Ikeya-Murakami, Komet Baru di Rasi Virgo

Dua pengamat langit dari Jepang berhasil menemukan komet baru di konstelasi Virgo. Kaoru Ikeya dan Shigeki Murakami, merupakan 2 astronom amatir Jepang ini berhasil menemukan komet yang kemudian diberi nama Ikeya- Murakami atau C/2010 V1 melalui pengamatan visual.

Komet Ikeya-Murakami yang dipotret Ernesto Guido dan Giovanni Sostero dengan menggunakan teleskop Global-Rent-a-Scope (GRAS) di New Mexico. Kredit : Ernesto Guido & Giovanni Sostero

Penemuan yang dilakukan secara terpisah ini memperlihatkan penampakan komet Ikeya-Murakami dengan kecerlangan antara 8-9 magnitudo.  Kaoru Ikeya menemukan C/2010 VI saat melakukan pengamatan dengan menggunakan teleskop reflektor 25 cm. Pengamatan terpisah dilakukan oleh  Shigeki Murakami dengan menggunakan teleskop reflektor 46 cm. Dengan kecerlangan 8-9 magnitudo, komet ini masih bisa diamati menggunakan binokular yang baik.

Penemuan komet ini merupakan hal menarik karena saat ini, penemuan komet melalui pengamatan visual semakin langka.

Lokasi Komet C/2010 V1

Komet C/2010 V1 yang berlokasi di konstelasi Virgo tersebut, saat ini dapat dilihat pada kondisi langit yang cerah sekitar 2 derajat dari Saturnus saat menjelang fajar. Pada tanggal 25 – 30 November, komet Ikeya-Murakami akan tampak di antara Venus dan Spica.

Kalkulasi orbit yang dilakukan Brian G. Marsden pada komet C/2010 V1 menunjukkan kalau komet ini bergerak dalam orbit parabola dan baru saja melewati posisi perihelionnya pada jarak 1,7 SA.

Konfirmasi keberadaan komet Ikeya-Murakami melalui hasil fotografi dilakukan oleh Ernesto Guido dan Giovanni Sostero dengan menggunakan teleskop Global-Rent-a-Scope (GRAS) di New Mexico.

Komet Ikeya-Murakami pada tanggal 9 November 2010 dini hari tampak di dekat Saturnus jelang dini hari. Kredit : Stellarium
Komet Ikeya-Murakami yang tampak pada tanggal 28 November 2010 di antara Venus dan Spica menjelang fajar. Kredit : Stellarium

Data komet Ikeya-Murakami untuk dimasukkan ke Stellarium (tambahkan di bagian akhir file ssystem.ini)

[2010V1]
name = C/2010 V1 Ikeya-Murakami
parent = Sun
radius = 24
oblateness = 0.0
halo = true
color = 1.0,1.0,1.0
tex_halo = star16x16.png
tex_map = nomap.png
coord_func = comet_orbit
orbit_TimeAtPericenter = 2455488.31671
orbit_PericenterDistance = 1.71541
orbit_Eccentricity = 1.0
orbit_ArgOfPericenter = 155.076
orbit_AscendingNode = 5.844
orbit_Inclination = 8.913
lighting = false
albedo = 1
sidereal_period = 365.25

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Tulis komentar dan diskusi...