Ikeya-Murakami, Komet Baru di Rasi Virgo

Dua pengamat langit dari Jepang berhasil menemukan komet baru di konstelasi Virgo. Kaoru Ikeya dan Shigeki Murakami, merupakan 2 astronom amatir Jepang ini berhasil menemukan komet yang kemudian diberi nama Ikeya- Murakami atau C/2010 V1 melalui pengamatan visual.

Komet Ikeya-Murakami yang dipotret Ernesto Guido dan Giovanni Sostero dengan menggunakan teleskop Global-Rent-a-Scope (GRAS) di New Mexico. Kredit : Ernesto Guido & Giovanni Sostero

Penemuan yang dilakukan secara terpisah ini memperlihatkan penampakan komet Ikeya-Murakami dengan kecerlangan antara 8-9 magnitudo.  Kaoru Ikeya menemukan C/2010 VI saat melakukan pengamatan dengan menggunakan teleskop reflektor 25 cm. Pengamatan terpisah dilakukan oleh  Shigeki Murakami dengan menggunakan teleskop reflektor 46 cm. Dengan kecerlangan 8-9 magnitudo, komet ini masih bisa diamati menggunakan binokular yang baik.

Penemuan komet ini merupakan hal menarik karena saat ini, penemuan komet melalui pengamatan visual semakin langka.

Lokasi Komet C/2010 V1

Komet C/2010 V1 yang berlokasi di konstelasi Virgo tersebut, saat ini dapat dilihat pada kondisi langit yang cerah sekitar 2 derajat dari Saturnus saat menjelang fajar. Pada tanggal 25 – 30 November, komet Ikeya-Murakami akan tampak di antara Venus dan Spica.

Kalkulasi orbit yang dilakukan Brian G. Marsden pada komet C/2010 V1 menunjukkan kalau komet ini bergerak dalam orbit parabola dan baru saja melewati posisi perihelionnya pada jarak 1,7 SA.

Konfirmasi keberadaan komet Ikeya-Murakami melalui hasil fotografi dilakukan oleh Ernesto Guido dan Giovanni Sostero dengan menggunakan teleskop Global-Rent-a-Scope (GRAS) di New Mexico.

Komet Ikeya-Murakami pada tanggal 9 November 2010 dini hari tampak di dekat Saturnus jelang dini hari. Kredit : Stellarium