Galaksi Yang Mirip Bima Sakti

Sudah banyak foto galaksi yang indah di alam semesta yang dipotret, tapi sampai saat ini belum ada satu foto yang berasal dari galaksi tempat tinggal manusia, Galaksi Bima Sakti.  Hal ini dikarenakan, belum ada manusia ataupun wahana ruang angkasa buatan manusia yang menjelajah meninggalkan galaksi Bima Sakti supaya bisa berkeliling dan memotret “rumah manusia” tersebut. Karena kalau kita ingin memotret rumah tempat tinggal kita, tentunya kita harus keluar dari rumah dan kemudian memotretnya dari halaman sehingga tampak seluruhnya.  Sayangnya ini belum bisa dilakukan oleh manusia untuk memotret galaksi Bima Sakti.

Galaksi spiral yang memberi gambaran wajah Bima Sakti. Kredit :ESO

Tapi, para astronom punya ide bagus untuk menggambarkan seperti apa Bima sakti itu: ia adalah galaksi berbentuk spiral dengan area di tengah yang tampak ditarik keluar. Tapi, di malam hari manusia hanya bisa melihat garis tipis yang membelah langit malam dan bukannya bentuk spiral. Kenapa begitu? Ini tentunya karena kita tinggal di dalamnya dan kita melihat dari samping. (Bayangkan kamu memegang sebuah piring dan melihatnya dari samping, nah yang tampak tentunya hanya garis piring itu dan bukan bentuk piring yang lingkaran itu bukan?)

Tapi jika kamu ingin tahu bagaimana makhluk asing atau yang sering kita sebut alien melihat Bima Sakti, para astronom punya gambaran yang bagus tentang itu. Galaksi spiral yang tampak pada foto di atas memiliki kemiripan dengan pemikiran astronom tentang bagaimana wajah Bima Sakti – bisa dibilang galaksi yang ada di foto merupakan “pasangan galaksi Bima Sakti” !

Fakta Menarik : Jarak terjauh yang pernah dicapai oleh wahana ruang angkasa saat menjelajah adalah area tepi Tata Surya. Wahana bernama Voyager 1 tersebut sudah menjelajah jauh dari Bumi selama 34 tahun!.

Sumber : Space Scoop Universe Awareness

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

11 thoughts on “Galaksi Yang Mirip Bima Sakti

  1. terjawab sudah apa yg bikin saya penasaran dari dulu…ternyata foto/gambar Bima Sakti yg ada di buku2 fisika SMA dulu ternyata hanya ilustrasi saja ( foto galaxy lain yg mirip Bima Sakti )…makanya saya sangat heran gimana caranya bisa dpt foto Bima Sakti sedangkan kita ada di dalamnya…OK trims mabak Ivi atas penjelasannya…bisa dimengerti

  2. kenapa astronom bisa menyimpulkan galaksi yg kita tempati itu bimasakti ya dan bentuknya juga seperti pusaran air, bukankah belum ada yang berjelajah keluar dari bimasakti sendiri untuk memotretnya?

    1. kita ada di dalam galaksi. memang ga bisa keluar tp hasil pengamatan yang dirangkai bisa membuat kita memahami kira2 bagaimana karakteristik galaksi kita. dari sana kita bisa bandingkan juga dengan model galaksi lain yang ada dan bisa menyimpulkan seperti apa model galaksi kita.

      seperti kita di dalam rumah besar tp ga bisa keluar. kita bisa membuat sketsa rumah dengan meraba2 temboknya dan memperkirakan bentuknya.

  3. Menarik sekali, cm mau nanya ke admin,gmn cara dapetin telescope amatir, dan brp kisaran harganya,,tq sblmnya

Tulis komentar dan diskusi...