Superstar dalam Kesendirian

Setiap bintang di langit punya cerita sendiri dan para astronom selalu ingin tahu setiap cerita itu.  Dalam pencarian itu, astronom menemukan sebuah bintang yang menakjubkan.

Bintang super yang massanya 150 kali lebih besar dari Matahari dan yang lebih menakjubkan lagi, terangnya 3 juta kali Matahari! Bintang ini ditemukan dalam awan gas dan debu raksasa yang dikenal dengan nama Nebula Tarantula.

Bintang super di Nebula Tarantula. kredit : ESO/M.-R. Cioni/VISTA Magellanic Cloud survey. Acknowledgment: Cambridge Astronomical Survey Unit

Waktu para astronom pertama kali menemukan bintang ini, mereka bahkan tiak sadar betapa spesialnya si bintang karena cahayanya terhalang debu sebelum bisa mencapai Bumi. Seperti seorang superstar yang identitasnya disembunyikan!

Akan tetapi, identitas bintang tersebut tak bisa terus disembunyikan. Sekelompok astronom yang menggunakan teleskop Very Large Telescope di Bumi yang canggih berhasil mempelajari detil bintang tersebut. Dan mereka menemukan kalau bintang ini merupakan salah satu dari bintang yang paling terang di alam semesta.

Superstar aka bintang super lainnya sudah ada yang berhasil diamati dan biasanya berada di pusat sebuah kelompok bintang yang ramai atau dengan kata lain dalam sebuah gugus bintang. Tapi yang ini berbeda. Superstar baru kita ini merupakan bintang pertama yang ditemukan hidup sendirian di angkasa dengan tidak ada bintang lain di dekatnya.  Tampaknya superstar alias bintang super ini dulunya tinggal bersama bintang lainnya sebelum ia dikeluarkan dari kelompoknya.

Menurut Jorick Vink dari Observatorium Armagh, Inggris, yang juga merupakan salah satu anggota tim penemu,” apakah bintang tersebut memang sudah sendiri sejak lahir atau pernah jadi anggota sebuah gugus bintang, yang pasti bintang super yang sepi sendiri ini merupakan obyek yang sangat menakjubkan.”

Sumber : Space Scoop / Universe Awareness

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

7 thoughts on “Superstar dalam Kesendirian

  1. salam kenal mbak ivie, saya orang baru di dunia astronomi, istilah2 ilmiah di astronomi bisa bikin kepala pening…kayanya butuh waktu cukup lama untuk bisa benar2 mencerna apa yang di post di langit selatan

  2. halo mbak ivie, mo nanya nich, apa beda nebula dgn galaksi.. Besar mana antara nebula dan galaksi?

    1. nebula itu awan gas debu dan plasma. bedanya .. nebula itu awan berisi gas debu n plasma sedangkan galaksi merupakan kumpulan bintang-bintang plus planet2 kl si bintang punya planet, asteroid komet dll juga di dalamnya ada nebula. besar galaksi.

  3. mBak Ivie,

    Kalau melihat gambar diatas, dimanakah letak posisi sang superstar. Soalnya banyak banget yang kelihatan terang. Terima kasih.

Tulis komentar dan diskusi...