Beranda » Sepenggal Cerita Menuju OSN 2010

Sepenggal Cerita Menuju OSN 2010

Semuanya diawali dari kegemaran memandangi bintang, bulan sabit, beberapa goresan meteor, serta berbagai obyek penghias langit malam sejak bertahun-tahun lalu. Semakin lama, kegemaran tersebut justru menumbuhkan rasa penasaran. Dari sinilah saya mulai mengenal dan mempelajari ilmu astronomi, ilmu yang mengajak saya mengenal lebih dekat berbagai hal tentang antariksa.

Suasana OSN 2010. Kredit : Gigih

Awalnya memang terasa janggal, mempelajari dan menyukai astronomi, ilmu yang masih belum dikenal luas. Namun tak mengapa, tak ada salahnya menjadi seorang astronom “kelas teri” diantara kalangan astronom amatir. Perlahan tapi pasti, ilmu-ilmu astronomi mulai saya peroleh dari berbagai bacaan tentang astronomi.

Salah satu yang saya baca adalah perlombaan resmi dari pemerintah, yaitu OSN atau Olimpiade Sains Nasional dengan salah satu bidang yang diperlombakan adalah astronomi. Dari sinilah saya mulai bermimpi untuk mengikuti bahkan mendapat medali dalam perlombaan tersebut. Tapi entah mengapa, semakin kedepan, mimpi itu terasa semakin menjauh. Mungkin karena kenyataan bahwa kebanyakan peserta OSN merupakan siswa-siswi pilihan yang memiliki prestasi di bidang akademik, sedangkan saya? Saya hanyalah seorang yang bisa dibilang “Tak tahu apa-apa”, langganan remidi, belum pernah masuk peringkat 20 besar dikelas, dan bahkan hampir tak masuk jurusan IPA (bodohnya saya, hehehe . .).

Namun mimpi tetap mimpi, saya tetap berharap dapat bertanding dalam OSN Astronomi. Hingga akhirnya datanglah ajakan untuk mengikuti bimbingan OSN Astronomi dari sahabatku yang tahun sebelumnya berhasil lolos ke tingkat propinsi. Awalnya sempat ragu karena materi yang dibahas lebih mengarah pada astrofisika ketimbang astronomi. Apalagi saya pun mulai pesimis membayangkan hitungan fisika dan matematika yang aduhai. Namun akhirnya saya coba yakinkan diri bahwa yang akan saya hadapi adalah astronomi, bukan fisika, matematika, atau ilmu yang lainnya. Dan tentu saja, tawaran itu saya terima dengan penuh harapan.

Seiring waktu, ternyata keraguan itu tak jua hilang, beberapa masalah kecil seperti umur yang katanya “ketuaan”, kisah sukses teman-teman peraih medali yang pintar di semua bidang, dan sedikit sindiran dari teman-teman dan guru turut mewarnai perjalananku (mirip film yang penuh cobaan). Tapi tentu saja hal tersebut tak dapat mematahkan impian yang sudah lama dibangun.

Waktu berjalan, dan tibalah seleksi OSN tingkat kabupaten dan kota (biasa disingkat OSK). Berbekal ilmu yang dipelajari bertahun-tahun dan ilmu yang diajarkan guru pembimbing, saya berangkat bersama teman-teman ke SMAN 1 Sooko Mojokerto, tempat diadakannya OSK. Sempat terkejut juga saat ujian, ternyata beberapa soal terdapat hitungan yang tak berhubungan dengan astronomi. Ujian selesai, waktunya berlega dan berharap lolos ke tingkat propinsi (OSP). Waktu berjalan, dan keluarlah pengumuman OSK. Dan ternyata, saya dapat kabar dari teman-teman bahwa saya lolos ke propinsi dan menjadi wakil tunggal dari sekolahku, SMAN 1 Puri. Wow, ternyata orang seperti saya dapat bersaing dengan mereka yang dalam anggapa jauh lebih baik.