Beranda » Kepler & Sistem Multi Planet Yang Ditemukannya

Kepler & Sistem Multi Planet Yang Ditemukannya

Semenjak misi Kepler diluncurkan, penemuan planet berukuran lebih kecil dari planet Neptunus tampaknya menjadi hal yang tidak lagi asing. Hanya dengan data yang diambil dalam 4 bulan pertama misinya, ia berhasil memberikan bukti keberadaan 1200 kandidat planet. Di antaranya ada 408 yang berada dalam sebuah sistem yang terdiri dari dua atau tiga planet dan yang lebih menarik lagi, sebagian besar di antaranya sangat berbeda dari Tata Surya.  Ke-408 planet tersebut diketahui berada pada 170 sistemu multi planet yang berbeda.

Seperti apakah sistem-sistem tersebut?

Sistem Multi Planet Yang ditemukan Kepler

Kepler mendeteksi planet pada bintang melalui metode transit. Kredit : NASA

Secara umum, sistem multi planet yang ditemukan Kepler jauh lebih datar dibanding sistem di Tata Surya. Dan memang “harus” demikian karena ini terkait cara kerja Kepler dalam mendeteksi planet-planet tersebut.

Dalam menjalankan misinya, mata Kepler terus mencari planet yang melintas di depan wajah bintang dan menghalangi sebagian kecil cahaya bintang. Dengan mengukur seberapa banyak bintang meredup, para astronom akan dapat mengetahui ukuran planet. Dan dengan mengamati waktu antara transit yang terjadi maka para astronom dapat mengetahui periode orbit si planet atau waktu yang dibutuhkan planet untuk mengitari bintangnya.

Untuk bisa melihat terjadinya transit,  bagian tepi orbit planet haruslah berhadapan dengan arah pandang pengamat. Dan untuk bisa melihat transit multi planet maka orbit semua planet harus tampak samping dari pengamat.

Di Tata Surya, beberapa planet memiliki kemiringan orbit 7 derajat. Artinya, jika ada astronom asing dari planet lain sedang mengamati transit planet di Matahari, maka ia tidak akan bisa menemukan 8 planet di Tata Surya.  Mereka tidak akan “menemukan” Merkurius dan Venus.  Sistem yang dideteksi Kepler lebih datar dengan kemiringan orbit kurang dari 1º.

Orbit Sistem Multi Planet
Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, orbit sistem multi planet yang dilihat Kepler jauh lebih datar dan ceper dari Tata Surya. Mengapa demikian?

827 kandidat planet tunggal yang ditemukan Kepler. kredit : NASA
408 kandidat planet dalam 170 sistem multi planet. kredit: NASA

Salah satu petunjuknya ada dalam planet-planet itu sendiri. Sistem multi planet yang ditemukan Kepler didominasi oleh planet yang lebih kecil dari Neptunus. Sistem yang dilihat tersebut kekurangan planet gas raksasa seperti Jupiter.  Para ilmuwan meyakini ketiadaan Jupiter ini menjadi penyebabnya karena gravitasi yang besar dari planet gas raksasa cenderung mengganggu sistem keplanetan dan memiringkan orbit planet di dekatnya.

Jupiter di Tata Surya pada dasarnya merupakan gorila seberat 800 pon yang mengaduk daerah sekitarnya di awal sejarah pembentukan sistem keplanetan. Selain itu, penelitian lain juga menemukan sejumlah sistm dengan planet raksasa di dalamnya dan sistem tersebut tidaklah datar.

Keberadaan sistem multi planet sendiri penting bagi para astronom untuk menemukan lebih banyak lagi planet-planet kecil. Diyakini keberadaan planet-planet seukuran Neptunus 10 kali lebih umum dari planet seukuran Jupiter dan planet Super Bumi juga 10 kali lebih banyak dari planet seukuran Neptunus. Dengan kata lain ada lebih banyak lagi “Bumi” lain di bintang lain jika menilik ukuran sebuah planet, yang menunggu untuk ditemukan. Dan saat ini data Kepler menunjukkan bahwa memang penemuan planet-planet ukuran Bumi tersebut sangat mungkin untuk didilakukan dengan ditemukannya 68 kandidat planet seukuran Bumi dalam 4 bulan pertama pengamatannya.