Ikeya-Murakami, Komet Baru di Rasi Virgo

Dua pengamat langit dari Jepang berhasil menemukan komet baru di konstelasi Virgo. Kaoru Ikeya dan Shigeki Murakami, merupakan 2 astronom amatir Jepang ini berhasil menemukan komet yang kemudian diberi nama Ikeya- Murakami atau C/2010 V1 melalui pengamatan visual.

Komet Ikeya-Murakami yang dipotret Ernesto Guido dan Giovanni Sostero dengan menggunakan teleskop Global-Rent-a-Scope (GRAS) di New Mexico. Kredit : Ernesto Guido & Giovanni Sostero

Penemuan yang dilakukan secara terpisah ini memperlihatkan penampakan komet Ikeya-Murakami dengan kecerlangan antara 8-9 magnitudo.  Kaoru Ikeya menemukan C/2010 VI saat melakukan pengamatan dengan menggunakan teleskop reflektor 25 cm. Pengamatan terpisah dilakukan oleh  Shigeki Murakami dengan menggunakan teleskop reflektor 46 cm. Dengan kecerlangan 8-9 magnitudo, komet ini masih bisa diamati menggunakan binokular yang baik.

Penemuan komet ini merupakan hal menarik karena saat ini, penemuan komet melalui pengamatan visual semakin langka.

Lokasi Komet C/2010 V1

Komet C/2010 V1 yang berlokasi di konstelasi Virgo tersebut, saat ini dapat dilihat pada kondisi langit yang cerah sekitar 2 derajat dari Saturnus saat menjelang fajar. Pada tanggal 25 – 30 November, komet Ikeya-Murakami akan tampak di antara Venus dan Spica.

Kalkulasi orbit yang dilakukan Brian G. Marsden pada komet C/2010 V1 menunjukkan kalau komet ini bergerak dalam orbit parabola dan baru saja melewati posisi perihelionnya pada jarak 1,7 SA.

Konfirmasi keberadaan komet Ikeya-Murakami melalui hasil fotografi dilakukan oleh Ernesto Guido dan Giovanni Sostero dengan menggunakan teleskop Global-Rent-a-Scope (GRAS) di New Mexico.

Komet Ikeya-Murakami pada tanggal 9 November 2010 dini hari tampak di dekat Saturnus jelang dini hari. Kredit : Stellarium
Komet Ikeya-Murakami yang tampak pada tanggal 28 November 2010 di antara Venus dan Spica menjelang fajar. Kredit : Stellarium

Data komet Ikeya-Murakami untuk dimasukkan ke Stellarium (tambahkan di bagian akhir file ssystem.ini)

[2010V1]
name = C/2010 V1 Ikeya-Murakami
parent = Sun
radius = 24
oblateness = 0.0
halo = true
color = 1.0,1.0,1.0
tex_halo = star16x16.png
tex_map = nomap.png
coord_func = comet_orbit
orbit_TimeAtPericenter = 2455488.31671
orbit_PericenterDistance = 1.71541
orbit_Eccentricity = 1.0
orbit_ArgOfPericenter = 155.076
orbit_AscendingNode = 5.844
orbit_Inclination = 8.913
lighting = false
albedo = 1
sidereal_period = 365.25

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.