Akankah Matahari Makin Aktif Pada 2012?

Apakah diantara pembaca ada yang sudah menonton Knowing? Tentunya kita tidak sedang membahas film itu, tetapi, ada pelajaran yang bisa dipetik dari situ. Apabila kita perhatikan, film tersebut menggambarkan bagaimana dinamika Matahari mempengaruhi planet Bumi dan semua kehidupan di dalamnya.

Seperti makhluk hidup, Matahari mempunyai suatu pola yang menyerupai kehidupan, disebut sebagai siklus Matahari. Hal tersebut ditandai dengan teramatinya bintik pada permukaan Matahari yang muncul dengan pola yang periodik. Semenjak Galileo mulai mengamati langit dengan teleskop, maka pengamatan pada Matahari menunjukkan adanya noktah hitam pada Matahari, yang kemudian dinamai sebagai bintik Matahari.

Pada pertengahan 1800-an, seorang astronom Jerman, Heinrich Schwabe menemukan adanya pola kemunculan bintik Matahari tersebut, dan disebut sebagai siklus bintik Matahari, dan siklus bintik Matahari tersebut yang kemudian dikenal saat ini sebagai siklus Matahari. Bintik Matahari tersebut adalah pulau-pulau magnetik pada permukaan Matahari, dan merupakan sumber dari berbagai aktivitas Matahari, dengan ukuran bisa melebihi ukuran sebuah planet, dan bintik Matahari selalu berubah, dari muncul, membesar dan akhirnya menghilang.

Mengikuti pola normal, maka pada masa sekarang kita akan memasuki siklus 24 dari siklus Matahari yang tercatat:

Prediksi bintik Matahari. Kredit: NASA
Prediksi bintik Matahari. Kredit: NASA

Tetapi, ternyata sampai saat ini, ada kecenderungan bahwa kita masih berada pada fase yang sangat tenang dari Matahari. Apakah yang sebenarnya yang terjadi? Telah banyak penelitian dilakukan untuk memberikan jawab tentang siklus 24,

Prediksi kekuatan siklus Matahari ke-24. Kredit : NASA
Prediksi kekuatan siklus Matahari ke-24. Kredit : NASA

Seperti gambar yang dikenal sebagai ‘Piano Plot’ tersebut, yang menggambarkan berbagai studi tentang siklus 24 Matahari, sumbu-x menggambarkan berbagai riset dengan warna menggambarkan model yang dipergunakan, sementara sumbu-y menggambarkan bilangan sunspot rerata-tahunan untuk siklus 24.

Semua kemungkinan tersebut adalah hasil dari berbagai penelitian yang berakar dari satu permasalahan: Manusia masih belum benar-benar memahami proses fisis dari siklus bintik Matahari.

Jadi kalau sudah begini, apakah memang pada 2012 pasti terjadi maksimum Matahari? Semuanya adalah wacana ilmiah yang masih harus dipelajari dan dibuktikan.

disarikan dari : cosmic diary

Ditulis oleh

Emanuel Sungging

Emanuel Sungging

jebolan magister astronomi ITB, astronom yang nyambi jadi jurnalis & penulis. Punya hobi dari fotografi sampe bikin komik, pokoknya semua yang berhubungan dengan warna, sampai-sampai pekerjaan utamanya adalah seperti dokter bedah forensik, tapi alih-alih ngevisum korban, yang di visum adalah cahaya, seperti juga cahaya matahari bisa diurai jadi warna cahaya pelangi. Maka oleh nggieng, cahaya bintang (termasuk matahari), bisa dibeleh2 dan dipelajari isinya.

23 thoughts on “Akankah Matahari Makin Aktif Pada 2012?

    1. kemunculan bintik matahari itu kan berpola 11-tahunan, jadi setiap 11 tahun, bintik matahari akan menghilang, kemudian muncul-muncul dan makin banyak yang menandakan matahari aktif-aktifnya, nah, teorinya kita itu akan memasuki siklus ke -24 yang (hitung2annya berpuncak di 2012), kalau mengikuti pola kemunculan bintik itu, tapi sampai detik ini, dan sudah hari ke-25 dalam tahun 2009 tanpa bintik.

      ini bisa dianaologikan kl remaja lagi aktif hormonnya terus jadi banyak jerawat, Matahari pun punya gambaran yg hampir serupa.

      Jadi apakah kemudian kita sudah memasuki siklus ke-24? dan apakah benar puncak-nya di 2012? paling gak, bahkan dalam panel prediksi siklus Matahari masih ada dua pendapat:

      “In light of the expected long interval until the onset of Cycle 24, the Prediction Panel has been unable to resolve a sufficient number of questions to reach a single, consensus prediction for the amplitude of the cycle. The deliberations of the panel supported two possible peak amplitudes for the smoothed International Sunspot Number (Ri): Ri = 140 ±20 and Ri = 90 ±10.”

      yang artinya, siklus ke-24 ini masih berupa wacana teori, bahkan seorang ilmuwan Rusia, Abdussamatov (2005) berpendapat bahwa kita justru akan memasuki musim-dingin kecil (Maunder Minimum) di tahun 2040. NASA sendiri mengememukakan pendapat bahwa saat ini pun kita masih berada pada fase minimum sekali dari Matahari:

      http://science.nasa.gov/headlines/y2009/01apr_deepsolarminimum.htm

      kalau sudah begini, terbuka semua teori soal siklus Matahari, silakan berpendapat, tapi kl kemudian ada yg mengambil kesimpulan kiamat 2012, gara2 Matahari? .. hmm .. argumennya? 🙂

  1. kiamat 2012 gara2 matahari…
    argumennya adalah ramalan yang disebutkan mama laurent..
    bahwa tahun 2012 sukar ditembus akan apa yg terjadi dengan six sense nya itu…
    so…maccam mana lah itu…;)

    1. Mama Lauren? Justru komentar Mama Lauren muncul setelah beredarnya buku “Kiamat 2012” yang ditulis oleh Lawrence E. Joseph yang menurut biografinya adalah ketua dewan Aerospace Consulting Corporation di New Mexico. Lawrence memprediksikan tahun 2012 sebagai tahun dimana aktivitas Matahari saat itu meningkat tajam dengan bintik mataharinya, aktivitas matahari ini dikhawatirkan akan memicu serangkaian reaksi, baik di Matahari sendiri maupun di bumi berupa rusaknya satelit-satelit komunikasi karena bintik Matahari menyebabkan Ledakan Matahari yang menimbulkan badai magnetik yang berpotensi merusak satelit. Kalau sudah begini, komunikasi secanggih apapun akan lumpuh total.

      Dari sisi lainnya, matahari yang terlalu panas akan memperbesar radiasi sinar UV (CMIIW), akan memicu kanker kulit. Suhu bumi juga akan makin panas karena sekarang saja panas matahari sudah “terperangkap” efek rumah kaca (Global Warming – Pemanasan Global) karena gas CFC.

      Semua itu dipandang dari sudut ilmiah, tidak sekadar mengandalkan indera keenam (meski saya sangat appreciate pada orang-orang yang memilikinya)…

    2. kalau menurut mama lorens th 2012 sukar tembus, artinya sukar bagi mama lorens tembus karena th 2012 mama lorens sudah meninggal gitu ko susah

  2. Saya berani memastikan bahwa pada siklus matahari yang ke-24 yang diperkirakan terjadi sekitar tahun 2011 – 2012 ini bukanlah akhir dari dunia seperti yang dikisahkan dalam film Knowing.
    Memang tidak dipungkiri bahwa kehidupan di bumi kita ini sangat dipengaruhi oleh matahari. Sedikit saja perubahan pada matahari akan memberikan dampak yang besar bagi bumi. Tapi perlu diketahui bahwa matahari kita yang sekarang sangatlah stabil.
    Menurut ilmu pengetahuan dan riset tentang bintang, matahari kita termasuk bintang yang tergolong muda. Semua bintang termasuk matahari kita akan mengakhiri masa hidupnya dengan mengembang puluhan bahkan ratusan kali massa semulanya sehingga menghabiskan semua planet yang mengintarinya. Itulah yang mungkin disebut kiamat yang sesungguhnya. Tapi untuk mencapai itu masih butuh waktu 4 milyar tahun lagi dari sekarang.
    Kembali ketopik, siklus matahari ini mungkin sudah pernah terjadi jutaan bahkan milyaran tahun yang lalu hanya saja kita manusia mulai menyadarinya sekitar 200an tahun yang lalu. Dan selama itu, tidak ada hal-hal serius yang terjadi yang bisa membahayakan keselamatan umat manusia. Efek akan langsung yang dirasakan dari kejadian ini mungkin akan lebih terasa pada objek-objek diluar atmoster bumi seperti satelit dan astronot.
    Mungkin kita akan merasakan efek sekundernya seperti putusnya jaringan komunikasi karena rusaknya satelit. Namun ada hal bagus yang akan kita lihat yaitu aorora di daerah kutub, apa itu aorora dan bagaimana terjadinya aorora mungkin pembaca bisa cari tahu di internet.

  3. bukan tdk mungkin kalau ternyata mama Laurent meninggal d tahun 2012 kan?
    maka dari itu dia tdk bisa melihat masa depan
    kalau saya sebagai pelajar jurusan IPA sih lebih percaya sains daripada ramalan ;>

  4. baru aja tadi nonton film KNOWING. eh di sini dibahas..

    saya setuju sama polarys.

    jangan percaya ramalan, musrik!

  5. wah kebetulan tadi saya juga baru saja nonton knowing
    …hmm..klo menurut saya…ramalan dari mama laurent jgn ditanggapi…sekrang kita kembalii kepada apa yg sudah terjadi…
    dulu..tahun 2008 kemarin..saya…dengan teman2 melakukan penelitian matahari di LAPAN WATUKOSEK…

    dari hasil penelitiaan memang siklus 11 thaunnya akan brpuncak pada thn 2012……sifat fisis matahari memang masih sulit ditebak….sampe skrg…hmm..tapi klo qt liadh..sesungguhnya bumi kita udah tua….kemungkinan besar bs terjadi..maka dari itu ya kita bertobadh aja…Dzalika kitabullah roibafi.(tak ada keraguan dalam kitab(alquran)…semua tertuliss disitu….

    1. dvd knowing itu udah beredar ta, . . . .q pengen liat niech, . . . ?

      atau msih di bioskop ta, . .

      Britau yaw q scepatnya, . ..q tunggu

  6. apakah puncak dari 11 tahunan matahari itu akan berdampak yang sangat hebat???
    apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah atau menguranginya???

  7. LUANGKAN WAKTU UNTUK SHALAT Sesungguhnya kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi. Dia menghidupkan dan mematikan. Dan sekali-kali tidak ada pelindung dan penolong bagimu selain Allah
    ^.^ add fb ku yaw, . .

    [email protected]

  8. hanya Tuhan yang tau…
    jadi kita tidak perlu tau?? ngapain sekolah dong.
    ngomong2 bagi yang tidak percaya ramalan, saya meramal Venus bakal transit 6 Juni 2012 nanti dan Anda tentu bakal tambah tua. Iya tidak?

  9. memang benar, manusia hanya bisa berusaha untuk melindungi generasi penerusnya,,,
    Tapi Yang Kuasa lah penentunya.
    so,,,jngan pernah menyerah untuk berusaha…
    berikan sesuatu yang berarti DALAM hidup kita UNTUK Bumi kita!
    Termasuk di dalamnya Mengkaji Ilmu Pengetahuan.
    (^_^)…
    wallahu’alam bissawaab…..

    thanks for add me…
    [email protected]

  10. yang mengatakan bahwa kiamat akan datang tahun 2012 adalah pembohong besar,,,,
    G ada yg tahu KIamat dtangx kapan,, bahakan Nabi besar Muhammad SAW pun G tau,,
    yg ada dalam al-Quran Tuh hari Kiamat datang pada Hari jUm’at.. tapi G ada yg tahu,, jum”atx kapan.
    nton Flm Knowing bolehaja
    tapi ambil sisi positifnya,,,jgan takut karna hari itu pasti akan tiba.
    kita sebagai umat manusiaharus bisamnenyiapkan bekal untuk hari kemudian,,
    ingat hari kiamat bukan berat ikehidupan kita berakhir,,,justru kita akang memulai kehidupan yg sesungguhnya,,
    masalah ramalan matahari dar is imama Laurent,emang kita G boleh percaya..
    Allahualam hanya tUhan yng tahu,,
    tapi manusia memang Wajib berusaha dan mencari tahu,,,,
    kalu berdasarkan penelitian efek yg akan dihasilkan Oleh mataharidi yahun 2012 di mana akan tejadi pemuncakan aktifitas matahari, tapi dampak yg duhasilkan G langsung terhadap umat manusia,tetapi lbih kepada kerusakan dalam sistem pelistrikan, komunikasi dan navigasi.
    YG jelasx hanya Kepada Tuhan Kita meminta……

Tulis komentar dan diskusi...