Tidak Ada Flare Matahari Pembunuh di Tahun 2012

Katanya tahun 2012, kita akan menyaksikan kembang api raksasa. Kok bisa? Matahari kan akan mendekati siklus 11 tahunannya, yang dikenal sebagai “solar maksimum”. Kalau demikian tentunya akan ada banyak aktivitas Matahari yang bisa kita saksikan. Beberapa prediksi mengatakan siklus Matahari tersebut akan lebih kuat dibanding maksimum yang terjadi tahun 2002-2003. Para ilmuwan Matahari tentunya sudah sangat gembira menantikan kejadian ini.

Pertanyaan yang muncul, haruskah kita khawatir?

doomsday_solar_flare
Flare Matahari penyebab kiamat tahun 2012

Menurut salah satu teori kiamat, yakni Prediksi Suku Maya, dunia akan berakhir tahun 2012 dan skenario yang dibuat memang berdasarkan hal-hal ilmiah. Nah, siklus 11 tahunan Matahari yang akan terjadi di tahun 2012 tentunya kemudian dikaitkan dengan siklus kalender suku Maya yang dianggap berakhir tahun 2012.

Apakah suku Maya sudah demikian maju di masa itu sampai mereka bisa memahami siklus magnetik yang berganti kutub setiap dekade? ataukah karena ada nubuat tentang hari penghakiman yang melibatkan api dll? Jadi apakah ini berarti manusia akan terpanggang oleh Matahari pada tanggal 21 Desember 2012?

Bagi para penggemar teori kiamat 2012, kemungkinan Matahari meletus dan merusak Bumi sangatlah menarik. tapi apa yang sebenarnya terjadi dengan Bumi saat terjadinya siklus tersebut?

Di tahun 2012, ketika Matahari mendekati maksimum, Bumi akan tetap aman, dan terlindungi walau tidak demikian dengan beberapa satelit.

Bumi telah berevolusi dalam lingkungan radioaktif tinggi, dan Matahari secara konstan melepaskan partikel berenergi tinggi dari permukaannya yang didominasi medan magnet sebagai angin Matahari.  Sepanjang solar maksimum (saat Matahari berada pada fasa yang sangat aktif), Bumi bisa jadi harus menerima limpahan energi ledakan dari Matahari yang 100 milyar kali lebih kuat dibanding bom atom Hiroshima. Ledakan inilah yang dikenal sebagai solar flare dan efeknya memang diketahui akan mempengaruhi Bumi.

Siklus Matahari

Siklus Matahari saat minimum dan maksimum. Kredit : NASA
Siklus Matahari saat minimum dan maksimum. Kredit : NASA

Dalam aktvitasnya dari waktu ke waktu, Matahari memiliki siklus alam dengan periode sekitar 11 tahun. Sepanjang hidup siklus ini, garis medan magnet Matahari akan ditarik ke sekeliling Matahari oleh rotasi differensial ekuator Matahari. Ini artinya ekuator berputar lebih cepat dibanding kutub magnet. Jika diteruskan, plasma Matahari akan menarik garis medan magnet disekeliling Matahari dan menyebabkan terjadinya terkanan yang memicu terbentuknya energi. Saat energi magnet meningkat, kekakuan dalam flux magnetik terbentuk dan memaksa mereka ke bagian permukaan. Kekakuan inilah yang dikenal sebagai lingkaran korona yang semakin sering terjadi ketika periode aktivitas Matahari sedang tinggi.Disinilah tempat dimana bintik matahari muncul.

Saat lingkar korona terus menerus muncul di permukaan, bintik matahari juga ikut muncul di lokasi yang jadi jejak lingkar korona. Lingkar Korona memilki efek untuk menggeser lapisan permukaan terpanas Matahari (fotosfer dan kromosfer) dan menonjolkan area konveksi yang lebih dingin. Saat energi magnetik terbentuk, maka akan semakin banyak flux magnetik yang mengalami gaya bersama. Pada saat tersebut terjadilah fenomena yang dikenal sebagai magnetic reconnection. Magnetic reconection adalah proses ketika berbagai sumber magnetik saling terhubung satu sama lainnya, mengubah pola konektivitas mereka terhadap sumber.

Magnetik reconnection merupakan pemicu terjadinya flare Matahari (letupan matahari) dalam berbagai ukuran. Flare yang sudah diketahui dari ukuran nanoflare sampai ke flare kelas-X menunjukan kalau letupan yang terjadi merupakan kejadian yang sangat kuat. Letupan terbesar yang pernah diketahui memiliki kekuatan 100 milyar ledakan bom atom. Namun ledakan itu tidak terjadi di Bumi melainkan di area dekat permukaan Matahari yang jauhnya 100 juta SA. Bisa dilihat Bumi berada jauh dari ledakan tersebut.

Saat garis medan magnetik Matahari melepas sejumlah besar energi, plasma Matahari akan mengalami percepatan dan dibatasi dalam lingkungan magnetik. Plasma Matahari merupakan partikel superpanas seperti proton, elektron, dan beberapa elemen ringan seperti inti helium. Saat plasma berinteraksi, sinar-X akan terbentuk jika berada pada kondisi yang pas dan bremsstrahlung memungkinkan untuk terjadi. Bremsstrahlung terjadi saat partikel bermuatan saling berinteraksi dan menghasilkan pancaran sinar X. Kejadian inilah yang memungkinkan terbentuknya flare (letupan) sinar-X.

Permasaahan Sinar-X dari Flare Matahari

Flare matahari saat terlihat bulan November 2003. kredit : NASA
Flare matahari saat terlihat bulan November 2003. kredit : NASA

Saat letupan atau ledakan sinar X terjadi, kita tidak akan mendapat banyak peringatan karena sinar-X akan bergerak sangat cepat pada kecepatan cahaya. Sinar-X dari flare (letupan) kelas-X akan mencapai Bumi dalam waktu 8 menit. Saat sinar-X mencapai atmosfer, lapisan terluar yakni ionosfer akan menyerapnya. Ionosfer sendiri merupakan lapisan bermuatan tinggi yang memiliki lingkungan sangat reaktif terisi oleh ion seperti inti atom, dan elektron bebas.

Sepanjang terjadinya peningkatan aktivitas matahari seperti ledakan, laju ionisasi antara sinar-X da gas atmosfer akan meningkat di lapisan ionosfer D dan E. Juga  secara tiba-tiba akan terjadi produksi gelombang elektron di lapisan tesebut yang mengakibatkan interferensi lintasan gelombang radio di atmosfer, penyerapan sinyal radio gelombang pendek (dalam rentang frekuensi tinggi), dan juga kemungkinan terputusnya komunikasi global. Kejadian inilah yang dikenal sebagai “Sudden Ionospferic Disturbance” (SID) yang akan jadi hal biasa saat peningkatan asktivitas Matahari terjadi. Yang menarik, peningkatan kerapatan elektron saat SID akan meningkatkan perambatan radio pada frekuensi sangat rendah (Very Low Frequency / VLF). VLF merupakan fenomena yang dipergunakan para peneliti untuk mengukur intensitas sinar-X yang datang dari Matahari.

Semburan Massa Korona

Coronal Mass Ejection / CME. kredit : NASA
Coronal Mass Ejection / CME. kredit : NASA

Pancaran sinar-X dari flare Matahari hanyalah sebagian cerita. Karena jika kondisinya tepat, bisa jadi akan terbentuk coronal mass ejection (CME) atau semburan massa korona  di tempat terjadinya letusan (flare).

Pergerakan CME akan lebih lambat dibanding perambatan sinar-X, namun efek global yang terjadi pada Bumi akan membawa banyak masalah. CME  tidak akan bergerak dengan kecepatan cahaya, namun tetap saja ia akan bergerak sangat cepat sekitar 3,2 juta km/jam yang artinya semburan dapat mencapai kita dalam hitungan jam.

Untuk mendapatkan peringatan dini, ada beberapa wahana ruang angkasa yang berada di antara Bumi dan Matahari, tepatnya pada titik Langrangian Bumi-Matahari (L1) dengan sensor yang dapat mengukur energi dan intensitas angin matahari. Jika CME melewati lokasi wahana tersebut, partikel berenergi dan  interplanetary magnetic field (IMF) atau medan magnet antar planet  akan dapat diukur secara langsung.

Beberapa misi yang ada di L1 antara lain, Advanced Composition Explorer (ACE) yang akan memberikan peringatan setidaknya 1 jam sebelum CME mendekati Bumi.  ACE akan bekerjasama dengan Solar and Heliospheric Observatory (SOHO) dan the Solar TErrestrial RElations Observatory (STEREO) untuk menelusuri jejak CME dari lapisan korona terendah sampai saat CME memasuki ruang antar planet melalui titik L1 menuju Bumi.

Jadi apa yang akan terjadi jika CME mencapai Bumi? Jika CME mencapai Bumi, apa yang akan terjadi bergantung pada IMF dari Matahari dan medan geomagnetik Bumi (magnetosfer). Jika medan magnetik sejajar dengan titik kutub pada arah yang sama, besar kemungkinan CME akan ditolak oleh magnetosfer. Jika ini terjadi, CME akan melewati Bumi dan memberi tekanan dan kerusakan pada magnetosfer, namun tak akan membuat kerusakan di Bumi.

Jika seandainya garis medan magnetik berada pada kofigurasi yang tidak paralel (kutub magnet berada pada arah yang berbeda), maka akan terjadi magnetic reconnection pada bagian tepi magnetosfer.  Pada titik ini, IMF dan magnetosfer akan bersatu dan pada akhirnya akan menghubungkan medan magnet Bumi dengan Matahari. Yang akan terlihat adalah salah stau kejadian paling menakjubkan : Aurora.

Satelit Dalam Bahaya
Saat medan magnet CME terhubung dengan Bumi, partikel energi tinggi akan masuk ke magnetosfer. Dan akibat tekanan dari angin mataharai, medan magnetik Matahari akan membungkus Bumi dan menjalar dari belakang Bumi. Partikel yang terinjeksi di siang hari akan disalurkan ke area kutub Bumi. Di sana, partikel-partikel tersebut akan berinteraksi dengan atmosfer dan menghasilkan cahaya sebagai aurora. Pada saat kejadian tersebut, sabuk Van Alen akan bermuatan super, dan menciptakan area yang berbahaya disekeliling Bumi bagi astronot  atau satelit yang tidak dilindungi. Tak hanya itu, ancaman lain datang dari atmosfer yang mengembang yakni satelit akan mati dan tak berfungsi.

Seperti yang sudah diduga, saat Matahari menghantam Bumi dengan sinar-X dan CME maka akan terjadi pemanasan dan pengembangan atmosfer secara global yang bisa jadi akan mencapai ketinggian dimana satelit berada. Jika dibiarkan begitu saja, maka efek aerobreaking akan menyebabkan satelit melambat dan jatuh. Aerobreaking merupakan manuver pesawat ruang angkasa yang digunakan untuk memperlambat wahana ruang angkasa saat memasuki orbit planet lain. Namun efek yang merugikan akan terjadi pada satelit yang mengorbit Bumi jika satelit itu mengalami perlambatan, karena ia akan kembali memasuki atmosfer Bumi.

Efeknya Pasti Dirasakan di Bumi
Satelit memang berada di garis depan ketika partikel berenergi memasuki atmosfer secara tiba-tiba. Namun bukan berarti kita tidak merasakan efeknya. Manusia akan tetap merasakan efek membahayakan dari kejadian tersebut. Akibat aktivitas sinar-X dan elektron di ionosfer, komunikasi akan terganggu. Selain itu pada area di ketinggian, akan terbentuk arus listrik yang disebut elektrojet. Elektrojet terbentuk pada ionosfer saat partikel-partikel ini memasuki atmosfer Bumi. Nah, dengan arus listrik, muncul juga medan magnet. Walau bergantung pada intensitas badai Matahari, namun arus yang sampai ke Bumi dapat menyebabkan terjadinya kelebihan muatan pada jaringan listik di dunia. Pada tahun 1989, 6 juta jiwa di Quebec, Canada,  mengalami putusnya pasokan listrik akibat peningkatan aktivitas Matahari. Saat itu, Quebec lumpuh selama 9 jam.

Bisakah Matahari Menghasilkan Ledakan Pembunuh?

Jawaban paling singkat adalah : Tidak.

Flare pada bintang.
Flare pada bintang.Kredit : NASA

Namun untuk tidak menimbulkan pertanyaan lagi, mari kita telaah kenapa flare Matahari tidak akan membunuh manusia di Bumi. Letusan yang terjadi itu memang akan memberi dampak seperti kerusakan satelit, melukai astronot yang tidak memakai pelindung dan menyebabkan si astronot tak sadar, namun flare itu sendiri tidak cukup kuat untuk menghancurkan Bumi. Dan pastinya tidak akan terjadi di tahun 2012.

Di masa depan, bencana itu bisa jadi datang ketika Matahari kehabisan bahan bakar dan mengembang sebagai bintang raksasa merah. Saat itulah zaman kehancuran bagi kehidupan di Bumi akan dimulai. Tapi untuk tiba di masa itu.. kita masih harus menunggu milyaran tahun lagi.

Memang tak dapat dipungkiri kalau ada kemungkinan serangkaian CME dan ledakan sinar-X akan menghantam Bumi namun tak ada satupun yang cukup kuat untuk menghancurkan magnetosfer, ionosfer dan atmosfer tebal yang ada di bawahnya.

Flare pembunuh pernah diamati di bintang lain. Tahun 2006, observatorium Swift milik NASA melihat flare bintang terbesar yang jauhnya 135 tahun cahaya. Diperkirakan energi yang dilepas sekitar 20 juta milyar bom atom. Flare II Pegasi tentunya akan menyapu bersih kehidupan di Bumi seandainya Matahari melepaskan sinar-X dengan kekuatan yang sama.  Tapi Matahari bukan II Pegasi.

II Pegasi merupakan bintang raksasa merah yang ganas. Ia memiliki bintang pasngan yang berada pada orbit yang sangat dekat. Diyakini, interaksi gravitasi diantara keduanya dan fakta kalau II Pegasi merupakan bintang raksasa merah yang jadi alasan munculnya flare berenergi tinggi tersebut.

Para penggemar teori kiamat 2012 memang memberi kemungkinan bahwa sumber kehancuran Bumi adalah Matahari. Sayangnya fakta menyatakan kalau Matahari adalah bintang yang sangat stabil. Ia tidak memiliki pasangan, dan ia juga memiliki siklus yang dapat diprediksikan (11 tahun). Selain itu tak ada bukti kalau Matahari pernah berkontribusi dalam kehancuran massal yang terjadi di masa lalu melalui flare yang mengarah ke Bumi. Flare Matahari terbesar yang pernah diamati terjadi tahun 1859 dan sampai saat ini kehidupan masih terus berlangsung.

Menjelang siklus ke-24 dari Matahari dikisaran tahun 2012, para fisikawan cukup terkaget-kaget dengan minimnya aktivitas Matahari. Bahkan sempat dispekulasikan kalau siklus ke-24 nanti akan mnjadi Maunder minimum lainnya dan “zaman es kecil”. Maunder minimum adalah masa di tahun 1645 -1715 ketika bintik matahari sangat jarang ditemukan. Tentunya jika ini terjadi maka akan kontras dengan prediksi NASA bahwa tahun 2012 akan kaya dengan aktivitas.

Dengan demikian, bisa dikatakan kita masih jauh dari prediksi terjadinya flare Matahari. Bahkan meskipun aktivitas Matahari mencapai maksimum dan terjadi flare yang besar, tetap tidak akan memusnahkan Bumi. Satelit akan rusak dan terjadi kerusakan sekunder pada alat komunikasi dan juga pada pembangkit listrik akibat elektrojet. Namun tak akan ada yang ekstrim.

sumber : Universe Today

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

71 thoughts on “Tidak Ada Flare Matahari Pembunuh di Tahun 2012

  1. thanks buat artikel ini… karena saya sempat khawatir dengan berita tentang kehancuran yang akan terjadi di bumi pada tanggal 21 des 2012…

  2. Fiuh… Syukurlah tdk terjd kiamat…
    Tp, badai matahari ato badai angkasa itu sama ato tidak? Maklum, beginner…
    Coz, dmpkx sm2 merusak komunikasi.

  3. kejadian smwa it keren bgt ..

    akibat sinar-X,,
    apa bumi bkalan gelap dan smwa hub.listrik mati??
    trus apa saja yang terjadi..

  4. yang lain? gak ada, selama 4,5 milyar tahun, Bumi dihujani oleh sinar X dan berbagai radiasi energi tinggi tapi ya masih utuh ajah, dan kehidupan masih berjalan krn atmosfer-nya masih utuh (paling tidak sampai 4,5 milyar tahun lagi), tapi semua itu berubah kl atmosfer itu berubah; dan yg bisa merubah kondisi atmosfer itu ya cuman manusia sendiri; jd kl dibilang ada kiamat, (kecuali kl emang udah waktunya harus kiamat), ancaman yg paling nyata ya akibat ulah manusia sendiri .. kl atmosfer berubah akibat perbuatan manusia, maka kl kiamat, itu kiamat yg buatan manusia ..

  5. Tukang dagang earphone makin laku nih… pada ngeri ntar pas lagi nelpon pake hape tiba2 meleduk…hehehehe

  6. wahh.. keren.. mbak ivie..

    mbak boleh tanya2 soal solar flare ga? soalnya ada tugas sekolah nih…

    boleh ya???

  7. luar biasa…..
    aku paling suka baca pendapat-pendapat mbak ivie…
    berani.. dan disertakan dengan bukti yang masuk akal..

    kiamat 2012?? kyknya isapan jempol aja..
    kebetulan aja siklus matahari bertepatan dgn ramalan bgs maya.. jadinya di gembor2 kan deh..

  8. apa benar tdk akan trjdi 2012 ? klo saya brharap mmang g bkal trjadi…….
    tapi para ilmuan di amerika mengatakan akan terjadi pada 2012……. dan katanya akan ada banyak manusia yg mninggal……
    dan katanya akan trjadi pada tgl 22 september 2012…… apa manusia tdk dpt mncegah terjadinya badai matahari ?
    dan Menurut laporan website Inggris “New Scientist”, maksud dari badai matahari atau solar storm adalah siklus kegiatan peledakan dahsyat dari masa puncak kegiatan bintik matahari (sunspot), biasanya setiap 11 tahun akan memasuki periode aktivitas badai matahari. Ilmuwan Amerika baru-baru ini memperingatkan bahwa pada tahun 2012 bumi akan mengalami badai matahari dahsyat (Solar Blast), daya rusakanya akan jauh lebih besar dari badai angin “Katrina”, dan hampir semua manusia di bumi tidak akan dapat melepaskan diri dari dampak bencananya.
    Badai Matahari Kuat pada 2012 akan Menyerang

    Pada 22 September 2012 tengah malam, langit New York, Manhattan Amerika Serikat akan tertutupi oleh seberkas layar cahaya yang warna-warni.Di wilayah selatan New York ini, sangat sedikit orang yang dapat melihat fenomena aurora ini. Namun, perasaan menikmati indahnya pemandangan alam ini tidak akan berlangsung lama. Setelah beberapa detik, semua bola lampu listrik di wilayah tersebut mulai gelap dan berkedip tak menentu, kemudian sinar cahayanya dalam seketika tiba-tiba bertambah terang, dan cahaya bola lampu menjadi luar biasa terang. Selanjutnya, semua lampu mati. 90 detik kemudian, seluruh bagian Timur Amerika Serikat akan mengalami pemadaman listrik. Setahun kemudian, jutaan orang Amerika mulai mati, infrastruktur negara akan menjadi timbunan puing. Bank Dunia akan mengumumkan Amerika berubah menjadi negara berkembang. Pada saat yang sama, Eropa, China dan Jepang dan daerah lain atau negara juga akan sama seperti Amerika Serikat, berjuang dalam bencana sekali ini. bencana ini datang dari badai matahari atau solar storm yang dahsyat, terjadi pada permukaan matahari yang berjarak 150 juta km dari bumi.

    apa itu akan terjadi ? lalu apa yg hrus mnusia lakukuan….?

  9. superflare (diperkirakan) hanya terjadi bila sebuah bintang memiliki planet seukuran Jupiter di dekatnya.. karena planet2 yg deket matahari ukurannya JAUH lebih kecil dari Jupiter, tenang aja…

  10. memang untuk sementara bisa dikatakan seperti itu, namun ada banyak planet yang berkeliaran di tata surya,tapi saya mengincar keberadaan planet “X”sebagai awal mula…..//'[0]2x

  11. Sama aja dong.!

    Emang seh mungkin ga sampe kiamat besar (end of the day)..
    Tapi kalo sampe bikin komunikasi dan listrik mati total, apa ga disebut kiamat juga.? (Kiamat kecil)

    Coba bayangin gimana navigasi pesawat dan kapal laut.? Listrik mati = kehidupan manusia lumpuh.. Apalagi di negara2 yang ada musim dingin dimana mereka bergantung sekali dgn listrik.?
    Ga bisa telfon2an apalagi internetan.. Hehe..

  12. ok silahkan liat movie Knowing yg sedang tayang bulan ini

    persis bgt flare, aurora dan teman2nya

  13. Kalau misalnya fenomena matahari diatas terjadi pada saat megnetic pole shift yang mana medan magnet bumi dapat hilang untuk sementara waktu. Bukankah bisa terjadi kiamat besar, karena bumi tidak punya pelindung dari partikel yang dilontarkan matahari?

  14. enakkk iaaa dapet banyak pengetahuan tenatng tata surya…
    suka banget sama galaxyy….
    mw tw dunnd tentang bintang????
    bisa tolong di jelasin lbih detail lagi gg???
    gymana cara suhh bisa ngeliat komet??
    mank bner iia komet ada yang datengnya 3 tahun sekali???
    klo boleh tw komet ntu ada berapa suh yang udah di temuin???
    MUUP NEUH BANYAK NANYA
    heheheheh

    1. 1.bintang itu adalah gas yg terdiri dr hidrogen dan helium. bintang jenisnya dibagi menjadi 3: bintang merah raksasa, bintang
      biru raksasa, ama yg kayak matahari

      2. komet tuh diliat di tempat luas kayak di lapangan yg ada di desa desa, karna di desa ngak banyak debu yg ngalangin

      3. ada, namanya komet encke, trus ada juga yg muncunya 76 tahun sekali namanya komet halley trus satu lagi namanya hale boop munculnya beberapa ribu tahun sekali

      4. banyak

      kayak ilmuan aja ya bisa jawab pertanyaan sulit yg bnyk huahahahahahaha

  15. gw spendapat m pendapat ipung……
    emangaya pralatan yang mbak gunakan buat ngebuktiin klo tidak ad flare matahri pembunuh di thun 2012 udah lebih canggih dri peralatannya nasa???????alam ga bs diprediksi cuman dgn teory aj mbak…
    kadang2 sdah dgn peralatan cangih pun bisa meleset.,……

  16. mau bener kiamat 2012 kek mau gak yg penting kita harus tobat dr skrg buat jaga2 bener atau gak! mending tobat dr skrg yekan drpd telat, oke coyy?!

    oh ya ttg kejadian solarflare, lo semua nntn aja film “KNOWING” lagi tayang di bioskop kok! filmnya persis bgt sama kriteria di wacana atas :))

    jgn lupa tobat dr skrg ye subh??
    wassalam :))

  17. “knowing”… film ini nyritain tentang meningkatnya ktivitas matahari yang gak terduga je… piye jal?

  18. Menurut M.Brooke dari NASA, terjadinya solar superstorm bisa saja terjadi pada puncak aktivitas matahari pada tahun 2012, dan bisa saja lebih dahsyat dari superstorm pada tahun 1989 dan dampaknya cukup parah sehingga sistem pelistrikan, sistem komunikasi dan sistem navigasi lumpuh.

  19. Haduh-haduh. . . . Thx bgd iah atas semwa’a mbak ivie. Saia kagum dengan artikel mbak. . . Klo yg mw tw bencana2 dahsyat yg terjadi di Bumi. Ntn aja perfect storm iah.

  20. thanks atas pencerahannya… but i like knowing only a movie.. hehehe
    tapi cobalah simak sisi lain calender maya… yg sangat akurat tersebut..
    lepas dari itu.. thanks iformasinya..

  21. ya mau kiamat apa gak mana ada yang tau, setidaknya gua lebih mengerti klo ntar tahun 2012 gak ada tuh solar bla…bla… kayak film knowing,wah klo ada beneran kita dah pasti jadi manusia panggang semua, yang jelas ada apa gk kiamat nanti kita semua kudu lebih dekat pada Tuhan,hehe,btw nice info tuh

  22. tpi bukanny ionnosfer qt ud berkurang dayany untuk mennhan tekanan dari gelombang magnet apkh itu sudah masuk perhitungan??
    jika ledakan lebih dari 1 m bom atom hirosima dan sampe d bumi 8 menit mungkinkah ionosfer menahhan gelombang ledakanny??

  23. w ska bgt sma pnjelasanya w sbnrnya takut klo benar kiamat thn 2012 tpi stlah w bca w jdi g takut lagi

  24. “Magnetik reconnection merupakan pemicu terjadinya flare Matahari (letupan matahari) dalam berbagai ukuran. Flare yang sudah diketahui dari ukuran nanoflare sampai ke flare kelas-X menunjukan kalau letupan yang terjadi merupakan kejadian yang sangat kuat. Letupan terbesar yang pernah diketahui memiliki kekuatan 100 milyar ledakan bom atom. Namun ledakan itu tidak terjadi di Bumi melainkan di area dekat permukaan Matahari yang jauhnya———-100 juta SA———–. Bisa dilihat Bumi berada jauh dari ledakan tersebut.”

    100 juta SA atau 100 juta km…? kalau 100 juta SA, 1 SA = approx 150.000.000 Km. 150 Juta x 100 juta = 15.000.000.000.000.000…..? Wah, itu sih sudah di luar sistem matahari… mungkin 100 juta Km kali ya…?

  25. thanks ya buat artikelnya……disinni saya bisa dapet bannyak pengetahuan tentang flare matahari atau apapunlah….
    aku suka banget ama artikelnya, buat orang merasa lega dan tetap berwaspada terhadap masa yang akan datang…..
    yang penting mah terus berjaga-jaga n selalu rajin beribadah…….supaya apa yang telah di cetuskan oleh suku maya tdk terjadi mau pun flare matahari….yang penting bumi tetap aman….

  26. trims..buat info flare matahari….. manusia sesuai kodratnya hanya bisa belajar dari masa lalu untuk prediksi masa depan..
    belajar dari ketidaktahuan dan ketidakpastian akan membuat kita menyadari akan kebesaranNya….

  27. saat kehancuran adalah awal dari masa kejayaan…kalo kt suku maya sih kt bakal brubah drastis dr telor stenga mateng k telor mata sapi a.k.a dr manusia stenga jd sampe ke perfect form of human… siapa tau ntar gara2 it kt mengalami perubahan such as kemampuan kerja otak meningkat dari yg skarang berkisar 3% sampai 100% dapatkah anda membayangkan apa yg dpt kt lakukan? ga kan deh kiamat 2012 ntar,wong di kitab suci jg ditulis manusia ga tau kapan kiamat tiba,kalo kt tahu brarti bkn kiamat dong?? jd bs protes kalo prediksi kt tepat… hahaha qding

      1. klo 3 tahun lg kiamat kemungkinan masih bisa meleset / kemungkinan hanya terjadi bencana besar akibat badai matahari yang telah di prediksikan, akan tetapi saya percaya manusia diciptakan mempunyai banyak akal dan pemikiran yang luas yang pasti kemungkinan ada 70 % dari kita yg bisa selamat bila kita menggunakan otak kita secara benar untuk menyelamatkan bumi ini. akan tetapi urusan yg beberapa juta tahun yg akan datang kita serahkan semua pada ALLAH swt dan manusia – manusia yg akan memimpin bumi dan berusaha menyelamatkan bumi di masa yg akan datang. tapi solar flare bisa berakibat buruk bila kondisi bumi kita tidak membaik dari global warming. kiamat pasti terjadi karena itu semua sudah ditakdirkan yg MAHA KUASA. jadi untuk sekarang jangan berfikir dahulu secara berlebihan, karena itu akan membuat kita musyrik, lebih baik menyaksikan apa yg akan terjadi sebenarnya daripada mengira – ngira seperti orang yg sok tau atau sebagainya ! seperti pernyataan kalender maya yg berhenti tanggal 21 desember 2012, alat itu sudah lama dibuat dan yg namanya alat bisa aja macet dan rusak, yg namanya manusia klo udah kepinteran pasti akan melupakan hal2 yg paling kecil dan berakibat salah kaprah. kemungkinan besar juga karena sukunya sudah punah / masih ada tapi tidak ada yg bisa meneruskan pembuatan kalender maya sehingga berhenti begitu saja ! oh ya menanggapi yg di atas pemikiran manusia dari 3 % menjadi 100% ? manusia bisa berfikir 80 % aja udah menyebabkan kehancuran bumi ! gimana 100% ? bisa lebih parah. intinya menyaksikan lebih baik dari pada memprediksi dan mengira2 sehingga fikiran kita melayang dan membayangkan hal yg tidak2 yg menyebabkan kemusyrikan, sisanya tinggal bagaimana usaha manusia sendiri dan ALLAH swt yg menentukan apakah yg akan terjadi.

  28. Kira2 pada bulan ap terjadinya solar strom pada matahari tahun 2012,apakah bisa diprediksi??,,berapa lama proses yang bisa terjadi,,?? berarti kemungkinan jalur komunikasi akan terganggu ya…..apa ada efek lanjutannya…sebelumnya,,trimakasih untuk jawabannya

  29. iya nih, emang orang2 pada parno n kbawa emosi sih… banyak juga yg malah karena punya nama n punya akses, mereka nulis2 buku yg dari sudut pandang mereka saja alias opini, bukan fakta n ini lama2 jadi trend gt deh… (ngmg2 pinter jg buat trend kyk marketing aja)…

  30. Itu semuakan dari hasil ramalan suku terdalam, dan di teliti oleh Lembaga IPTEK, tapi semua itu terjadi bila kehendak Yang Maha Kuasa..Sang Pencipta Langit dan Bumi…Mungkin Kejadian Tsunami, Gempa, dan Bencana lainnya juga sudah diprediksi, tapi kan betul apa tidaknya hanya Tuhan Yang Maha Esa yang Tau.

    (Sedekar Sharing aja)

  31. kita hanya bisa berdoa dan melalui semuannya sepert mimpi buruk, walau banyak prediksi yang mengkaitkan 2012 adalah end of time tapi percayalah kita sebagai umat muslim yang percaya dengan kitap suci alquran! alquran tidak menuliskan tahun 2012 sebagai hari kiamat? kiamat bisa datang kapanpun dan tidak bisa diperhitungkan dengan logika????

  32. ya…. semoga saja gejala alam yang terjadi pada tahun 2012 tersebut, apa pun yang terjadi dapat kita atasi…. ku juga masih ikut memperhatikan dan mengumpulkan kabar-kabar tentang hal ini karena menarik banget. lepas dari benar tidaknya, akan terjadi atau tidaknya, kita semua wajib waspada… dan berkontribusi untuk memperpanjang umur bumi… bagaimanapun caranya dan hal ini dapat dimulai dengan berbagai tindakan yang sederhana.
    Thank you banget… informasi-informasi ini sangat menarik… dan alangkah menyenangkannya jika kita semua dapat bertukar informasi…. mulai dari yang mitologis hingga yang ilmiah… karena walaupun akhir dunia merupakan misteri… sebagai makhluk yang berpikir sepatutnya kita peduli…..

  33. perbanyakkan solat2 hajat/solat penolak bala semoga Allah selamatkan bumi ini…sehingga beribu2 tahun lagi…..

  34. mmm…..thanks buat artikelny….
    moga2 berguna buat yg baca..
    ga ad yg tau kapan hari akhir tu akan terjadi..So,,ak g setuju banget ma ramalan2 tuu….
    Jesus bless us…..

  35. Wdh thx bngd y mbag, dajjal n yaq jud maq jud aj lum kluar mna mngkn kiamat. Smua serahkan sma yg diatas aj dech tobat yu ^^

  36. haha.. knowing dlu aq dach pernah nonton.. kl 2012 ru ntar mw nontonna…
    eh eh,, i like this dach..
    tyuz semangat nuliz blog ea.. biar bs saling berbagi ilmu…
    thanks infona..

  37. yg pasti kiamat g’ akn terjad di th 2012.ei tapi sdih jg sih klu penduduk bumi hrs hilang 60%

  38. aduh, sempet khawatir juga klo bakal ada pergantian ekosistem, seperti menghilangnya dinosaurus, tapi setelah dapet penjelasan yang ilmiah begini, tenang jadinya hati ini….

  39. Begitu menarik artikel diatas,maha benar allah dengan segala firmannya.dalam alquran sudah di sebutkan bahwa qiamat adalah akhir dari smua kehidupan di alam semesta ini,dan merupakan awal dari kehidupan akhirat.dan sebagai seorang muslim wajib mengimani kejadian tersebut.
    Dan Para ilmuan yang paling canggih di dunia pun tidak akan menyangkal,pasti akan terjadi peristiwa akhir dunia.namun waktu yang di tentukan itu,hanyalah allah swt yang tahu.
    “Sesuatu yang di ciptakan pasti akan rusak/hancur” dan “ada awal pasti ada akhir” itu smua adalah sudah hukum alam.

    1. jangan khawatir mas kiamat masih jauh. kejadian alam tahun 2012 yang akan datang adalah sesuatu yg belum pasti datang. kalaupun kejadian itu datang,dampaknya tak terlalu signifikan, paling sekedar meningkatnya panas bumi akibat bertmbahnya sinar infra merah yang sampai ke bumi. Nah sekarang tinggal kita tingkatkan keimanan kita kepada Alloh SWT. karena semua ini adalah salah satu dari sekian banyak kekuasaan Alloh SWT. Mas..! bencana yang begitu banyak terjadi di negeri kita akhir-akhir adalah merupakan peringatan Alloh yang mesti kita renungkan dalam-dalam. Ini juga merupakan bagian dari pengaruh mendekatnya matahari ke bumi yang akan mencapai titik terdekatnya pada tgl. 21 Desember tahun 2012 yang akan datang. Itu kata orang yang ahli mas..! jadi hal sama sekali bukanlah kiamat yang sesungguhnya. Ingatlah mas..! kiamat itu hanya Alloh yang tahun Mari kita tingkatkan keimanan kita… semakin bnyak kejadian alam yang luar biasa ini, semakin nampak pula kebenaran firman-firman Alloh dalam Al-qur’an dan juga kebenaran hadits-hadits rasululloh SAW. Coba lihat firman Alloh dlm Q.S.Al-A’raaf ayat 133 cocok sekali dengan kejadian aneh berupa hujan darah yang terjadi di India pada tahun 2009 yang lalu dan juga dengan hujan katak yang terjadi di Jepang. Semoga bermanfaat bagi kita semua, aaamin.

    1. Benar sekali apa yg anda katakan itu. Tugas kita sekarang adalah meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Alloh SWT. Jangan sekali-kali campur adukkan antara keimanan keepada Alloh yang Esa dengan kesyirikan yang akhir-akhir ini banyak sekali kita lihat tayangannya di TV. Beraneka macam acara ritual yang mencampur adukkan antara ketauhidan dengan kesyitikan. Masa ya… meminta agar terhindar dari bencana mereka mengadakan acara melepas sesajian di pantai… ini kan namnya tabzir (pemborosan) yang sangat dilarng dalam Islam dan acara semacam ini lazimnya dilakukan oleh orang animisme…Na’uzubillah min zaalik!

  40. sebenarnya itu hanya bencana besar… jikalau kiamat, kemana tanda-tanda kiamat yang akan muncul seperti turunnya nabi isa.a.s dsb… dan belum tentu jg bencana itu akan turun… bknnya Q takut..taphe aQ cm mo mastiin apakah fitnah terjadinya KIAMAT pada tahun 2012 ini telah menyebar, sebaiknya kiamat tak perlu di ungkit-ungkit kembali…

    1. Anda benar..! Tanda-tanda kiamat yg sudah muncul akhir-akhir ini masih merupakan tanda-tanda kecil saja. ini artinya kiamat itu masih jauh. Tapi kasian orang-orang awwam banyak sekali yg terpengaruh dengan berita-berita yg kadang-kadang berlebih-lebihan. Pengetahuan agama yang minim menyebabkan mereka mudah terpengaruh dengan isu-isu yg samasekali tidak benar. Kiamat itu hanya Alloh yang tahu. Yang bisa dietahui manusia hanya tanda-tandanya saja. Oleh karena itu tugas kita skarang bagaimana menyadarkan sdr-sdr kita yang yg sangat minim pengetahuan agamanya agar mereka mau belajar agama lebih dalam lagi agar mereka tidak mudah tertipu dengan isu-isu negatif yang sangat meresahkan. Semoga lewan forum semacam ini kita bisa terus saling nasihat-menasihati sehigga kita tdk mudah tergelincir ke jalan yang sesat. aamiin…!

  41. lo’ mang bener akan terjadi fler atau pa kek nmanya kita sebagai manusia hanya bisa berusaha biarkan yg diatas yg mentukan???
    kits tshu bhwa allah tidak kan memberikan cobaan jikalau kita tidak bisa menanggung cobaan itu bukan?????
    yg penting SEMANGAT BUMI km pasti selamt
    hahahahahahahaha!!!!!!

  42. ARTIKEL INI BUAT NAMBAH WAWASAN …………………BUKAN BUAT ACUAN KIAMAT KPAN KJDIANNYA ………..jd kiamat kpn aj biar ttp mnjd rahasia ilahi………..

  43. TANPA LISTRIK D DUNIA
    KITA TAKAN PERNAH BISA BERTAHAN LEBIH DARI BBRP TAHUN .

    efeknya hanya akan di rasakan oleh manusia modern yg bergantung kpd listrik

    tpi bgaimana dngn manusia yg masih awam trhadap listrik ? . . .

Tulis komentar dan diskusi...