlah 5 finalis dari masing-masing tingkat pendidikan dan khusus untuk SMP dan SMA dipilih 5 finalis dari masing-masing bidang.

Seluruh pemenang LKIG. Kredit : Anton William
Aldino saat menerima piala dan penghargaan. Kredit : Anton William

Di antara seluruh finalis, satu di antaranya adalah Aldino Adry Baskoro dari langitselatan yang mewakili Sekolah Alam Bandung menampilkan karya Roket Air yang sudah ia kembangkan selama ini semenjak tahun 2008. Hasilnya, karya tersebut tidak hanya bisa kami bagikan lewat situs ini, tapi Dino juga bisa meroket dalam LKIG dan meraih juara pertama. Diharapkan roket air yang dikembangkan ini dapat terus disebarkan dan digunakan bagi siswa tidak saja untuk mengembangkan daya kreatifitas melainkan juga sebagai perkenalan awal pada dunia antariksa. Di balik kebahagiaan itu, beberapa waktu lalu kami juga baru mengetahui kalau ebook yang kami sebarkan foto-fotonya dikopi begitu saja untuk ditampilkan dalam buku milik Ristek tanpa memberikan kredit pada sang pemilik foto.

Selamat kami ucapkan untuk rekan Aldino Adry Baskoro.

Catatan :
Untuk melihat daftar pemenang LKIG tersebut dapat dilihat di situs LIPI

Untuk mengunduh materi roket air tersebut bisa dilihat di laman :

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

2 thoughts on “Mengangkasa Di LKIG Dengan Roket Air

  1. Terima kasih saya ucapkan buat semua…
    Peluncur roket air yang dibuat berdasarkan cinta dan berdasarkan bahan-bahan yang ada di Indonesia ini telah mendapatkan penghargaan dan pengakuan secara nasional…Terima kasih buat sahabat-sahabat yang pernah membeli, mendownload, dan membuat ulang peluncur roket ini baik untuk keperluan rekreasi, tugas sekolah, tugas kuliah, maupun digunakan dalam pembelajaran….Semua bentuk kontribusi saya secara pribadi sangat mengapresiasi…dan yang terpenting…penelitian saya ini belum berakhir…Roket masih banyak yang belum dikembangkan sebagai sarana pembelajaran yang mengasyikkan…Tentunya dengan tetap berpegang pada produk yang mudah didapat di Indonesia dan tetap berkomitmen pada sharing ilmu ini kepada masyarakat Indonesia…
    Salam hangat selalu…

  2. maju terus pemuda-pemuda kereatif,, asah terus keterampilan dan bakat kita demi generasi yang berkualitas, memunculkanrasa cinta terhadap bangsa yang terbelakang ini

Tulis komentar dan diskusi...